.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Saturday, May 29, 2021

2 Korintus 4, Amsal 22

2 Korintus 4

Scripture
2 Korintus 4:16 (TB)  Sebab itu kami tidak tawar hati, tetapi meskipun manusia lahiriah kami semakin merosot, namun manusia batiniah kami dibaharui dari sehari ke sehari.

Observation
Seharian ini full banget kegiatan, dari bangun pagi sampai sekarang, baru ini bisa terbaring. Lelah jiwa raga rasanya. Ada penyesalan, kenapa juga bangun tidur tadi pakai olah raga jalan kali segala, pegel deh. Mana workshop baru hari pertama aja nyampe jam 10 malam, aje gile. Ada deadline kerjaan juga hari ini. Duh, lelah melanda. Tapi waktu merenung sekarang, aku bersyukur kakiku pegal karena olahraga bukan karena sakit-sakitan, pikiranku lelah karena aku bekerja sungguh-sungguh hari ini, badanku capek tapi aku dapat ilmu. Ada perasaan tenang dan puas bisa membaringkan badan dan melakukan yang terbaik. Aku bersyukur.

Prayer
Tuhan, aku capek, tapi aku bersyukur. Terima kasih berkatMu hari ini. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22: 29 (TB) Pernahkah engkau melihat orang yang cakap dalam pekerjaannya? Di hadapan raja-raja ia akan berdiri, bukan di hadapan orang-orang yang hina.

Observation
Hari ini diingatkan untuk melakukan pekerjaan dengan cakap. Mulai tahun ini aku harus mengumpulkan angka kredit untuk kenaikan pangkatku karena aku sudah berada di jabatan fungsional. Sempat kuatir kalau ga bisa, karena ini hal yang baru. Apalagi pekerjaankunl dobel-dobel. Tapi aku harus tetap menjadi orang yang cakap dalam pekerjaanku. Berusaha melakukan bagian yang dipercayakan padaku dengan setia.

Aplication
Aku besok harus menyelesaikan tugasku dengan optimal, bukan asal jadi.

Prayer
Tuhan, berikan hikmatmu, tolong aku melakukan yang terbaik di setiap waktu. Terutama di pekerjaanku. Amin.
Gratitude Journal
27 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi, apalagi pemandangan di balai diklat bagus banget.
2. Bersyukur seharian ini ga perlu masak, tinggal makan aja, ada snack pula.
3. Bersyukur mamaku datang mengunjungi cucu-cucunya dan bawa makanan.
4. Bersyukur bocah-bocah sarapan bubur kesukaan keluarga kami.
5. Bersyukur dapat sertifikat dari pelatihan yang aku ikuti tahun lalu dan  dua buah flash disk.
6. Bersyukur di akhir hari bisa jalan 10.000 langkah.
7. Bersyukur dapat ilmu baru pengumpulan kredit.
8. Bersyukur menyelesaikan tugas membuat data enumerator.
9. Bersyukur bisa video call dengan keluarga.

Bogor, 27 Mei 2021
-Mega Menulis-

Thursday, May 27, 2021

2 Korintus 3, Amsal 22

2 Korintus 3

Scripture
2 Korintus 3:5 (TB)  Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah.

Observation
Kesanggupanku adalah pekerjaan Allah. Amin. Seharian ini aku capek banget. Bangun subuh, mencuci, prepare bahan makanan buat keluarga selama aku dinas, dan baru sekarang istirahat. Perjalanan ke Bogor melelahkan banget. Sampai lokasi air sempat macet jadi ga biaa mandi, fiuh. Dan sekarang baru bisa berbaring. Tuhan sungguh baik.

Saat aku merenungkan ini, aku diingatkan kalau selama ini kekuatan untuk melakukan banyak hal, berbagai peran dan tanggung jawab adalah pekerjaan Tuhan. 

Prayer
Terima kasih Tuhan buat segala kebaikanMu yang memampukan aku melakukan berbagai perkara. Aku bersyukur. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:18 (TB)  Karena menyimpannya dalam hati akan menyenangkan bagimu, bila semuanya itu tersedia pada bibirmu. 

Observation
Menyimpan dalam hati berarti merenungkan Amsal. Supaya apa? Supaya aku bisa memberi jawab dengan bibirku perkataan yang menyenangkan.

Aplication
Jangan cuma menghapal Meg. Renungkan Amsal yang kamu baca.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bisa memberi jawab dengan perkataan yang tepat pada orang lain. Biarlah Amsal yang aku baca juga aku perkatakan. Amin.
Gratitude Journal
26 Mei 2021

1. Bersyukur bisa bangun pagi dan mencuci.
2. Bersyukur bisa prepare bahan makanan supaya suamiku mudah masak selama aku ga ada.
3. Bersyukur sempat masak untuk hari ini.
4. Bersyukur perjalanan dengan pesawat ke Jakarta hari ini lancar.
5. Bersyukur pertama kali ke Bogor dan perjalanan lancar.
6. Bersyukur dapat pinjaman motor, jadi bisa mencari barang keperluanku.

Bogor, 26 Mei 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 2, Amsal 22

2 Korintus 2

Scripture
2 Korintus 2:11 (TB)  supaya Iblis jangan beroleh keuntungan atas kita, sebab kita tahu apa maksudnya. 

Observation
Aku diingatkan supaya tidak membiarkan iblis beroleh keuntungan atas kita. Sekarang aku sedang dalam peperangan batin dan aku tahu saat aku memaksakan kehendakku, iblis yang akan beroleh keuntungan. Aku memilih berdoa dan percaya kehendak Tuhan saja yang terjadi.

Aplication
Aku mau berdoa sampai sesuatu terjadi, entah hatiku yang diubah Tuhan atau keadaan yang berubah.

Prayer
Tuhan, jadilah kehendakMu. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:3 (TB)  Kalau orang bijak melihat malapetaka, bersembunyilah ia, tetapi orang yang tak berpengalaman berjalan terus, lalu kena celaka. 

Observation
Orang bijak tahu bila bahaya akan datang dan menghindarinya, bukannya petantang petenteng menentang bahaya. Di masa pandemi Covid-19 ini banyak orang yang tidak tahu bagaimana melihat malapetaka. Kesana kemari menggunakan masker di dagu di saat berada di tempat ramai. Sungguh suatu kebodohan. Kalau sudah begitu, di dalam hati aku berucap semoga Tuhan melindungi.

Aplication
Aku mau menjaga diri dari malapetaka dan gak sok kuat. Walaupun sudah menerima vaksin, harus tetap mengikuti protokol kesehatan.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya semakin bijak di masa pandemi ini dan tidak membiarkan diri abai pada protokol kesehatan. Amin.
Gratitude Journal
25 Mei 2021

1. Bersyukur wawancara enumerator berjalan lancar.
2. Bersyukur semua korlap dan enumerator sudah ada.
3. Bersyukur hasil swab antigenku negatif.
4. Bersyukur bisa ke pasar dan belanja bahan makanan untuk di rumah selama kutinggal.

Palangka Raya, 25 Mei 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 1, Amsal 22

2 Korintus 1

Scripture
2 Korintus 1:3-4 (TB)  Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,
yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Observation
Akhir-akhir ini sering muncul istilah toxic positivity dan aku baru baca artikel yang menjelaskan dampaknya bagi orang lain. Duh, jadi merenung, jangan-jangan aku juga gitu, waktu orang lain butuh didengar, aku buru-buru menghibur tanpa sadar itu toxic positivity.

Ayat ini mengingatkanku kalau yang benar-benar dapat menghibur seseorang hanya Tuhan. Dialah satu-satunya sumber penghiburan. Kalau aku ingin menghibur seseorang yang berduka, aku perlu mengingat penghiburan dari Allah yang pernah kuterima dan meminta Allah sendiri yang menaruh kata-kata di mulutku.

Aplication
Aku perlu berdoa minta Tuhan yang menaruh perkataanNya saat aku ingin menghibur seseorang. Bahkan jika aku hanya perlu mendengar, aku mau belajar taat. Tuhan paling tahu apa yang dibutuhkan seseorang.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mengandalkan pengalamanku atau bahkan diriku sendiri daat aku mau menghibur orang lain. Pakailah aku sebagai sarana kasih karuniaMu. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:24 (TB)  Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah,

Observation
Mengerikan sekali kalau seseorang setiap saat meledak-ledak dan selalu saja marah, toxic banget, gak baik buat kesehatan mental. Aku mengenal seseorang seperti itu dan memang jadi membatasi pergaulanku dengan dia. Masih berinteraksi tapi dengan batasan. Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jangan sampai aku mengikuti orang tersebut nantinya.

Aplication
Kalau aku mengenali orang seperti ini, buat batasan. Jangan biarkan terseret kebiasaannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bijak memilih pergaulanku. Terutama berhubungan dengan orang-orang yang toxic. Tolong aku supaya tetap bijak. Amin.
Gratitude Journal
24 Mei 2021

1. Bersyukur pagi ini bisa jalan bareng sekeluarga.
2. Bersyukur bisa sepakat dengan teman seperjalananku dinas.
3. Bersyukur bisa sharing dengan teman smaku.
4. Bersyukur bisa bangun subuh buat mencuci pakaian dan memasak.
5. Bersyukur bisa belanja keperluan rumah di Shopee.

Palangka Raya, 24 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 16, Amsal 22

1 Korintus 16

Scripture
1 Korintus 16:2 (TB)  Pada hari pertama dari tiap-tiap minggu hendaklah kamu masing-masing — sesuai dengan apa yang kamu peroleh — menyisihkan sesuatu dan menyimpannya di rumah, supaya jangan pengumpulan itu baru diadakan, kalau aku datang.

Observation
Bahkan Paulus menganjurkan supaya jemaat secara teratur mengumpulkan persembahan tiap minggu supaya saat diperlukan sudah terkumpul. Bagus sekali,memberi dengan keteraturan. Reminder buatku untuk mengumpulkan secara teratur persembahan kasih di kantor. Kami memang sepakat setiap bulan mengumpulkan secara sukarela untuk Natal kantor,mulai bulan Mei ini. Aku lupa. Bersyukur ada bacaan hari ini.

