.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, May 13, 2021

1 Korintus 5, Amsal 20

1 Korintus 5

Scripture
1 Korintus 5:12 (TB)  Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu hanya menghakimi mereka yang berada di dalam jemaat?

Observation
Susah sekali untuk gak menghakimi seseorang, terutama di pikiran. Beberapa hari ini aku kesal dengan seseorang karena keputusannya dan merasa apa yang dilakukannya bodoh sekali. Bahkan di pikiranku aku menganggap yang dilakukannya dosa. Dipikir-pikir sekarang, sebenarnya aku gak boleh menghakimi dia. Biarlah dosanya menjadi urusannya dengan Tuhan.

Aplication
Doakan orang itu supaya Tuhan yang menyadarkan, gak perlu pikiranku menghakimi dia. Doakan Meg!

Prayer
Tuhan, Engkau tahu pikiranku saat ini. Tolong aku supaya gak menganggap diriku benar sendiri dan orang lain salah karena berbeda dengan pemikiranku. Tolong aku supaya hanya firman Tuhan yang menjadi dasar. Jangan biarkan aku bersandar kepada pengertianku sendiri. Hanya firman Tuhan dasarku. Amin.
Amsal 20

Scripture
Amsal 20:15 (TB)  Sekalipun ada emas dan permata banyak, tetapi yang paling berharga ialah bibir yang berpengetahuan. 

Observation 
Seandainya diminta memilih seperti Raja Salomo, akankah aku lebih memilih hikmat dibandingkan harta benda? Hari-hari belakangan ini aku merasa berkekurangan dan kurang bersyukur, ingin memiliki lebih banyak. Duh. 

Aplication 
Bersyukur Meg! Kristus cukup bagiMu. Jangan hanya menginginkan harta dunia. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku, jangan biarkan aku hanya memikirkan materi. Ajari aku berkata Engkau cukup bagiku. Aku mau mencukuplan diri dengan apa yang ada padaku. Amin.

Palangka Raya, 11 Mei 2021
-Mega Menulis-

Wednesday, May 12, 2021

1 Korintus 4, Amsal 20

1 Korintus 4

Scripture
1 Korintus 4:12-13 (TB)  kami melakukan pekerjaan tangan yang berat. Kalau kami dimaki, kami memberkati; kalau kami dianiaya, kami sabar; 
kalau kami difitnah, kami tetap menjawab dengan ramah; kami telah menjadi sama dengan sampah dunia, sama dengan kotoran dari segala sesuatu, sampai pada saat ini. 

Observation
Paulus memberikan teladan bagaimana menanggapi perlakuan yang tidak baik. Saat ini aku terlibat secara emosional dengan yang dialami seorang teman. Sakit hati melihat dia diperlakukan gak baik. Sempat tergoda untuk berkata ke dia untuk membalaskan segala hal jahat yang dilakukan ke dia. Tapi bacaan hari ini menegurku, Paulus tidak berbuat dosa sekalipun dianiaya. Dia tetap sabar dan menjawab dengan ramah, bahkan saat dia dianggap sampah. Aku gak bisa menyaranakan ini ke temanku. Bagaimana aku menyarankan hal yang gak bisa aku lakukan? Tapi dengan kekuatan sendiri memang tidak mungkin melakukan ini.

Aplication 
Aku berdoa minta kekuatan Tuhan supaya kawanku itu dimampukan tetap memuliakan Tuhan dan tidak berbuat dosa sekalipun dia disakiti.

Prayer
Tuhan, berilah kekuatan kepada si X. Tuhan yang memanggil dia dan beri kekuatan untuk menanggung segala perkara di dalam Tuhan. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:19 (TB)  Siapa mengumpat, membuka rahasia, sebab itu janganlah engkau bergaul dengan orang yang bocor mulut. 

Observation
Hari ini baru tahu kalau ada seorang teman yang bocor mulut dan menyampaikan kabar yang belum pasti ke banyak orang. Membuat banyak orang bertengkar. Astaga. Syukurlah aku gak banyak bergaul lagi dengannya. Reminder buatku untuk menjaga mulutku. Gak menyampaikan sesuatu yang belum pasti. Berpikir dampak perkataanku sebelum diucapkan.

Aplication
Gak boleh bocor mulut Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menjaga mulutku. Selalu. Amin.
Gratitude Journal
11 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi berdua Sofia. 
2. Bersyukur dapat hampers dari bosku. 
3. Bersyukur dapat baju yang pas di badanku dari bosku. 
4. Bersyukur ada teman mau mengajari memakai e-wallet. 
5. Bersyukur tunkin masuk hari ini. Pas banget waktunya. 
6. Bersyukur bisa menginap di tempat mamaku.

Palangka Raya, 11 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 3, Amsal 20

1 Korintus 3

Scripture
1 Korintus 3:20 (TB)  Dan di tempat lain: "Tuhan mengetahui rancangan-rancangan orang berhikmat; sesungguhnya semuanya sia-sia belaka." 

Observation
Manusia boleh merencanakan dan merancangkan banyak hal tapi Tuhan tahu dan semuanya sia-sia belaka kalau gak sesuai dengan rancangan Tuhan.

Aplication
Aku sedang mendoakan sesuatu, belajar percaya rancangan Tuhan yang terbaik dan akan terjadi, bukan rancangan manusia.

Prayer
Tuhan, ajari aku menerima kehendakMu apapun itu. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:3 (TB)  Terhormatlah seseorang, jika ia menjauhi perbantahan, tetapi setiap orang bodoh membiarkan amarahnya meledak.

Observation
Aku berketetapan hati untuk menjauhi perbantahan dan gak membiarkan amarah meledak karena itu adalah perbuatan orang bodoh. Better diam, berdoa dan merenung, apa yang Tuhan ingin aku lakukan. Bagaimana aku memuliakan Tuhan melalui situasi ini? Apakah dengan berbantah-bantahan? Tentu nggak.

Aplication
Berdoa Meg. Tenanglah dan ketahui Dialah Allah.

Prayer
Tuhan, aku berserah. Aku gak mau berbantah-bantahan. Tolong redakan amarahku. Amin.
Gratitude Journal
10 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi bareng keluarga setelah beberapa hari hujan melulu pas pagi. Ternyata ada orang yang nanyain, kok gak kelihatan jalan beberapa hari. Lah, ada yang perhatikan rupanya.
2. Bersyukur bisa masak ikan goreng dan sayur manis kesukaan bocah-bocah banyak banget, mereka makannya bagus seharian ini.
3. Bersyukur dapat blessing kue dari temanku, dia buat kue banyak banget.
4. Bersyukur sempat revisi kerjaan di aplikasi, hari ini terakhir masa pelaporan.
5. Bersyukur pas malam anak-anak pengen jajan mie ayam dan bakso lagi, kami bisa bujuk supaya makan di rumah saja, mama yang buatkan dan mereka mau.
6. Bersyukur bisa dengar podcast tentang living books.

Palangka Raya, 10 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Korintus 2, Amsal 20

1 Korintus 2

Scripture
1 Korintus 2:4-5 (TB)  Baik perkataanku maupun pemberitaanku tidak kusampaikan dengan kata-kata hikmat yang meyakinkan, tetapi dengan keyakinan akan kekuatan Roh,
supaya iman kamu jangan bergantung pada hikmat manusia, tetapi pada kekuatan Allah. 

Observation
Pemberitaan Injil harus bergantung pada Roh Kudus, bukan pemikiran dan hikmat kita sendiri. Ini supaya menyentuh roh manusia itu sendiri. Kalau cuma berdasarkan hikmat, hanya sampai pada akal saja. Kalau hanya menyentuh emosi lah perasaan manusia kan mudah berubah.

Aplication
Saat aku memberitakan Injil, aku harus bergantung pada Roh Kudus, supaya Dia yang berkarya.

Prayer
Tuhan tolong aku supaya sungguh mengandalkan Roh Kudus dan bukan hikmatku saat menulis. Pakai aku Tuhan, jadikan aku bejana untuk kemuliaanMu. Amin.

Amsal 20

Scripture
Amsal 20:29 (TB)  Hiasan orang muda ialah kekuatannya, dan keindahan orang tua ialah uban. 

Observation
Dapat ayat ini di masa mulai ubanan tuh penghiburan banget buatku. Konyol ya? Tapi asli. Ini rambut dah mulai ubanan terus entah faktor angkat rahim dkk jadi menopause dini ngaruh ke fisik kayaknya, akhir-akhir ini gampang pegel gitu badan. Tapi menjadi tua atau muda memiliki keindahannya tersendiri. Nikmati saja musim yang ada Meg!

Aplication
Syukuri musim di mana kamu berada sekarang Meg. Berusahalah melihat keindahannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk melihat keindahan dari berjalan bersamaMu setiap harinya. Amin.
Gratitude Journal
9 Mei 2021

1. Bersyukur bisa seharian di rumah dan istirahat. Siang bisa tidur siang agak lama. 
2. Bersyukur siang masak tempe kesukaan bocah dan mereka makan banyak.
3. Bersyukur bisa dengar curhat temanku, sedih sih kami jauh tapi paling ngga ada temannya ngobrol.
4. Bersyukur adekku dan temanku bilang rolade yang aku buat enak.