Aplication
Besok segera kasih ke bendahara kami persembahan kasih bulan Mei.

Prayer
Tuhan, terima kasih buat reminder untuk memberi hari ini. Amin.

Amsal 22

Scripture 
Amsal 22:15 (TB)  Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya. 

Observation
Orang muda, siapakah itu? Anak-anak melakukan banyak hal bodoh karena gak mengerti dan belum tahu. Jadi sebagai orang tua aku harus menggunakan tongkat didikan agar mereka tidak berbuat bodoh. Didikan bukan kekerasan. Perlu persistensi dan konsistensi untuk mendidik mereka. Tidak boleh berkata, "Namanya juga anak-anak". 

Aplication
Kami perlu mendidik anak secara persisten dan konsisten.

Prayer
Tuhan, tolong kami sebagai orang tua supaya menggunakan tongkat didikan yang Tuhan berikan dengan benar. Amin. 
Gratitude Journal
23 Mei 2021

1. Bersyukur mama, tante dan suamiku bisa vaksin yang pertama hari ini.
2. Bersyukur bisa ketemu tantebdan omku di tempat vaksin.
3. Bersyukur bisa tidur siang lama banget sekeluarga, bangun berasa segar.
4. Bersyukur bisa ke Hypermart bareng bocah.
5. Bersyukur kegiatan Parent's Club Rumah Inspirasi berjalan lancar.
6. Bersyukur sudah koordinasi dengan temanku untuk perjalanan dinas kami.
7. Bersyukur pulang ke rumah, home sweet home.
8. Bersyukur temanku Cici sudah mencicil membuat list enumerator.

Palangka Raya, 23 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 15, Amsal 21

1 Korintus 15

Scripture
1 Korintus 15:9-10 (TB)  Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, bahkan tidak layak disebut rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah. 
Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku. 

Observation
Paulus telah melayani dan melakukan banyak hal tapi dia tetap mengingat masa lalunya sebelum mengenal Kristus. Dia tidak membiarkan dirinya tinggi hati maupun rendah diri. Caranya dengan mengingat kalau semua yang terjadi dalam hidupnya adalah karena kasih karunia Allah. Dia tidak bisa bermegah karena dirinya sendiri, tapi karena Allah.

Aplication
Seperti Paulus, aku harus mengingat segala yang terjadi dalam hidupku adalah karena kasih karunia Allah. Aku ada sebagaimana aku ada karena Allah.

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk kasih karuniaMu. Aku bersyukur karena aku ada sebagaimana ku ada sekarang. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:4 (TB)  Mata yang congkak dan hati yang sombong, yang menjadi pelita orang fasik, adalah dosa. 

Observation
Beberapa hari ini aku merasa senang karena apa yang aku doakan terjadi, terselip perasaan sombong. Padahal, yang mengabulkan doa kan Tuhan. Lah ini gimana ceritanya kok aku yang mau sombong. Semua terjadi karena Tuhan, karena kasih karuniaNya semata. Aku gak boleh mencuri kemuliaanNya.

Aplication
Ingat Meg, bukan karena kamu berdoa lalu terjadi, tapi hanya karena kasih karunia Tuhan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena mendengar doaku. Aku bersyukur buat kebaikanMu Tuhan. Engkau sungguh baik. Amin.
Gratitude Journal
22 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga siang dan malam.
2. Bersyukur bisa latihan untuk Parent's Club besok. 
3. Bersyukur bisa zoom meeting dengan teman pelayanan semasa kuliah.
4. Bersyukur buat kesehatan kami sekeluarga.

Palangka Raya, 22 Mei 2021
-Mega Menulis-

Saturday, May 22, 2021

1 Korintus 14, Amsal 21

1 Korintus 14

Scripture
1 Korintus 14:39-40 (TB)  Karena itu, saudara-saudaraku, usahakanlah dirimu untuk memperoleh karunia untuk bernubuat dan janganlah melarang orang yang berkata-kata dengan bahasa roh.
Tetapi segala sesuatu harus berlangsung dengan sopan dan teratur. 

Observation
Jadi teringat masa kuliah, aku pernah diajak komsel dan tiba-tiba ada yang berbahasa Roh dan beberapa orang yang baru pertama kali datang saling berpandangan, bingung. Setelahnya hanya diberi tahu itu bahasa roh, tapi tidak dijelaskan apa artinya. Aku pribadi merasa gak nyaman dan gak pernah datang lagi. 

Sejak itu aku memang gak nyaman berada di lingkungan yang berbahasa Roh tapi tidak menjelaskan artinya apa. Sayang sekali kalau orang jadi kapok ke pertemuan ibadah karena hal seperti ini. Ayat ini jua mengingatkanku untuk gak melarang, ya iya lah masa melarang orang bernubuat. 

Aplication
Kalau bertemu situasi seperti ini, aku akan berkata-kata pada Tuhan alias berdoa saja. Berdoa supaya Tuhan berikan pengertian. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk fokus pada Tuhan saat bertemu situasi seperti ini dan gak menghakimi orang lain. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:9 (TB)  Lebih baik tinggal pada sudut sotoh rumah dari pada diam serumah dengan perempuan yang suka bertengkar. 

Observation
Sejak terakhir kali nyaris bertengkar dengan suami karena  mulutku nyerocos, aku gak lagi membahas masalah itu. Aku memilih berdoa untuk perkara tersebut dan berserah sama Tuhan. Kalau suami dengan keputusannya awal, aku menerima. Ada damai sejahtera waktu aku aku sudah berdoa dan berketetapan seperti itu.

Lebih penting kedamaian di rumah daripada bertengkar. Aku memilih menguatkan doaku daripada berargumen dengan mulutku.

Aplication
Aku mau terus berdoa hingga harinya tiba. Aku gak mau jadi perempuan cerewet. 

Prayer
Tuhan, aku serahkan perkara ini ke dalam tangan Tuhan. Jangan jadi menurut kehendakku, tapi jadi menurut kehendak Tuhan saja. Amin.
Gratitude Journal
21 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga dan melihat nanas mini.
2. Bersyukur bisa senam dan sarapan bareng di kantor.
3. Bersyukur hari ini ulang tahun mamaku yang ke-57 dan suami yang ke-40.
4. Bersyukur kami sudah memilih enumerator untuk beberapa wilayah. 
5. Bersyukur bisa kumpul bersama keluarga besar. 
6. Bersyukur karena anak-anakku suka  berebutan buku, hahaha. Awalnya ini bukan sesuatu yang aku syukuri, tapi suami memberi sudut pandang lain.

Palangka Raya, 21 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 13, Amsal 21

1 Korintus 13

Scripture
1 Korintus 13:13 (TB)  Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Observation
Yang paling besar adalah kasih. Jadi kasihlah yang seharusnya menggerakkanku melakukan sesuatu. 

Aplication 
Jadi saat aku melakukan sesuatu, aku perlu bertanya ke diriku sendiri :
- Apakah aku melakukannya karena kasih?
- Apakah ini membuatku semakin mengasihi?

Prayer
Tuhan, biarkah kasih yang menjadi alasan dan tujuanku melakukan sesuatu. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:19 (TB)  Lebih baik tinggal di padang gurun dari pada tinggal dengan perempuan yang suka bertengkar dan pemarah. 

Observation
Kemampuan berkomunikasi dan mengendalikan diri sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, saat aku gak sependapat dengan orang lain, aku tetap bisa menyampaikan maksudku dengan baik. Terkadang cara komunikasi yang salah membuat orang mengira kita marah atau ingin bertengkar. Ini bisa memacu respon negatif. Saat tidak bisa mengendalikan diri maka kita pun terpancing dan masalah semakin membesar.

Aplication
Saat ada masalah tetap berkepala dingin, sehingga saat berkomunikasi tidak terbawa emosi.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku menjadi perempuan pemarah yang suka bertengkar. Mampukan aku menyampaikan isi hatiku dengan cara yang benar. Amin.
Gratitude Journal
20 Mei 2021

1. Bersyukur kegiatan turnamen tenis meja di kantor berjalan lancar.
2. Bersyukur bisa jalan pagi walaupun sebentar.
3. Bersyukur kegiatan wawancara enumerator hari ini berjalan lancar dan ada teman yang bersedia membantu menjadi host.
4. Sara dan Sofia hari ini panas dan mencret, bersyukur sore mendingan panasnya dan mereka masih mau makan. Jadi, biarpun sakit mereka gak lemas. 
5. Bersyukur hari ini Omku berumur 50 tahun dan bisa merayakan bersama ulang tahunnya.

Palangka Raya, 20 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 12, Amsal 21

1 Korintus 12

Scripture
1 Korintus 12:18 (TB)  Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya.

Observation
Setiap anggota dalam tubuh Kristus mempunyai fungsi yang berbeda. Mamaku pernah mengeluh kok setiap pelayanan di kepanitiaan gereja, kalau gak di seksi konsumsi, dia di seksi usaha dana. Spontan aja aku bilang, lah emang mamah mampunya itu. Emang mamah mau di seksi acara. Spontan dia berkata, nggak ah, aku gak bisa. Ya udah, minta aja di sekretariat, ah ngapain aja itu, ujarnya. Ngakaklah aku, berarti udah pas selama ini. 

Aku jadi teringat pernah mengeluh tiap kepanitiaan di UKM bahkan sampai kantor ditaruh di sekretariat melulu, pengen yang lain karena aku merasa bisa kok. Tapi ini bukan tentang aku bisa apa ngga, ini tentang Tuhan dimuliakan di mana pun aku ditempatkan.

Aplication
Di mana pun aku ditempatkan, bagianku adalah memuliakan namaNya.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sering memikirkan diriku sendiri. Ajar aku untuk pertama-tama berpikir bagaimana Tuhan dimuliakan saat aku ditempatkan di suatu tempat khusus. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:25 (TB)  Si pemalas dibunuh oleh keinginannya, karena tangannya enggan bekerja. 