Palangka Raya, 9 Mei 2021
-Mega Menulis-

Cahaya dan Bayangan

Hari ini kami bangun kesiangan, sedang menginap di rumah eyangnya. Tapi Sara dan Sofia tetap semangat jalan pagi karena diajak ke TK untuk main di sana. Berbekal nasi goreng, udang dan telur goreng kami pergi berjalan. Rencana sarapan di TK dan main di sana. Perjalanan cukup menyenangkan karena sudah lama kami gak ke TK. 
Masalah terjadi sewaktu pulang, Sara dan Sofia mengeluh karena sewaktu pulang jalan panas banget, matahari bersinar terik. Diingatkan kalau sinar matahari mengandung vitamin D, tetap ngeluh dong 🤭 Emang panas banget sih. 
Saat melihat bayangan kami di jalan, mama teringat permainan semasa kecil, membentuk bayangan binatang dengan tangan sewaktu mati listrik. Diterangi cahaya lilin, memainkan permainan ini menyenangkan sekali. Mulailah Mama membuat bayangan anjing, bebek dan burung. Berhasil! Sara dan Sofia mulai tertarik dan berhenti mengeluh. Mereka mencoba meniru mama membuat bayangan dengan tangannya.
Mama menjelaskan kalau bayangan ada saat ada cahaya, kalau gelap, bayangan gak ada. Sewaktu ada pohon besar yang teduh karena daunnya lebat, mereka gak bisa melihat bayangannya sendiri. Ya iya lah, wong gelap di bawah pohon karena tertutup bayangan pohon itu. Alhasil, mereka gak mau lewat jalan yang ada pohonnya lagi dong, karena gak bisa melihat bayangannya. Duh, panas Nak 🙈 Gantian Mama deh yang ngeluh 🤣

#jalankaki #naturewalk #outdoractivity

Palangka Raya, 12 Mei 2021
-Mega Menulis-

Sunday, May 9, 2021

1 Korintus 1, Amsal 19

1 Korintus 1

1 Korintus 1:10 (TB)  Tetapi aku menasihatkan kamu, saudara-saudara, demi nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu seia sekata dan jangan ada perpecahan di antara kamu, tetapi sebaliknya supaya kamu erat bersatu dan sehati sepikir.

Observation
Jleb. Jleb. Jleb. Dapat ayat ini saat nyaris ribut sama suami tu rasakan kayak dapat teguran. Jangan ada perpecahan, tetapi kami harus seia sekata, erat bersatu dan sehati sepikir. Lah, gimana bisa kalau pemikiranku gak sama dengan suami? Itu kan gak mungkin Tuhan? Hatiku memberontak. Tapi aku dapat hikmat, bagianku adalah tenang dan berdoa. Apakah otomatis kami seia sekata dengan aku berdoa? Mungkin nggak, tapi doa akan mengubah sesuatu. Entah keadaan, entah hatiku, atau hati suamiku. Aku mau percaya dan melakukan bagianku. Gak perlu membuka mulut kalau aku belum tenang. 

Aplication 
Pray until something happen Meg. 

Prayer 
Tuhan, tolong kami supaya sungguh seia sekata, erat bersatu dan sehati berpikir.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:21 (TB)  Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana. 

Observation
Aku kembali diingatkan akan kedaulatan Tuhan. Apa yang terjadi di dalam hidup bukanlah keinginanku, tapi kehendakNya. Aku gak perlu kuatir. Apapun yang terjadi, aku dapat menanggungnya. Aku sudah menyaksikan Tuhan menggagalkan berkali-kali apa yang bukan rancanganNya. Aku juga sudah melihat Dia mampu menjadikan hal yang mustahil. Lalu kenapa aku memaksakan yang jadi adalah keinginanku?

Aplication
Tetaplah tenang dan melihat Tuhan bekerja Meg! Dia bekerja di dalam hatimu dan mengubah keadaan.

Prayer
Jadilah kehendakMu Tuhan dan mampukan aku bersukacita sekalipun itu tidak sesuai keinginanku. Amin.
Gratitude Journal
8 Mei 2021

1. Bersyukur bisa belanja dan stok makanan untuk seminggu ke depan.
2. Bersyukur bisa buat rolade ayam,walaupun rasanya masih bisa ditingkatkan lagi.
3. Bersyukur bisa main ke tempat sepupuku dan anak-anak senang main ke sana.
4. Bersyukur bisa merayakan ultah sepupuku.
5. Bersyukur bisa blessing teman dan keluarga dengan rolade buatan sendiri.

Palangka Raya, 8 Mei 2021
-Mega Menulis-

Saturday, May 8, 2021

Kisah Para Rasul 19, Amsal 19

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:15 (TB)  Kemalasan mendatangkan tidur nyenyak, dan orang yang lamban akan menderita lapar. 

Observation
Masa sih ya lamban aja membuat orang menderita kelaparan? Adakah orang yang saking malasnya sampai kelaparan? Aku gak segitunya sih, tapi teringat obrolan sama suami pandemi ini memaksaku untuk rajin kalau ingin makan makanan seperti yang sebelumnya kami beli alias jajan di luar. Kemarin aku bilang sama suami kangen jajan, terus suami protes ngapain kangen jajan padahal bisa bikin sendiri. Aku bilang kangen tinggal pesan, makan dan bayar, gak perlu capek 🤣 Beda kan ya dengan masak sendiri. Tapi hari ini diingatkan untuk terus rajin memasak. Bukan hanya supaya gak menderita kelaparan, tapi juga mendidik anak untuk memasak. Bagaimana pun, pendidikan usia dini fokus pada modelling, anak akan meniru orang tua. Aku terinspirasi Mbak Lala Rumah Inspirasi yang kalau jalan bareng anaknya, lalu ketemu makanan baru dan anaknya bilang pengen mamanya menyambut dengan berkata, "Kayaknya kita bisa bikin sendiri deh", dipikir-pikir ini bukan hanya mengajar memasak, tapi juga bisa berhemat dan anak berusaha dulu. Ya bisa sih mereka jajan, tapi itu pun dengan semangat mencoba supaya punya referensi saat membuat sendiri. Itu keren menurutku. 

Aplication
Aku mau punya semangat belajar dan mengusahakan membuat apa yang anak mau. Tentunya sesuai kapasitasku.

Prayer
Tuhan tolong aku supaya gak malas tapi rajin dan menggunakan kesempatan untuk menjadi model yang menginspirasi anak-anak. Amin.

Kisah Para Rasul 19

Scripture 
Kisah Para Rasul 19:9-10 (TB)  Tetapi ada beberapa orang yang tegar hatinya. Mereka tidak mau diyakinkan, malahan mengumpat Jalan Tuhan di depan orang banyak. Karena itu Paulus meninggalkan mereka dan memisahkan murid-muridnya dari mereka, dan setiap hari berbicara di ruang kuliah Tiranus. 
Hal ini dilakukannya dua tahun lamanya, sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan, baik orang Yahudi maupun orang Yunani.

Observation 
Selama dua tahun Paulus mengajar sehingga semua penduduk Asia mendengar firman Tuhan. Wow. Setiap hari selama dua tahun bukan waktu yang sebentar tapi hasilnya terlihat. Dari kisah ini aku belajar tentang konsistensi dan persistensi. Tidak hanya perlu tekun terus menerus melakukan hal yang baik, aku juga perlu gigih meskipun ada tantangan. 

Aplication 
Konsisten dan persisten perlu aku lakukan dan ajarkan ke anak-anak, bahwa sejatinya kehidupan ini seperti lari maraton. Mendidik anak pun maraton, perlu nafas yang panjang. Perlu konsisten dan persisten. 

Prayer 
Tuhan, ajarkan aku untuk tekun dan gigih menjalani apapun hal baik yanh aku kerjakan seperti Paulus. Amin.
Gratitude Journal
7 Mei 2021

1. Bersyukur pagi-pagi bisa ke warung dan beli ayam. Walaupun harganya naik, bersyukur masih bisa beli.
2. Bersyukur mengikuti keputusan spontan suami pergi kuliner ke tempat yang jaraknya hampir 40 km dari tempat kami. Kami bersenang-senang di sana.
3. Bersyukur bisa blessing keluarga dengan makanan yang kami beli dari sana.
4. Bersyukur gak jadi ribut sama suami, seketika ingat untuk menahan mulutku sebelum situasi menjadi panas.
5. Bersyukur bisa sharing pengalaman dengan temanku yang menanti kelahiran anak pertamanya setelah menanti 7 tahun, isterinya ada miom juga.
6. Bersyukur adikku bersedia mendonorkan darahnya untuk isteri temanku saat SC nanti.
7. Bersyukur dapat ide untuk training habit baru untuk bocah-bocah dan buat lagu untuk mengingatkan mereka.
8. Bersyukur bisa sharing dengan Tia tentang banyak hal.

Palangka Raya, 7 Mei 2021
-Mega Menulis-

Tenang Meg!

Tetapi kita harus belajar untuk tenang justru untuk hal-hal yang kita rasakan paling mendalam, paling tidak sampai kita telah membicarakannya sampai habis dengan Tuhan. Elisabeth Elliot.

Aku sharing ini bertahun-tahun lalu di Fb dan beberapa hari lalu diingatkan lagi pernah posting ginian. Parahnya, aku kok ya gak melakukan seperti kutipan itu *sigh*. Sedang kecewa berat dan langsung bereaksi keras, alih-alih ngomongin ke Tuhan, aku malah meledak duluan. Ish, akhirnya malah ga enak. Tenang Meg. Tenang. Bicarakan dulu sampai habis sama Tuhan ya.