Observation
Aku bercerita sama suami punya  keinginan ini itu, pengen jualan dan dapat penghasilan tambahan. Tapi sejujurnya waktu memikirkan capeknya, aku males. Harus bangun jam berapa lagi aku kalau punya usaha kuliner. Belum lagi, aku sebenarnya gak terlalu pede dengan masakanku. Buahahahaha, ga enak kok mau jualan ya? Tapi seneng kalau jualan laku (aku beberapa kali open order), ya iyalah senang, dapat duit kok 🀣 Terus suami bilang, udah lah, kalau gak mau itu banyak aja alasannya. Gubrak.

Aplication 
Punya banyak keinginan kalau gak bergerak sama aja bohong. Mending bergerak, kerjakan yang kamu inginkan Meg. Bekerja dan mengusahakan sesuatu adalah tanda kamu benar-benar menginginkan sesuatu. Jangan mencari alasan. Cari cara! 

Prayer 
Tuhan, jangan biarkan aku dibunuh oleh keinginanku. Aku mau mengerjakan sungguh-sungguh yang aku inginkan. Amin.
Gratitude Journal
19 Mei 2021

1. Bersyukur hujan pagi ini, segar rasanya sekitar, adem.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan baca sebuah buku dan buat reviewnya.
3. Bersyukur tinggal manasin masakan di kulkas. 
4. Bersyukur suami mulai sepikiran tentang pergumulan kami, semoga gak berubah pikiran lagi.

Palangka Raya, 19 Mei 2021
-Mega Menulis-

Amsal 21

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:5 (TB)  Rancangan orang rajin semata-mata mendatangkan kelimpahan, tetapi setiap orang yang tergesa-gesa hanya akan mengalami kekurangan. 

Observation
Untuk memulai bisnis harus tekun,untuk berinvestasi harus mau belajar dan memahami risiko. Jangan asal ingin cepat kaya dan ikut-ikutan orang lain tanpa mau belajar,nanti yang ada malah merugi dan kekurangan. Sedang ramai orang terjebak orang membeli bitcoin karena ikut-ikutan Elon Musk tanpa belajar dulu, akibatnya saat harganya jatuh, bingung dan merugi. Seharusnya pahami dulu sebelum berinvestasi. 

Aplication 
Aku harus ingat, keinginan cepat kaya itu tidak baik. Gak boleh tergesa-gesa dalam berusaha. Harus tekun. 

Prayer 
Tuhan, berikan aku kerajinan untuk belajar dan berusaha. Amin.
Gratitude Journal
18 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi sebelum ke rumah eyangnya, anak-anak dah beres sarapannya.
2. Bersyukur wawancara pertama enumerator lumayan lancar.
3. Bersyukur dapat kotakan pas makan siang, syukuran teman naik pangkat. 
4. Bersyukur pulang kantor bisa jalan bareng keluarga. 
5. Sara sempat jatuh, bersyukur lukanya gak terlalu parah. 
6. Bersyukur bisa bacain buku buat bocah.

Palangka Raya, 18 Mei 2021
-Mega Menulis-

Friday, May 21, 2021

Bagaimana Supaya Anak Cepat Bisa Membaca?

Sewaktu melihat anak temanku yang umurnya 4 tahun sudah bisa membaca (dalam bahasa Inggris pula), aku berpikir itu keren banget. Bagaimana ya supaya anak cepat bisa membaca? Ya....ya... , aku tahu kalau seberapa cepat anak membaca gak sepenting dia mencintai literasi dan menikmati membaca berbagai jenis buku. Tapi sejujurnya, di lubuk hatiku juga menginginkan anakku cepat bisa membaca. Kalau bisa keduanya-cepat membaca dan mencintai buku, kenapa nggak kan? Apalagi kalau ingat aku dulu belum berumur 5 tahun sudah lancar membaca, hahaha. Gak sabar rasanya menyodorkan buku-buku bagus ke anak dan saling bercerita tentang buku yang kami baca. Ada potensi jadi tiger mom rupanya aku. LOL.

Kegelisahan ini belum sempat aku sampaikan ke suami, tahu-tahu tadi malam dia bilang gini, "Aku senang lo lihat Sara dan Sofia rebutan buku", dan aku keheranan, "Kenapa? Bukannya berisik ya kalau anak-anak sudah berebutan barang?" Suamiku tertawa dan berkata, "Iya lah, tapi aku gak suka baca buku, eh anakku bisa sampai rebutan buku, apa gak hebat tuh?" Errr... Iya sih ya. Kalau sudut pandangnya seperti itu, apa yang dilakukan anak-anak jadi terlihat menyenangkan. 

Kalau dipikir, taruhlah mereka belum mencintai buku, atau belum bisa membaca. So what? Mereka masih di bawah 5 tahun Meg! Mereka sudah mulai punya ketertarikan sama buku dan punya buku kesukaan yang sama (sampai rebutan)lo. Bisa cepat membaca buat apa? Supaya bisa lebih cepat membaca banyak buku dan mendapat manfaatnya dong. Lah tapi, kalau dalam prosesnya belajar membaca dipaksa, apakah baik? Telur ayam yang menetas dari dalam berbeda dengan yang dipecahkan dari luar, jangan-jangan aku cuma akan merusak proses yang sedang berlangsung. Biarkan kecintaannya pada buku bertumbuh Meg. Jangan merusak prosesnya. 

Atau.... Jangan-jangan kamu ingin dia cepat membaca untuk kebanggaanmu? Hayoooo...! Kasihan sekali kalau dia dipaksa berkembang sebelum waktunya hanya untuk ego mamanya. Mama macam apa yang memaksa anaknya belajar supaya bisa dipamerkan ke orang lain? Kamu mau menjadi mama seperti itu?  

Slow down Meg. Ulangi mantera ajaibnya coba! 
Expect less, stimulate more. 
Expect less, stimulate more.
Expect less, stimulate more.
Fokus pada tujuan sebenarnya! Tujuanmu lebih besar dari sekedar anak bisa membaca. Mau anak mencintai literasi atau sekedar bisa membaca di usia dini? Gak perlu lah kamu membandingkan dengan sekeliling dan merusak kebahagiaan yang ada. Jangan bandingkan dia dengan anak si A, atau bahkan dirimu di usianya. Kalau mau membandingkan, bandingkanlah dia dengan dirinya sendiri sebulan atau dua bulan yang lalu.

Teruslah membersamai anak-anak mengeksplorasi sekelilingnya dengan bahagia. Ingatlah betapa bersemangatnya mereka saat meminta memilih buku bacaannya di lemari buku. Atau bagaimana mereka minta dibacakan buku baru. Betapa lucunya mereka saat berkata mau membaca buku lalu mulai membuka buku dan menceritakan dengan versi mereka. Bahkan saat mereka berteriak berebut buku hingga salah satu berkata, "Gantian ya" atau "Sama-sama ya..." pun bisa jadi momen yang membahagiakan. Kegelisahanku berganti rasa syukur.

Anak pasti bisa membaca asalkan distimulasi. Tapi bagaimana supaya anak mencintai buku? Ada yang berkata, seseorang akan mulai mencintai buku saat bertemu buku yang tepat. Lalu bagaimana supaya mereka bertemu buku yang tepat? Pertemukan dengan aneka buku. Cukupkah? Kurang! Biasakan mereka membaca buku. Baik. Tapi apakah setelah ini mereka akan mencintai buku? Belum tentu! Ngomong-ngomong, apakah kamu orang tua yang mencintai buku? Nggak? Lah, pengen anak suka buku tapi kamu ngga? Oke. Baiklah. Ini mulai gak masuk akal kan? 😁

Lalu harus ngapain lagi? Well, bagaimana pun cinta tidak bisa dipaksakan bukan? Bibit cinta buku sedang ditanam. Aku bisa menanam, menyiram dan melakukan berbagai upaya dengan setia, tapi Allah lah yang memberikan pertumbuhan. This is journey of faith.

Bagaimana kalau tujuanmu gak tercapai Meg? Err.... Berdamailah dengan kenyataan ini hidup anakmu, bisa jadi mereka tidak memerlukan mencintai literasi. Masih mau memaksa? Akakakak.

Palangka Raya, 21 Mei 2021
-Mega Menulis-

Thursday, May 20, 2021

Cerita Aesop untuk Anak-anak

Ilustrasi di dalam buku ini ada walaupun gak terlalu banyak. Buatku yang suka membaca atau mendengar dongeng-dongeng di masa kecil, rasanya seperti nostalgia saat membacanya, ada beberapa yang sering kudengar, ada banyak juga yang baru. Ya iya lah, ada 147 cerita pendek dengan aneka tema dan tokoh di sini, kebanyakan binatang sih. 
Beberapa kata terasa asing, mungkin karena jarang didengar sehari-hari. Lah, tapi karena anak-anak memang baru mengenal kata, ini malahan kesempatan memperkenalkan kata-kata tersebut kan? Mereka gak akan bingung karena memang gak pernah mendengar kata-kata itu. Semua kata kan seperti baru bagi mereka di usia dini. Berbekal pemikiran seperti itu, aku mulai bacakan buat mereka. Walaupun sejujurnya tetap ada pemikiran, mereka ngerti gak ya. Wakakakak. Beriman sajalah mereka mengerti. 
Hasilnya, Sara dan Sofia sama, saat mendengar kata yang baru, mereka mengulangnya berkali-kali sambil tertawa. Lucu mungkin bunyinya bagi mereka. Biasanya kalau sudah begitu, aku tanyakan ke mereka tentang kata tersebut, lalu aku jelaskan. 

Sara suka dan sering berkata mau baca buku ini. Dia belum bisa membaca, ujung-ujungnya dia menceritakan karangan bebasnya beerdasarkan ilustrasi dan ingatannya saat dibacakan. Puji Tuhan. Sofia? Dia lebih memilih dibacakan Totto-chan, aneh kan ya? Padahal kan di sini lebih singkat ceritanya. Ya sudahlah, seleranya beda dengan kakaknya. Yang jelas, aku dan suami suka juga baca buku ini dan bergantian membacakannya untuk anak-anak.