Aku gak akan membuka mulutku tentang perkara yang aku rasakan ini sampai aku tenang dan ngomong ke Tuhan. Aku mau belajar percaya, saat aku angkat tangan, Tuhan turun tangan. Tidak ada sesuatu pun yang terjadi tanpa seizinNya. Kekuatiranku tidak menambah apapun. Tidak ada yang dapat menggagalkan apa yang sudah ditetapkan Tuhan. Bagianku hanya berdoa, menanti jawabanNya dan percaya. Hati raja seperti batang air di tanganNya dialirkan kemana saja Dia suka. Aku gak punya kuasa tapi Tuhan berkuasa. Dia akan melakukan yang terbaik menurut kasih karuniaNya. Kepada Tuhan hatiku percaya dan aku akan beria-ria karena perlindunganNya. 

Prayer :
Tuhan, Engkau tahu isi hatiku yang terdalam. Engkau tahu yang aku rasakan, kekecewaanku, kemarahanku. Tolong aku supaya mengambil keputusan yang benar dan bijak mengambil keputusan. Jangan biarkan egoku yang berbicara. Aku percaya kuasaMu nyata. Aku percaya segala perkara dapat kutanggung di dalam Engkau yang memberikanku kekuatan. Jadilah kehendakMu saja. Amin.

Palangka Raya, 8 Mei 2021
-Mega Menulis-

Friday, May 7, 2021

Saat Anak-Anak Merengek Minta Sesuatu

Tiap jalan liat balon ginian, Sara dan Sofia ngeliatin,pengen gitu. Aku dan suami gak mau belikan karena ngerasa mereka gak butuh. Mereka gak pernah minta jadinya. Suatu hari iseng ngeliat di market place dan pengen kasih surprise ke mereka. Pas pulak ada subsidi ongkir 🤭 Yo wes, beli deh. Mereka senang tapi ya cuma bentar. Wong aslinya anak cuma pengen tiap lihat, euforia senangnya bentar doang. 
Kami baru sadari kalau kami harus bersyukur karena Sara dan Sofia bukan anak yang ngamukan kalau pengen sesuatu dan gak dikasih. Dah tahu kali, gak guna nangis-nangis sama mak bapaknya kalau pengen sesuatu. Percuma. Gak bakal dikasih. Kalau minta sesuatu kami ajari caranya harus ngomong baik-baik, sopan, gak pake teriak, merengek atau menangis. Itu pun belum tentu dikasih. Kalau ngomong baik itu tujuannya bukan supaya dapat yang dia mau, tapi supaya papa mama bisa dengar dengan jelas apa yang diomongin, kalau pakai nangis itu baby. Baby belum bisa ngomong jelas makanya pakai nangis. Kami ajari seperti itu.

Anak-anak pernah menangis minta dibelikan sesuatu? Pernah sih, tapi sudah lama banget. Aku sampai gak ingat kapan saking lamanya. Sofia waktu itu menangis di Indomaret. Ya sudah, kami biarkan saja menangis. Sampai dilihatin orang-orang. Malu? Malu sih wong harga yang diminta gak seberapa. Tapi ini kan bukan tentang uangnya. Kami takut ini menjadi kebiasaan, pengen apa nangis sampai dituruti, alamak. Setelah capek juga berhenti nangisnya kok dia, masa anak gak ada capeknya nangis, kan gak mungkin. Setelah tenang baru kami jelaskan kenapa kami gak membelikan. Mengertikah dia saat itu? Entahlah, yang jelas setelahnya kejadian tersebut tidak pernah berulang. Lagipula mungkin karena Sara gak pernah merengek seperti itu, Sofia pun gak pernah melakukannya lagi. 

Makanya gak ada tuh acara nangis gerung-gerung minta Kinder Joy di Alfamart atau Indomaret seperti yang dikeluhkan emak-emak se-Indonesia. Gimana mau minta, wong gak pernah kami belikan Kinder Joy. Paling kalau ke Indomaret dan Alfamart, mereka pegang mainan yang ada permennya itu lo. Pegang doang selama kami belanja, pas mau pulang dibalikin lagi. Yang lucu lagi, saat kami ke Indomaret dan Sofia pegang sebuah barang, Sara bilang : Jangan dek, itu gak diskon. Memang aku pernah bilang ke Sara kalau label harga di rak gak berwarna merah berarti gak sedang diskon. Eh, rupanya Sara ingat. Di lain waktu,kami melewati tempat penjual kue, Sara bilang: Kue kita masih ada di rumah Mah. Aku tahu, sebenarnya dia ingin beli kue (dia suka banget kue), tapi kebiasaan kami saat kami mau beli sesuatu, kalau masih ada stok di rumah  pasti aku bilang, begitu juga papanya. Suamiku gak suka menyetok barang terlalu banyak di rumah. Eh, rupanya ini pun diingat Sara. Papa mama gak akan beli barang kalau masih ada stok di rumah.
 

Bersyukur value-value ini sepertinya sudah mulai tertanam di mereka. Kalau secara akademik, sepertinya belum ada progress yang gimana-gimana karena mereka banyak bermain (namanya juga masih usia dini) tapi kami sekarang mensyukuri anak-anak yang juarang banget nangisan saat ingin sesuatu. Saat menginginkan sesuatu pun mereka sudah tahu kalau gak perlu beli kalau masih ada. What a blessed. Kami jadi semakin bersemangat untuk fokus menanamkan value ke anak-anak semasa mereka dalam usia dini. Pendidikan akademik bisa dikejar, tapi pendidikan karakter di usia dini lebih penting.Kami belajar fokus pada kemajuan karakter anak saat ini. Kami bersyukur untuk hal-hal kecil, kemajuan kecil, 1% setiap hari saja pun akan berarti. 

Catatan dari Mas Aar : Ini meneguhkan bahwa dalam proses keseharian, anak melihat dan mengamati orang tuanya, kemudian menirunya. Penting untuk terus meningkatkan kualitas diri dan keluarga sebagai model sikap dan perilaku untuk anak-anak.


Palangka Raya, 7 Mei 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 18, Amsal 19

Kisah Para Rasul 18

Scripture
Kisah Para Rasul 18:25-26 (TB)  Ia telah menerima pengajaran dalam Jalan Tuhan. Dengan bersemangat ia berbicara dan dengan teliti ia mengajar tentang Yesus, tetapi ia hanya mengetahui baptisan Yohanes.
Ia mulai mengajar dengan berani di rumah ibadat. Tetapi setelah Priskila dan Akwila mendengarnya, mereka membawa dia ke rumah mereka dan dengan teliti menjelaskan kepadanya Jalan Allah.

Observation
Keberanian memberitakan Injil saja tidak cukup, di samping itu kita perlu memiliki pengetahuan yang benar. Kenapa? Supaya pemberitaan yang disampaikan tidak membuat orang lain tersesat. 

Aplication 
Segala sesuatu yang akan disampaikan ke orang lain harus diuji, apakah sesuai dengan firman Tuhan atau nggak. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya bertekun belajar firman Tuhan,supaya saat menyampaikan ke orang lain, yang mendengar tidak tersesat melainkan beroleh kasih karunia. Amin.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:2 (TB)  Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah. 

Observation
Kalau di bacaan Kisah Para Rasul 18 aku belajar kalau keberanian memberitakan Injil harus disertai pengetahuan yang benar. Pada ayat ini aku juga diingatkan lagi pentingnya pengetahuan, bahkan dikatakan pengetahuan tanpa kerajinan tidak baik. Betapa pentingnya pengetahuan, sampai-sampai kerajinan dan keberanian pun membutuhkan pengetahuan.

Aplication
Sslalu miliki pengetahuan sebelum bertindak, pahami situasi dengan benar.

Prayer
Tuhan jangan biarkan aku bertindak tanpa memahami situasi dan memiliki pengetahuan yang benar. Tolong aku saat aku lupa ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
6 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi dan beli kue, anak-anak senang banget, maklum biasanya mamanya tolak dengan alasan masih ada kue di rumah, hahaha.
2. Bersyukur sudah banyak yang mendaftar untuk menjadi enumerator survei. 
3. Bersyukur mengikuti kulzoom coaching lanjutan. Bersyukur dapat banyak golden moment. 
4. Bersyukur bisa jalan ke rumah Omku, mamah dan minaku. Rencana awal cuma mau mampir bentar mengantar bumbu pecel eh malah makan dan ngobrol di rumah Om. 
5. Bersyukur adekku beli brownies yang lagi viral buat kami. Bersyukurnya karena aslinya tempat belinya jauh, hampir 40 km dari kota. 
6. Bersyukur paket balon dan buku yang kami pesan sudah datang. 
7. Bersyukur dapat rekomendasi buku yang bagus hasil dengar podcast. 
8. Bersyukur menyelesaikan satu kursus online lagi di Unparplus.id dan ternyata aku sudah mengikuti semua kursus yang gratis di situ, hahahaha. 
9. Bersyukur suami bilang sekarang kami jarang jajan karena aku lebih banyak masak sendiri apa yang biasanya kami beli.

Palangka Raya, 6 Mei 2021
-Mega Menulis-

Thursday, May 6, 2021

2 Tesalonika 3, Amsal 19

2 Tesalonika 3

Scripture
2 Tesalonika 3:8-9 (TB)  dan tidak makan roti orang dengan percuma, tetapi kami berusaha dan berjerih payah siang malam, supaya jangan menjadi beban bagi siapa pun di antara kamu.
Bukan karena kami tidak berhak untuk itu, melainkan karena kami mau menjadikan diri kami teladan bagi kamu, supaya kamu ikuti.