Cerita di buku ini gak jelas sebenarnya pendekatan moralnya menurutku, gak ada tokoh yang benar-benar antagonis atau sebaliknya. Setiap kisah ada hikmahnya masing-masing. 
Walaupun di setiap akhir ceritanya ada pesan moral yang tertulis, aku merasa, pesan moral tersebut terkadang beda dengan yang aku dapat dalam ceritanya. Penulis membebaskan setiap pembaca berimajinasi tentang apa yang ingin disampaikan melalui cerita tersebut. Jadi, aku juga mulai membiarkan benak anak-anak mencerna sendiri maksud ceritanya, aku gak membacakan pesan moral yang tertulis tersebut. Terkadang waktu aku yang membacakan, aku tanya ke suami menurut dia apa sih yang disampaikan di cerita ini. Bisa beda lo dengan yang aku dapat. Seru kan? 

#bacaanMega #bukurekomendasi #nenekhebatdarisaga #bukufavorit #reccomendedbook #bukuanak

⭐⭐⭐⭐⭐

Palangka Raya, 20 Mei 2021
-Mega Menulis-

Wednesday, May 19, 2021

Nenek Hebat dari Saga

Kebaikan sejati adalah kebaikan yang dilakukan tanpa diketahui orang yang menerima kebaikan. 
Nenek Osano-Nenek Hebat dari Saga 

Membahagiakan dan mengundang diri kita untuk bersyukur. Hidup ini sungguh indah kalau kita tahu bagaimana menjalaninya. Menjadi miskin yang ceria itu mungkin. Perasaan dan pemikiran itu yang muncul setelah aku selesai membaca buku ini. Setiap kisahnya benar-benar menghangatkan hati. 
Buku ini berkisah dengan sangat indah tentang masa kecil penulis yang hidup bersama neneknya. Nenek Osano benar-benar miskin, lucu, cerdas, dan loveable. Susah untuk tidak jatuh cinta pada sang Nenek Hebat dari Saga ini. Kemiskinannya murni tanpa pemanis buatan, tapi hidupnya benar-benar original. Banyak pelajaran hidup dan nasihat dari sang nenek yang bisa kita dapat. Respon dan jawaban nenek bagi setiap situasi sangat tak terduga.

Akihiro Takunaga, cucu si nenek adalah penutur cerita yang baik, asyik rasanya membayangkan setiap kejadian yang dituliskannya.  Perkataan nenek, perasaannya saat itu, dan  kejadian-kejadian di masa kecilnya tergambar jelas. Terkadang sedih berganti haru. Takjub deh melihat bagaimana si nenek hidup dan memandang kehidupan. Kebahagiaan penulis mengenang masa kecilnya bersama sang nenek begitu terasa. 
Gak tahu harus ngomong apalagi, tapi buku ini sebagus itu, sampai-sampai aku sedih saat membaca halaman terakhirnya. Rasanya masih ingin membaca lebih banyak lagi cerita hidup penulis dan neneknya. Suatu hari kalau Sara dan Sofia sudah bisa membaca, ini salah satu buku yang akan kusodorkan dan berkata, "Ini bagus banget Nak, kamu pasti suka" *mokso*. Eh, atau aku mulai bacakan saja ya? 🀭 

⭐⭐⭐⭐⭐

#bacaanMega
#bukurekomendasi #nenekhebatdarisaga #bukufavorit #recommendedbook

Palangka Raya, 18 Mei 2021
-Mega Menulis-

Tuesday, May 18, 2021

1 Korintus 10, Amsal 21

1 Korintus 10

Scripture
1 Korintus 10:31 (TB)  Aku menjawab: Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.

Observation & Aplication 
Melakukan segalanya untuk kemuliaan Allah, bahkan makan dan minum. Bagaimana maksudnya? 
1. Perhatikan motivasiku melakukan sesuatu, apakah untuk menyenangkan Tuhan atau sekedar memenuhi nafsuku?
2. Apakah yang kulakukan berkenan kepada Tuhan atau nggak, ini dosa atau nggak.
3. Apakah yang kulakukan membuat orang lain memuji Tuhan atau jangan-jangan malah mempermalukan Tuhan?
Pada akhirnya kepentingan Tuhan yang utama, bukan kehendakku. 

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan segala sesuatu untuk kemuliaanMu, bahkan hembusan nafas hidupku bagi Tuhan saja. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:2 (TB)  Setiap jalan orang adalah lurus menurut pandangannya sendiri, tetapi TUHANlah yang menguji hati. 

Observation
Aku pernah berdebat dengan seseorang tentang suatu perkara. Sampai sekarang tidak ada kejelasan karena setiap orang punya dasar pemikiran yang berbeda. Benar banget sih ayat ini, setiap orang merasa dirinya memilih jalan yang benar. Tinggal kejujuran dan berespon yang benar saja waktu kita tanya ke Tuhan. Perlu kerendahan hati untuk menerima perkataan Tuhan dan gak membenarkan diri sendiri.

Aplication
Setiap ada perkara di hatiku, aku mau tanya Tuhan dan berlari pada firmanNya. Aku mau belajar mendengar suara Tuhan dibandingkan diriku sendiri.

Prayer
Tuhan, aku membawa perkara yang ada di hatiku saat ini. Tolong ya Tuhan, jangan biarkan aku bersandar kepada pemikiranku sendiri. Ujilah hatiku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
17 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi bisa jalan bareng bocah-bocah dan makan buah cemot dan murbei.
2. Bersyukur siang makan bareng di tempat mamaku.
3. Bersyukur dapat blessing jeruk dari temanku.
4. Bersyukur proses lahiran istrinya temanku lancar.
5. Bersyukur bisa persiapan untuk wawancara calon enumerator dan kirim email untuk mereka.

Palangka Raya, 17 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 9, Amsal 21

1 Korintus 9

Scripture
1 Korintus 9:27 (TB)  Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

Observation
Saat membaca tulisan lamaku di blog tentang firman Tuhan terkadang ada suara yang menghakimi kalau aku belum sepenuhnya serupa dengan Kristus. Aku masih sering jatuh dalam dosa. Ada pemikiran untuk berhenti sharing firman Tuhan. Tapi supaya pemberitaanku gak ditolak, aku harus berlaku selaras dengan pemberitaanku, aku harus menguasai diriku. Bukannya berhenti memberitakan kabar baik. 

Aplication 
Aku harua bertindak selaras dengan firman Tuhan yang kuberitakan. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku menguasai diriku hingga serupa dengan firmanMu. Amin.

Amsal 21

Scripture
Amsal 21:1 (TB)  Hati raja seperti batang air di dalam tangan TUHAN, dialirkan-Nya ke mana Ia ingini.

Observation
Ada orang-orang yang hatinya sedemikian keras sehingga susah untuk mendengar dan menerima pendapat orang lain. Apalagi jika orang itu memiliki kekuasaan. Tapi firman Tuhan berkata raja saja hatinya seperti batang air di tangan Tuhan. Kehendak Tuhan yang terjadi atas hidup seseorang, bukan keinginannya. 

Aplication 
Berdoa supaya kehendak Tuhan yang terjadi dalam hidup orang-orang terkasihku. 

Prayer 
Tuhan, jadilah kehendakMu saja dalam hidup kami. Amin.
Gratitude Journal
16 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi jalan bawa bekal mie goreng, Sara suka banget.
2. Bersyukur masih ada promo es krim di Indomaret.
3. Bersyukur adekku menemukan foto-fotoku zaman SMA, jadi nostalgia.
4. Bersyukur bisa tidur siang lama banget, bangun seger.
5. Bersyukur adekku beli roti untuk Sara dan Sofia.
6. Bersyukur bisa pulang ke rumah, home sweet home.

Palangka Raya, 16 Mei 2021
-Mega Menulis-

Monday, May 17, 2021

1 Korintus 8, Amsal 20

1 Korintus 8

Scripture
1 Korintus 8:13 (TB)  Karena itu apabila makanan menjadi batu sandungan bagi saudaraku, aku untuk selama-lamanya tidak akan mau makan daging lagi, supaya aku jangan menjadi batu sandungan bagi saudaraku.

Observation
Paulus rela berkorban jika yang dilakukannya menjadi batu sandungan orang lain. Apakah aku juga sanggup melakukannya? Apakah aku sanggup berhenti makan yang kusukai kalau itu berpengaruh dalam kehidupan orang lain? Apakah aku mau berhenti melakukan yang aku sukai supaya orang lain diberkati? Manusia tidak hidup untuk dirinya sendiri, karena kalau demikian segala sesuatu akan berpusat pada dirinya sendiri, mana yang menyenangkannya saja. Hari ini aku diingatkan kalau hidupku gak boleh jadi batu sandungan bagi orang lain karena hidupku bagi kemuliaan Allah. Kalau yang kulakukan malahan membuat orang lain gak tertarik sama Tuhan, atau menjauhkan mereka dari Tuhan, aku gagal. Berarti aku telah menjadi batu sandungan bagi mereka untuk mengenal Allah.

Prayer
Tuhan, tunjukkanlah hal-hal yang kulakukan yang menjadi penghalang bagi orang lain untuk mengenal Engka, tolong aku untuk menghentikannya. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:11 (TB)  Anak-anak pun sudah dapat dikenal dari pada perbuatannya, apakah bersih dan jujur kelakuannya. 

Observation
Kami sedang melatih anak-anak untuk jujur, terutama Sara. Kami mendapati dia berbohong karena takut menerima konsekuensi perbuatannya. Misal, dia menumpahkan air lalu berkata dedek yang melakukannya. Evaluasi kami juga sebagai orang tua, respon kami saat dia jujur selama ini mungkin salah jadi dia 'mengamankan' dirinya dengan berbohong. Kami belajar untuk lebih mengendalikan respon kami saat anak-anak melakukan kesalahan, penerimaan terlebih dahulu sebelum teguran. Anak bisa berbuat salah tapi kami tidak perlu bereaksi berlebihan. Tetap berusaha tenang, terima, baru kasih tahu dengan baik. Kami ingin Anak tahu bahwa kesalahan yang dibuat tidak mengurangi rasa sayang kami, kami tunjukkan caranya supaya tidak terulang lagi (yah, walaupun kadang terulang), kami menegur supaya mereka tahu melakukan yang benar. Bukan sekedar mengekspresikan emosi karena kesal, kok kesalahan yang sama terulang. Pokoke belajar sabar, fiuh.... 

Nah, akhir-akhir ini kami sedang mendisiplin anak untuk tidak berteriak, tidak menangis (tanpa alasan yang jelas) dan saling mengganggu waktu main. Sudah seminggu lebih dan tiada hari tanpa tangisan atau teriakan atau saling mengganggu dong. Kami merasa gagal. Bagian menyenangkannya, Sara dan Sofia saat diajak ngobrol tiap malam, ditanya apakah ada yang menangis/teriak/mengganggu, mereka mulai jujur lo. Di hari-hari awal mereka enggan mengaku kalau ditanya. Tapi kami ingatkan, gak papa mengaku, besok kita coba lagi. Tadi adek menangis karena apa, oh karena kakak ganggu dedek, jadi besok jangan isengin dedek lagi ya. 

Sekarang kalau ditanya pas malam, mereka ingat dan jujur menjawab yang dilakukannya, hari itu Sara menangis, atau Sofia berteriak, dll. Ditanya karena apa, mereka ingat dan mengaku. Tidak ada acara 'menyelamatkan diri' dengan berbohong. Terkadang sebelum tidur, Sara berdoa dan cerita sama Tuhan, hari ini membuat dedek nangis 🀭

Setiap hari memang masih dipenuhi kehebohan, tapi melihat kejujuran mereka saat malam. Ini yang kami syukuri sekali. Bahan evaluasi kami, mungkin tiada hari tanpa tangisan, teriakan dan saling ganggu itu terlalu berat 🀣 Mungkin seharusnya dimulai hanya dengan 'tidak saling menganggu waktu bermain saja' πŸ€”

Prayer
Tuhan, kami bersyukur anak-anak mulai jujur saat berbuat kesalahan. Tolong kami supaya memberikan teladan kejujuran dan mereka terus tumbuh menjadi jujur bahkan dalam hal kecil. Amin.
Gratitude Journal
15 Mei 2021

1. Bersyukur beberapa hari jalan pagi dibawakan bekal buat sarapan sama mamaku. 
2. Bersyukur ada diskon es krim di Indomaret. 
3. Bersyukur suami pulang ke rumah dan ambil paket yang sampai untuk Omku. 
4. Bersyukur suami pulang ke rumah ternyata mencuci pakaian kami. 
5. Bersyukur seharian ada aja ide permainan bocah di rumah eyangnya. Bersyukur banyak orang di rumah jadi bocah-bocah belajar berkomunikasi, ngobrol dengan orang lain. 
6. Bersyukur bisa makan kulat siau yang sedang musim, pas juga ada iparku yang bisa masaknya. Kalau gak bisa mengolahnya berbahaya karena beracun.

Palangka Raya, 15 Mei 2021
-Mega Menulis-

Sunday, May 16, 2021

Menginap di Rumah Eyang

Kami menginap di rumah eyang Sara Sofia selama liburan Lebaran ini,cukup lama, 5 hari. Dari rumah kami hanya membawa bekal papan gambar mereka dan beberapa buku yang sedang mereka baca. Karena anak-anak belum memulai pelajaran akademis, jadi kegiatan keseharian hampir sama dengan di rumah. 
Pagi-pagi kami bangun dan jalan di sekitar tempat eyangnya. Bonus bagi anak-anak, ada TK di dekat tempat eyangnya jadi tiap pagi mereka bisa main di sana, puas mereka bermain mainan anak TK seperti ayunan, seluncuran, jungkitan, dll. Sepulang dari TK main memanfaatkan yang ada seperti menggambar, membaca buku. Karena tidak membawa mainan dari rumah, mereka jadi kreatif memainkan apa yang ada di rumah eyangnya :bergelantungan di pintu, main dengan kucing, melompati kursi, berlari kesana kemari, dll. Terkadang mereka di dapur menemani eyangnya masak dengan mengobrol. 
Di sini ada banyak orang, ada eyangnya, eyang buyutnya, omnya, ontinya, tantenya, minanya. Anak-anak keluar masuk kamar eyang, om dan tantenya, entah untuk ngobrol, main boneka (tantenya ada yang mengoleksi boneka), ikut nonton laptop/gadget, dan banyak lagi. Kami biarkan saja 🀭 Kami memandang ini sebagai kesempatan bagi mereka bersosialisasi dan belajar berkomunikasi selain dengan orang tuanya. Biasa sehari-harinya hanya kami berempat di rumah. 

Selain itu, karena tiap rumah punya kebiasaan dan aturan yang berbeda,kami harus menjelaskan beberapa hal pada mereka. Di sini tidak bisa sembarangan menaiki kursi, melompat, dll. Eyangnya kuatir dan suka melarang, beda dengan papa mama yang tidak melarang asal aman dan kami dampingi. Lalu, di sini tidak bisa sembarangan berteriak karena siang eyangnya istirahat dan ada eyang buyut yang stroke. Kasihan eyang gak bisa beristirahat kalau anak-anak ribut. Yah, walaupun mereka tetap berteriak dan menangis juga sih. Lol. Pelan-pelan mengajarkan mereka berempati. Kami jadi menghayati belajar di mana saja dan kapan saja di sini 😁

Ada kejadian lucu diceritakan tantenya, tantenya pura-pura gak mengerti dan menanyakan apa gambar di buku ke Sara, eh Sara menjawab : Kan ada tulisannya Te 🀦‍♀️Tidak menyangka dia menjawab seperti itu πŸ™ˆ

Catatan mas Aar :
Experiential learning atau belajar melalui pengalaman adalah sebuah proses belajar bukan dengan cara mendengarkan penjelasan di ruang kelas atau mengerjakan soal ujian. Proses belajar dilakukan menggunakan seluruh indera, melalui pengalaman nyata dan bermakna yang dialami oleh sang pembelajar.

Ada 3 aspek penting dalam experiential learning:
1. Pengalaman nyata & bermakna
2. Keterlibatan aktif sebagai subyek
3. Refleksi untuk mengkristalkan pengalaman

Proses belajar seperti ini biasanya dijalani oleh orang dewasa, tetapi juga bisa dijalani oleh anak.

Jangan lupa, aspek ke-3: refleksi itu dilakukan untuk memperkuat proses belajar.

Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan seperti:
~ tadi main sama siapa saja?
~ tadi main apa?
~ bagaimana ceritanya?
~ apa yang kamu rasakan?
~ apa yang tadi terjadi?
~ bagaimana menurut pendapatmu xxxx ?
~ dst

Palangka Raya, 16 Mei 2021 
-Mega Menulis-

Saturday, May 15, 2021

Tidak Ada Teriakan/Tangisan Anak di Rumah, Mungkinkah?

Kami melatih anak-anak untuk jujur, terutama Sara. Kami mendapati dia beberapa kali berbohong karena takut menerima konsekuensi perbuatannya. Misal, dia menumpahkan air lalu berkata dedek yang melakukannya. Evaluasi kami sebagai orang tua, respon kami saat dia jujur selama ini mungkin salah jadi dia 'mengamankan' dirinya dengan berbohong. Kami belajar untuk lebih mengendalikan respon kami saat anak-anak melakukan kesalahan, penerimaan terlebih dahulu sebelum teguran. Anak bisa berbuat salah, kami tidak perlu bereaksi berlebihan. Tetap berusaha tenang, terima, baru memberi tahu dengan baik. Kami ingin mereka tahu bahwa kesalahan yang dibuat tidak mengurangi rasa sayang kami, yang terpenting kami tunjukkan caranya supaya tidak terulang lagi (yah, walaupun kadang terulang lagi dan lagi,berikan kami kesabaran ya TuhanπŸ™). Kami menegur supaya mereka tahu melakukan yang benar bukan sekedar mengekspresikan emosi karena kesal, kok kesalahan yang sama terulang. Pokoke belajar sabar, fiuh.... 
Nah, akhir-akhir ini kami sedang mendisiplin anak untuk tidak berteriak, tidak menangis (tanpa alasan yang jelas) dan tidak saling mengganggu waktu main. Kami briefing dan minta supaya setiap hari tidak ada tangisan, teriakan dan saling mengganggu waktu bermain. Kalau menangis karena sakit ya diperbolehkan, misal jatuh,ya lain cerita. Kalau berbicara gak usah pakai teriak. Seringnya kan kalau gak dituruti maunya saat bermain terus teriak, kami ajari untuk ngomong dengan baik. 

Untuk mengingatkan mereka kami membuat lagu sederhana ala jingle iklan dengan lirik seperti ini: Gak pakai nangis dan gak pakai teriak. Gak saling ganggu dan mainnya asyik. 

Apa dikata, sudah seminggu lebih sejak kami briefing dan tiada hari tanpa tangisan atau teriakan atau saling mengganggu dong. Kami merasa gagal. 
Bagian menyenangkan dan menghibur kami, Sara dan Sofia saat diajak ngobrol tiap malam, ditanya apakah ada yang menangis/teriak/mengganggu, mereka mulai jujur lo. Di hari-hari awal mereka enggan mengaku kalau ditanya. Tapi kami ingatkan, gak papa mengaku, besok kita coba lagi. Tadi adek menangis karena apa, oh karena kakak ganggu dedek, jadi besok kakak jangan isengin dedek lagi ya. Kakak menangis karena mainannya gak ada, lah tadi mainannya ditaruh sembarangan,besok jangan ditaruh sembarangan. 