Observation
Paulus tidak hanya memberitakan Injil tetapi dia juga bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dia tidak meminta haknya tetapi menjadikan dirinya teladan. Luar biasa. Dalam keadaan tertentu, mudah bagi kita untuk hanya menuntut hak-hak kita. Tapi Paulus memilih memberikan keteladanan.

Kemarin aku habis mengikuti pembinaan jabfung. Kesal sekali rasanya, kok ribet amat untuk mengumpulkan angka kredit saja, padahal di keseharianku aku mengerjakan banyak tugas tambahan yang lebih menyita waktuku. Kapan waktuku mengumpulkan angka kredit dan menerima hakku? Mengesalkan. Sekarang aku diingatkan untuk berpikir bagaimana aku dapat memberikan keteladanan bagi lingkunganku.

Aplication
- Tetap lakukan setiap pekerjaan dengan bersemangat dan sepenuh hati.
- Anggap saja aku sedang berjalan satu mil ekstra, berikan keteladanan seperti yang Paulus lakukan.

Prayer
Tuhan, tolong aku memberikan keteladanan melalui pekerjaanku dan gak hanya menuntut hakku. Amin.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:21 (TB)  Banyaklah rancangan di hati manusia, tetapi keputusan TUHANlah yang terlaksana. 

Observation
Aku ingin begini, aku ingin begitu
Ingin ini, ingin itu banyak sekali
Teringat lagu ost.Doraemon deh jadinya, betapa banyak keinginanku dan aku diingatkan bersyukur karena banyak yang gak terwujud. Keputusan Tuhan yang terlaksana dan sungguh rancanganNya lebih baik dari rancanganku. Aku bersyukur. Apa jadinya aku kalau yang kurancangkan jadi? Aku gak tahu apa yang menantiku, tapi Tuhan tahu.

Aplication
Bersyukur untuk setiap rancangan Tuhan yang terjadi.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur untuk setiap kebaikanMu, sungguh apa yang terjadi melebihi apa yang kuminta dan pikirkan. KebaikanMu sungguh melimpah atasku. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal
5 Mei 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi sambil belanja di Alfamart. Anak-anak senang karena pagi-pagi sudah ke Alfamart.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan kursus gratis di Unparplus.id lagi.
3. Bersyukur bisa memasak telur dadar dengan sayur yang enak banget siang ini, sekeluarga suka.
4. Bersyukur pagi-pagi bangun bisa quality time dengan suami.
5. Bersyukur malam bisa ajak Sara mengerjakan buku dengan worksheet yang aku beli setahun lalu. Sara fokus, satu buku diselesaikannya sekali duduk.
6. Bersyukur paket Indomie yang aku pesan sudah datang. Yummy.

Palangka Raya, 5 Mei 2021
-Mega Menulis-

Indomie Review (lagi)

Ish, judulnya nggak banget. Hahahaha. Ini gara-gara kemarin suami nyobain makan Indomie varian baru, jadi ikut nyicip deh. Lah konyolnya, udah selesai makan gak sempat foto, bungkusnya udah dibuang, eh baru pengen buat review, yo wes terpaksa pinjam gambar di market place.

Kami baru nyobain Indomie Rasa Cakalang khas Sulawesi Utara. Jadi Indomie varian ini banyak ditemui di daerah Sulawesi Utara
Pintar banget sih Indomie ini, tiap daerah dibuatkan rasa khas di daerah itu. Dipasarkannya pun di daerah itu saja. Kalau mau dapat Indomie khas daerah itu, mesti nitip teman di situ, atau cari di market place kayak Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, dll. Kalau pas harbolnas atau promo ongkir, baru deh aku pesan. Hahaha.Terniat ya. Pecinta Indomie garis keras cuy. Btw, kemarin aku baru pesan ulang Indomie Rasa Empal Gentong khas Jawa Barat delapan pcs. Dulu nyoba pesan cuma dua ternyata enak.

Balik lagi ke Indomie Rasa Cakalang, ini gak dapat dari beli ya. Aku dikasih teman yang baru pulang dari Manado, jadi cuma sebiji tiap variannya. Tengkyu Gold, tapi mbok lain kali banyakin kek. PLAK! Hahaha. Gak tahu diri ya. Berhubung aku dikasih, jadi jangan tanya harganya ya 😬

Indomie rasa khas daerah tertentu ini kalau di daerahnya harganya standar aja. Tapi kalau berencana beli di market place, better cek dan ricek deh. Kadang harganya semena-mena, apalagi kalau itu toko khusus jual berbagai rasa khas daerah. 