Sekarang kalau ditanya pas malam, mereka ingat dan jujur menjawab yang dilakukannya, hari itu Sara menangis, atau Sofia berteriak, dll. Ditanya karena apa, mereka ingat dan mengaku. Tidak ada acara 'menyelamatkan diri' dengan berbohong. Terkadang sebelum tidur, Sara berdoa dan cerita sama Tuhan, hari ini membuat dedek nangis 🀭

Setiap hari memang masih dipenuhi kehebohan teriakan dan tangisan, tapi melihat kejujuran mereka saat malam,kami sangat bersyukur. 

Bahan evaluasi kami sebagai orang tua, mungkin tiada hari tanpa tangisan, teriakan dan saling ganggu itu terlalu berat saat ini di usia mereka yang masih di bawah lima tahun 🀣 Mungkin seharusnya dimulai hanya dengan 'tidak saling menganggu waktu bermain saja' πŸ€” Tangisan dan teriakan anak karena dia belum bisa mengendalikan dirinya, itu respon yang wajar di usia mereka. Jadi lebih penting saat ini membuat daftar penyebab mereka melakukannya, menganalisa mana yang paling sering menjadi penyebab dan membuat aturan yang jelas. Misal, salah satu penyebab tangisan dan teriakan yang paling sering : kakak suka mengatur adek untuk melakukan sesuatu dan adek gak suka. Jadi, ke depannya untuk sesi bermain perlu diajari mengajak adek main dengan sopan, kalau adek gak mau ya kakak main sendiri, gak perlu mengatur dedek main apa atau menggambar apa. Yah, hal-hal seperti itu. Sekarang sedang kami buat listnya untuk bahan evaluasi dan merencanakan kebiasaan baik apa yang perlu dilatihkan. Jadi kami gak punya lagi target supaya mereka gak menangis atau gak berteriak saat ini. Gak realistis πŸ˜‚ Apalagi kalau ini respon saat diganggu. Paling yang bisa dilakukan, kami ajar kakak mengajak adek main, dan adek menolak gak perlu berteriak, kakak juga gak perlu menangis kalau adek gak mau, cari mainan yang bisa dimainkan sendiri. Untuk gak saling menganggu saat main sendiri, tetap kami ingatkan.

Seiring usia yang bertambah dan berbagai pelatihan kebiasaan baik semoga kebiasaan nangis dan teriak bisa berhenti. Pelan-pelan Meg. Turunkan ekspektasi, buat target baru yang mudah. 

Catatan Mas Aar :
Bagus sekali dinamika mengelola ekspektasi, eksekusi, pengamatan, refleksi, serta corrective action-nya.

Keterampilan seperti ini sangat krusial dan perlu dilatih terus karena sangat diperlukan dalam proses homeschooling.

Kalau teman2 membayangkan dinamika kehidupan homeschooling, prosesnya kurang lebih seperti ini.
Bravo, kak! πŸ‘πŸ˜πŸ˜πŸ˜

Palangka Raya, 15 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 7, Amsal 20

1 Korintus 7

Scripture
1 Korintus 7:19 (TB)  Sebab bersunat atau tidak bersunat tidak penting. Yang penting ialah mentaati hukum-hukum Allah. 

Observation
Terlalu sering kita mempermasalahkan simbol atau hal-hal yang terlihat, padahal Tuhan ingin kita menaati Dia dalam segala hal. Jangan sampai memperhatikan satu hal berlebihan lalu mengabaikan hal lain.  

Aplication
Dosa kemalasan sama dengan dosa berzinah. Aku gak boleh malas. Liburan ini aku jadi malas sekali, harus tobat. 

Prayer
Tuhan, tolong aku menaatiMu dalam segala hal. Aku lemah dan sering jatuh, tolong aku. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:7 (TB)  Orang benar yang bersih kelakuannya — berbahagialah keturunannya. 

Observation
Aku hidup benar atau nggak akan berdampak pada keturunan ku.

Aplication
Aku harus terus berusaha hidup benar setiap hari.

Prayer
Tuhan, tolong kami sebagai orang tua untuk memberikan keteladanan hidup dalam kebenaran. Kami lemah tapi aku percaya Tuhan tolong kami setiap hari dan memampukan kami hidup benar. Amin.
Gratitude Journal
14 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan bareng bocah-bocah ke TK dan sarapan di sana.
2. Bersyukur bisa video call dengan teman-teman pelayanan zaman kuliah dulu. Sangat menyenangkan dan banyak tawa. 
3. Bersyukur anak-anak jujur saat ditanya apakah hari ini menangis dan teriak atau tidak. 
4. Bersyukur bisa menonton film yang bagus bareng suami meskipun gak sampai selesai. 
5. Bersyukur bisa jalan bareng keluarga. 
6. Bersyukur ada wa temanku yang tanya kok aku ga jual sambal teri lagi, dulu aku pernah iseng jualan dan dia bilang enak banget. Dia sering beli di tempat lain tapi belum ketemu yang seenak itu. Wow. Senang banget aku.

Palangka Raya, 14 Mei 2021
-Mega Menulis-

Friday, May 14, 2021

1 Korintus 6, Amsal 20

1 Korintus 6

Scripture
1 Korintus 6:20 (TB)  Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!

Observation
Memuliakan Allah dengan tubuhku termasuk melalui apa yang aku makan. Selama liburan ini kami menginap di tempat mamaku dan berasa banget susah sekali mengendalikan nafsu makan ini. Duh. Bagaimana aku memuliakan Alalh dengan seluruh tubuhku, kalau mulut kecil inj saja susah kukendalikan. Benar-benar tantangan dan pergumulan untuk gak memakan apa saja yang aku mau.

Aplication
Aku harus punya kendali ataa mulutku dan gak makan apa saja yang aku mau.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak membiarkan mulutku tanpa kendali. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:4 (TB)  Pada musim dingin si pemalas tidak membajak; jikalau ia mencari pada musim menuai, maka tidak ada apa-apa. 

Observation
Jika pada waktunya bekerja aku tidak bekerja, maka pada saatnya aku menuai, aku tidak akan mendapat apa-apa. Sejak mengambil kredit rumah di Palangka aku memang gak bisa menabung karena 50% penghasilan untuk bayar kreditan. Praktis tidak ada uang dari penghasilan tetap bulanan yang diinvestasikan. 

Aplication 
Aku harus komitmen berinvestasi dari penghasilan tambahan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku berdisiplin untuk berinvestasi dari penghasilan tambahanku supaya aku boleh menuai saat waktunya tiba. Amin.
Gratitude Journal
13 Mei 2021

1. Bersyukur pagi bisa tidur enak gara harinya hujan, hahaha.
2. Bersyukur bisa kumpul bareng keluarga merayakan IdulFitri di tempat Omku.
3. Bersyukur di tempat Omku berasa wisata kuliner, banyak sekali jenis makanan dan kue:pempek, siomay, batagor, lontong, nasi kuning, mie goreng, dll.
4. Bersyukur Sara dan Sofia asyik mainnya hari ini. Makannya juga bagus, gak ngotot minta kue padahal banyak kue. Mereka makan dulu, baru minta kue dengan sopan. 
5. Bersyukur Sara mau direkam saat nyanyi dengan suara yang keras. Sara akhir-akhir ini kayak gak pd gitu, nyanyi lagu yang baru dipelajarinya pelan banget, takut salah gitu. Aku dan papanya dah encourage untuk gak takut salah, yang penting berani dulu waktu belajar. Supaya bisa tahu kalau salah dan tahu apa yang benar.

Palangka Raya, 13 Mei 2021
-Mega Menulis-

Thursday, May 13, 2021

1 Korintus 5, Amsal 20

1 Korintus 5

Scripture
1 Korintus 5:12 (TB)  Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?

Observation
Susah sekali untuk gak menghakimi seseorang, terutama di pikiran. Beberapa hari ini aku kesal dengan seseorang karena keputusannya dan merasa apa yang dilakukannya bodoh sekali. Bahkan di pikiranku aku menganggap yang dilakukannya dosa. Dipikir-pikir sekarang, sebenarnya aku gak boleh menghakimi dia. Biarlah dosanya menjadi urusannya dengan Tuhan.

Aplication
Doakan orang itu supaya Tuhan yang menyadarkan, gak perlu pikiranku menghakimi dia. Doakan Meg!

Prayer
Tuhan, Engkau tahu pikiranku saat ini. Tolong aku supaya gak menganggap diriku benar sendiri dan orang lain salah karena berbeda dengan pemikiranku. Tolong aku supaya hanya firman Tuhan yang menjadi dasar. Jangan biarkan aku bersandar kepada pengertianku sendiri. Hanya firman Tuhan dasarku. Amin.
Amsal 20

Scripture
Amsal 20:15 (TB)  Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan. 

Observation 
Seandainya diminta memilih seperti Raja Salomo, akankah aku lebih memilih hikmat dibandingkan harta benda? Hari-hari belakangan ini aku merasa berkekurangan dan kurang bersyukur, ingin memiliki lebih banyak. Duh. 

Aplication 
Bersyukur Meg! Kristus cukup bagiMu. Jangan hanya menginginkan harta dunia. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku, jangan biarkan aku hanya memikirkan materi. Ajari aku berkata Engkau cukup bagiku. Aku mau mencukuplan diri dengan apa yang ada padaku. Amin.

Palangka Raya, 11 Mei 2021
-Mega Menulis-

Wednesday, May 12, 2021

1 Korintus 4, Amsal 20

1 Korintus 4

Scripture
1 Korintus 4:12-13 (TB)  kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar; 
kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini. 

Observation
Paulus memberikan teladan bagaimana menanggapi perlakuan yang tidak baik. Saat ini aku terlibat secara emosional dengan yang dialami seorang teman. Sakit hati melihat dia diperlakukan gak baik. Sempat tergoda untuk berkata ke dia untuk membalaskan segala hal jahat yang dilakukan ke dia. Tapi bacaan hari ini menegurku, Paulus tidak berbuat dosa sekalipun dianiaya. Dia tetap sabar dan menjawab dengan ramah, bahkan saat dia dianggap sampah. Aku gak bisa menyaranakan ini ke temanku. Bagaimana aku menyarankan hal yang gak bisa aku lakukan? Tapi dengan kekuatan sendiri memang tidak mungkin melakukan ini.

Aplication 
Aku berdoa minta kekuatan Tuhan supaya kawanku itu dimampukan tetap memuliakan Tuhan dan tidak berbuat dosa sekalipun dia disakiti.

Prayer
Tuhan, berilah kekuatan kepada si X. Tuhan yang memanggil dia dan beri kekuatan untuk menanggung segala perkara di dalam Tuhan. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:19 (TB)  Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut. 

Observation
Hari ini baru tahu kalau ada seorang teman yang bocor mulut dan menyampaikan kabar yang belum pasti ke banyak orang. Membuat banyak orang bertengkar. Astaga. Syukurlah aku gak banyak bergaul lagi dengannya. Reminder buatku untuk menjaga mulutku. Gak menyampaikan sesuatu yang belum pasti. Berpikir dampak perkataanku sebelum diucapkan.

Aplication
Gak boleh bocor mulut Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menjaga mulutku. Selalu. Amin.
Gratitude Journal
11 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi berdua Sofia. 
2. Bersyukur dapat hampers dari bosku. 
3. Bersyukur dapat baju yang pas di badanku dari bosku. 
4. Bersyukur ada teman mau mengajari memakai e-wallet. 
5. Bersyukur tunkin masuk hari ini. Pas banget waktunya. 
6. Bersyukur bisa menginap di tempat mamaku.

Palangka Raya, 11 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 3, Amsal 20

1 Korintus 3

Scripture
1 Korintus 3:20 (TB)  Dan di tempat lain: "Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka." 

Observation
Manusia boleh merencanakan dan merancangkan banyak hal tapi Tuhan tahu dan semuanya sia-sia belaka kalau gak sesuai dengan rancangan Tuhan.

Aplication
Aku sedang mendoakan sesuatu, belajar percaya rancangan Tuhan yang terbaik dan akan terjadi, bukan rancangan manusia.

Prayer
Tuhan, ajari aku menerima kehendakMu apapun itu. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:3 (TB)  Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.

Observation
Aku berketetapan hati untuk menjauhi perbantahan dan gak membiarkan amarah meledak karena itu adalah perbuatan orang bodoh. Better diam, berdoa dan merenung, apa yang Tuhan ingin aku lakukan. Bagaimana aku memuliakan Tuhan melalui situasi ini? Apakah dengan berbantah-bantahan? Tentu nggak.

Aplication
Berdoa Meg. Tenanglah dan ketahui Dialah Allah.

Prayer
Tuhan, aku berserah. Aku gak mau berbantah-bantahan. Tolong redakan amarahku. Amin.
Gratitude Journal
10 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi bareng keluarga setelah beberapa hari hujan melulu pas pagi. Ternyata ada orang yang nanyain, kok gak kelihatan jalan beberapa hari. Lah, ada yang perhatikan rupanya.
2. Bersyukur bisa masak ikan goreng dan sayur manis kesukaan bocah-bocah banyak banget, mereka makannya bagus seharian ini.
3. Bersyukur dapat blessing kue dari temanku, dia buat kue banyak banget.
4. Bersyukur sempat revisi kerjaan di aplikasi, hari ini terakhir masa pelaporan.
5. Bersyukur pas malam anak-anak pengen jajan mie ayam dan bakso lagi, kami bisa bujuk supaya makan di rumah saja, mama yang buatkan dan mereka mau.
6. Bersyukur bisa dengar podcast tentang living books.

Palangka Raya, 10 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 2, Amsal 20

1 Korintus 2

Scripture
1 Korintus 2:4-5 (TB)  Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,
supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. 

Observation
Pemberitaan Injil harus bergantung pada Roh Kudus, bukan pemikiran dan hikmat kita sendiri. Ini supaya menyentuh roh manusia itu sendiri. Kalau cuma berdasarkan hikmat, hanya sampai pada akal saja. Kalau hanya menyentuh emosi lah perasaan manusia kan mudah berubah.

Aplication
Saat aku memberitakan Injil, aku harus bergantung pada Roh Kudus, supaya Dia yang berkarya.

Prayer
Tuhan tolong aku supaya sungguh mengandalkan Roh Kudus dan bukan hikmatku saat menulis. Pakai aku Tuhan, jadikan aku bejana untuk kemuliaanMu. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:29 (TB)  Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban. 

Observation
Dapat ayat ini di masa mulai ubanan tuh penghiburan banget buatku. Konyol ya? Tapi asli. Ini rambut dah mulai ubanan terus entah faktor angkat rahim dkk jadi menopause dini ngaruh ke fisik kayaknya, akhir-akhir ini gampang pegel gitu badan. Tapi menjadi tua atau muda memiliki keindahannya tersendiri. Nikmati saja musim yang ada Meg!

Aplication
Syukuri musim di mana kamu berada sekarang Meg. Berusahalah melihat keindahannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melihat keindahan dari berjalan bersamaMu setiap harinya. Amin.
Gratitude Journal
9 Mei 2021

1. Bersyukur bisa seharian di rumah dan istirahat. Siang bisa tidur siang agak lama. 
2. Bersyukur siang masak tempe kesukaan bocah dan mereka makan banyak.
3. Bersyukur bisa dengar curhat temanku, sedih sih kami jauh tapi paling ngga ada temannya ngobrol.
4. Bersyukur adekku dan temanku bilang rolade yang aku buat enak.

Palangka Raya, 9 Mei 2021
-Mega Menulis-

Cahaya dan Bayangan

Hari ini kami bangun kesiangan, sedang menginap di rumah eyangnya. Tapi Sara dan Sofia tetap semangat jalan pagi karena diajak ke TK untuk main di sana. Berbekal nasi goreng, udang dan telur goreng kami pergi berjalan. Rencana sarapan di TK dan main di sana. Perjalanan cukup menyenangkan karena sudah lama kami gak ke TK. 
Masalah terjadi sewaktu pulang, Sara dan Sofia mengeluh karena sewaktu pulang jalan panas banget, matahari bersinar terik. Diingatkan kalau sinar matahari mengandung vitamin D, tetap ngeluh dong 🀭 Emang panas banget sih. 
Saat melihat bayangan kami di jalan, mama teringat permainan semasa kecil, membentuk bayangan binatang dengan tangan sewaktu mati listrik. Diterangi cahaya lilin, memainkan permainan ini menyenangkan sekali. Mulailah Mama membuat bayangan anjing, bebek dan burung. Berhasil! Sara dan Sofia mulai tertarik dan berhenti mengeluh. Mereka mencoba meniru mama membuat bayangan dengan tangannya.
Mama menjelaskan kalau bayangan ada saat ada cahaya, kalau gelap, bayangan gak ada. Sewaktu ada pohon besar yang teduh karena daunnya lebat, mereka gak bisa melihat bayangannya sendiri. Ya iya lah, wong gelap di bawah pohon karena tertutup bayangan pohon itu. Alhasil, mereka gak mau lewat jalan yang ada pohonnya lagi dong, karena gak bisa melihat bayangannya. Duh, panas Nak πŸ™ˆ Gantian Mama deh yang ngeluh 🀣

#jalankaki #naturewalk #outdoractivity

Palangka Raya, 12 Mei 2021
-Mega Menulis-

Sunday, May 9, 2021

1 Korintus 1, Amsal 19

1 Korintus 1

1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Observation
Jleb. Jleb. Jleb. Dapat ayat ini saat nyaris ribut sama suami tu rasakan kayak dapat teguran. Jangan ada perpecahan, tetapi kami harus seia sekata, erat bersatu dan sehati sepikir. Lah, gimana bisa kalau pemikiranku gak sama dengan suami? Itu kan gak mungkin Tuhan? Hatiku memberontak. Tapi aku dapat hikmat, bagianku adalah tenang dan berdoa. Apakah otomatis kami seia sekata dengan aku berdoa? Mungkin nggak, tapi doa akan mengubah sesuatu. Entah keadaan, entah hatiku, atau hati suamiku. Aku mau percaya dan melakukan bagianku. Gak perlu membuka mulut kalau aku belum tenang. 

Aplication 
Pray until something happen Meg. 

Prayer 
Tuhan, tolong kami supaya sungguh seia sekata, erat bersatu dan sehati berpikir.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:21 (TB)  Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana. 

Observation
Aku kembali diingatkan akan kedaulatan Tuhan. Apa yang terjadi di dalam hidup bukanlah keinginanku, tapi kehendakNya. Aku gak perlu kuatir. Apapun yang terjadi, aku dapat menanggungnya. Aku sudah menyaksikan Tuhan menggagalkan berkali-kali apa yang bukan rancanganNya. Aku juga sudah melihat Dia mampu menjadikan hal yang mustahil. Lalu kenapa aku memaksakan yang jadi adalah keinginanku?

Aplication
Tetaplah tenang dan melihat Tuhan bekerja Meg! Dia bekerja di dalam hatimu dan mengubah keadaan.

Prayer
Jadilah kehendakMu Tuhan dan mampukan aku bersukacita sekalipun itu tidak sesuai keinginanku. Amin.
Gratitude Journal
8 Mei 2021

1. Bersyukur bisa belanja dan stok makanan untuk seminggu ke depan.
2. Bersyukur bisa buat rolade ayam,walaupun rasanya masih bisa ditingkatkan lagi.
3. Bersyukur bisa main ke tempat sepupuku dan anak-anak senang main ke sana.
4. Bersyukur bisa merayakan ultah sepupuku.
5. Bersyukur bisa blessing teman dan keluarga dengan rolade buatan sendiri.

Palangka Raya, 8 Mei 2021
-Mega Menulis-

Saturday, May 8, 2021

Kisah Para Rasul 19, Amsal 19

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:15 (TB)  Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar. 

Observation
Masa sih ya lamban aja membuat orang menderita kelaparan? Adakah orang yang saking malasnya sampai kelaparan? Aku gak segitunya sih, tapi teringat obrolan sama suami pandemi ini memaksaku untuk rajin kalau ingin makan makanan seperti yang sebelumnya kami beli alias jajan di luar. Kemarin aku bilang sama suami kangen jajan, terus suami protes ngapain kangen jajan padahal bisa bikin sendiri. Aku bilang kangen tinggal pesan, makan dan bayar, gak perlu capek 🀣 Beda kan ya dengan masak sendiri. Tapi hari ini diingatkan untuk terus rajin memasak. Bukan hanya supaya gak menderita kelaparan, tapi juga mendidik anak untuk memasak. Bagaimana pun, pendidikan usia dini fokus pada modelling, anak akan meniru orang tua. Aku terinspirasi Mbak Lala Rumah Inspirasi yang kalau jalan bareng anaknya, lalu ketemu makanan baru dan anaknya bilang pengen mamanya menyambut dengan berkata, "Kayaknya kita bisa bikin sendiri deh", dipikir-pikir ini bukan hanya mengajar memasak, tapi juga bisa berhemat dan anak berusaha dulu. Ya bisa sih mereka jajan, tapi itu pun dengan semangat mencoba supaya punya referensi saat membuat sendiri. Itu keren menurutku. 

Aplication
Aku mau punya semangat belajar dan mengusahakan membuat apa yang anak mau. Tentunya sesuai kapasitasku.

Prayer
Tuhan tolong aku supaya gak malas tapi rajin dan menggunakan kesempatan untuk menjadi model yang menginspirasi anak-anak. Amin.

Kisah Para Rasul 19

Scripture 
Kisah Para Rasul 19:9-10 (TB)  Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus. 
Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.

Observation 
Selama dua tahun Paulus mengajar sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan. Wow. Setiap hari selama dua tahun bukan waktu yang sebentar tapi hasilnya terlihat. Dari kisah ini aku belajar tentang konsistensi dan persistensi. Tidak hanya perlu tekun terus menerus melakukan hal yang baik, aku juga perlu gigih meskipun ada tantangan. 

Aplication 
Konsisten dan persisten perlu aku lakukan dan ajarkan ke anak-anak, bahwa sejatinya kehidupan ini seperti lari maraton. Mendidik anak pun maraton, perlu nafas yang panjang. Perlu konsisten dan persisten. 

Prayer 
Tuhan, ajarkan aku untuk tekun dan gigih menjalani apapun hal baik yanh aku kerjakan seperti Paulus. Amin.
Gratitude Journal
7 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi bisa ke warung dan beli ayam. Walaupun harganya naik, bersyukur masih bisa beli.
2. Bersyukur mengikuti keputusan spontan suami pergi kuliner ke tempat yang jaraknya hampir 40 km dari tempat kami. Kami bersenang-senang di sana.
3. Bersyukur bisa blessing keluarga dengan makanan yang kami beli dari sana.
4. Bersyukur gak jadi ribut sama suami, seketika ingat untuk menahan mulutku sebelum situasi menjadi panas.
5. Bersyukur bisa sharing pengalaman dengan temanku yang menanti kelahiran anak pertamanya setelah menanti 7 tahun, isterinya ada miom juga.
6. Bersyukur adikku bersedia mendonorkan darahnya untuk isteri temanku saat SC nanti.
7. Bersyukur dapat ide untuk training habit baru untuk bocah-bocah dan buat lagu untuk mengingatkan mereka.
8. Bersyukur bisa sharing dengan Tia tentang banyak hal.

Palangka Raya, 7 Mei 2021
-Mega Menulis-

Tenang Meg!

Tetapi kita harus belajar untuk tenang justru untuk hal-hal yang kita rasakan paling mendalam, paling tidak sampai kita telah membicarakannya sampai habis dengan Tuhan. Elisabeth Elliot.

Aku sharing ini bertahun-tahun lalu di Fb dan beberapa hari lalu diingatkan lagi pernah posting ginian. Parahnya, aku kok ya gak melakukan seperti kutipan itu *sigh*. Sedang kecewa berat dan langsung bereaksi keras, alih-alih ngomongin ke Tuhan, aku malah meledak duluan. Ish, akhirnya malah ga enak. Tenang Meg. Tenang. Bicarakan dulu sampai habis sama Tuhan ya.

Aku gak akan membuka mulutku tentang perkara yang aku rasakan ini sampai aku tenang dan ngomong ke Tuhan. Aku mau belajar percaya, saat aku angkat tangan, Tuhan turun tangan. Tidak ada sesuatu pun yang terjadi tanpa seizinNya. Kekuatiranku tidak menambah apapun. Tidak ada yang dapat menggagalkan apa yang sudah ditetapkan Tuhan. Bagianku hanya berdoa, menanti jawabanNya dan percaya. Hati raja seperti batang air di tanganNya dialirkan kemana saja Dia suka. Aku gak punya kuasa tapi Tuhan berkuasa. Dia akan melakukan yang terbaik menurut kasih karuniaNya. Kepada Tuhan hatiku percaya dan aku akan beria-ria karena perlindunganNya. 

Prayer :
Tuhan, Engkau tahu isi hatiku yang terdalam. Engkau tahu yang aku rasakan, kekecewaanku, kemarahanku. Tolong aku supaya mengambil keputusan yang benar dan bijak mengambil keputusan. Jangan biarkan egoku yang berbicara. Aku percaya kuasaMu nyata. Aku percaya segala perkara dapat kutanggung di dalam Engkau yang memberikanku kekuatan. Jadilah kehendakMu saja. Amin.

Palangka Raya, 8 Mei 2021
-Mega Menulis-

Friday, May 7, 2021

Saat Anak-Anak Merengek Minta Sesuatu

Tiap jalan liat balon ginian, Sara dan Sofia ngeliatin,pengen gitu. Aku dan suami gak mau belikan karena ngerasa mereka gak butuh. Mereka gak pernah minta jadinya. Suatu hari iseng ngeliat di market place dan pengen kasih surprise ke mereka. Pas pulak ada subsidi ongkir 🀭 Yo wes, beli deh. Mereka senang tapi ya cuma bentar. Wong aslinya anak cuma pengen tiap lihat, euforia senangnya bentar doang. 
Kami baru sadari kalau kami harus bersyukur karena Sara dan Sofia bukan anak yang ngamukan kalau pengen sesuatu dan gak dikasih. Dah tahu kali, gak guna nangis-nangis sama mak bapaknya kalau pengen sesuatu. Percuma. Gak bakal dikasih. Kalau minta sesuatu kami ajari caranya harus ngomong baik-baik, sopan, gak pake teriak, merengek atau menangis. Itu pun belum tentu dikasih. Kalau ngomong baik itu tujuannya bukan supaya dapat yang dia mau, tapi supaya papa mama bisa dengar dengan jelas apa yang diomongin, kalau pakai nangis itu baby. Baby belum bisa ngomong jelas makanya pakai nangis. Kami ajari seperti itu.

Anak-anak pernah menangis minta dibelikan sesuatu? Pernah sih, tapi sudah lama banget. Aku sampai gak ingat kapan saking lamanya. Sofia waktu itu menangis di Indomaret. Ya sudah, kami biarkan saja menangis. Sampai dilihatin orang-orang. Malu? Malu sih wong harga yang diminta gak seberapa. Tapi ini kan bukan tentang uangnya. Kami takut ini menjadi kebiasaan, pengen apa nangis sampai dituruti, alamak. Setelah capek juga berhenti nangisnya kok dia, masa anak gak ada capeknya nangis, kan gak mungkin. Setelah tenang baru kami jelaskan kenapa kami gak membelikan. Mengertikah dia saat itu? Entahlah, yang jelas setelahnya kejadian tersebut tidak pernah berulang. Lagipula mungkin karena Sara gak pernah merengek seperti itu, Sofia pun gak pernah melakukannya lagi. 

Makanya gak ada tuh acara nangis gerung-gerung minta Kinder Joy di Alfamart atau Indomaret seperti yang dikeluhkan emak-emak se-Indonesia. Gimana mau minta, wong gak pernah kami belikan Kinder Joy. Paling kalau ke Indomaret dan Alfamart, mereka pegang mainan yang ada permennya itu lo. Pegang doang selama kami belanja, pas mau pulang dibalikin lagi. Yang lucu lagi, saat kami ke Indomaret dan Sofia pegang sebuah barang, Sara bilang : Jangan dek, itu gak diskon. Memang aku pernah bilang ke Sara kalau label harga di rak gak berwarna merah berarti gak sedang diskon. Eh, rupanya Sara ingat. Di lain waktu,kami melewati tempat penjual kue, Sara bilang: Kue kita masih ada di rumah Mah. Aku tahu, sebenarnya dia ingin beli kue (dia suka banget kue), tapi kebiasaan kami saat kami mau beli sesuatu, kalau masih ada stok di rumah  pasti aku bilang, begitu juga papanya. Suamiku gak suka menyetok barang terlalu banyak di rumah. Eh, rupanya ini pun diingat Sara. Papa mama gak akan beli barang kalau masih ada stok di rumah.
 

Bersyukur value-value ini sepertinya sudah mulai tertanam di mereka. Kalau secara akademik, sepertinya belum ada progress yang gimana-gimana karena mereka banyak bermain (namanya juga masih usia dini) tapi kami sekarang mensyukuri anak-anak yang juarang banget nangisan saat ingin sesuatu. Saat menginginkan sesuatu pun mereka sudah tahu kalau gak perlu beli kalau masih ada. What a blessed. Kami jadi semakin bersemangat untuk fokus menanamkan value ke anak-anak semasa mereka dalam usia dini. Pendidikan akademik bisa dikejar, tapi pendidikan karakter di usia dini lebih penting.Kami belajar fokus pada kemajuan karakter anak saat ini. Kami bersyukur untuk hal-hal kecil, kemajuan kecil, 1% setiap hari saja pun akan berarti. 

Catatan dari Mas Aar : Ini meneguhkan bahwa dalam proses keseharian, anak melihat dan mengamati orang tuanya, kemudian menirunya. Penting untuk terus meningkatkan kualitas diri dan keluarga sebagai model sikap dan perilaku untuk anak-anak.


Palangka Raya, 7 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...