Indomie Kuah Rasa Cakalang Khas Sulawesi Utara 
Aromanya ini kayak ada aroma ikan asap. Entah kenapa kalau aku sih kurang cocok ya rasanya, aneh gitu di lidahku. Jadi kayaknya aku gak bakal beli sendiri deh ini.

Yang goreng lebih enak lo daripada yang kuah, tetep ada aroma ikan asapnya. Tapi aku mau deh pesan kalau ini. Suamiku aja lahap banget makannya ini, padahal dia biasanya gak suka Indomie goreng. 

Kalau dua varian sebelumnya gak gampang ditemukan, nih aku kasi review yang gampang ditemuin Indomienya. Di Alfamart dan Indomaret juga ada kok. Yang premium ini lebih mahal dari Indomie goreng yang biasa. Aku pun bingung premiumnya di mana, karena menurut rasanya sih so.. so  aja. Tapi kalau dikasih gretongan sih aku suka aja. Dasar ya. Hahahaha.

Selamat hunting Indomie!

Palangka Raya, 6 Mei 2021
-Mega Menulis-

Wednesday, May 5, 2021

2 Tesalonika 2, Amsal 19

2 Tesalonika 2

Scripture
2 Tesalonika 2:15 (TB)  Sebab itu, berdirilah teguh dan berpeganglah pada ajaran-ajaran yang kamu terima dari kami, baik secara lisan, maupun secara tertulis.

Observation
Pandemi Covid-19 dan vaksin memunculkan lagi pengajaran-pengajaran tentang akhir zaman. Bukan hanya itu saja, ada saja yang menyatakan kalau di dalam vaksin terdapat chip. Melihat beberapa postingan yang dishare membuat geleng-geleng kepala, sesat.

Aku bersyukur punya Alkitab yang dibaca, jadi gak percaya begitu saja share orang-orang. Diingatkan lagi untuk bertekun dalam pengajaran dan pemahaman Alkitab. Sudah lama aku gak PA.

Aplication
Aku mau cari bahan PA dan menyediakan waktu untuk PA pribadi.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya tidak gampang disesatkan oleh pengajaran yang gak benar. Berikan aku pengertian saat bertemu pengajaran yang baru. Ingatkan aku kembali kepada firman Tuhan. Amin.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:14 (TB)  Rumah dan harta adalah warisan nenek moyang, tetapi isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN. 

Observation
Isteri yang berakal budi adalah karunia TUHAN. Sudahkah aku menjadi anugerah bagi suamiku? Atau jangan-jangan bagi suamiku aku adalah musibah? Hiiii.... Ngerilah kalau jadi musibah.

Aplication
Banyak ngobrol dengan suami supaya tahu bagaimana caranya menjadi berkat bagi suami, tahu apa yang menjadi kebutuhan suami sebenarnya. 

Prayer
Tuhan, aku mau sungguh-sungguh menjadi karunia bagi suami. Tolong aku supaya mematikan keegoisanku. Amin.
Gratitude Journal
4 Mei 2021

1. Bersyukur pagi bisa ngobrol dan melipat pakaian bareng suami, kami gak jalan pagi karena hujan.
2. Bersyukur sebelum aku berangkat kantor, hujan berhenti.
3. Bersyukur bisa menyelesaikan pengisian aplikasi Emonev Bappenas.
4. Bersyukur bisa menyelesaikan tindak lanjut audit dan mengirimkan kebutuhan pengembangan kompetensi pegawai.
5. Bersyukur bocah-bocah suka ayam goreng tepung yang kubuat.
6. Bersyukur bisa main ke tempat Omku dan ngobrol bareng mereka.
7. Bersyukur hari ini anak-anak gak ada rewel dan mainnya asyik.

Palangka Raya, 4 Mei 2021
-Mega Menulis-

Monday, May 3, 2021

2 Tesalonika 1, Amsal 19

2 Tesalonika 1

Scripture
2 Tesalonika 1:3 (TB)  Kami wajib selalu mengucap syukur kepada Allah karena kamu, saudara-saudara. Dan memang patutlah demikian, karena imanmu makin bertambah dan kasihmu seorang akan yang lain makin kuat di antara kamu,

2 Tesalonika 1:3 (FAYH)  Saudara sekalian yang saya kasihi, kami patut mengucap syukur kepada Allah karena Saudara—bahkan kami wajib berbuat demikian, karena iman Saudara tumbuh dengan sangat mengherankan, dan kasih Saudara seorang kepada yang lain makin besar.

Observation 
Patut dan wajib, dua terjemahan menggunakan kata yang berbeda maknanya. Awalnya aku bingung kok bisa mengucap syukur menjadi satu kewajiban? Seperti dipaksakan.Penggunaan kata patut terasa lebih halus. Tapi dipikir-pikir maknanya mirip. 

wa·jib v 1 harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan (ditinggalkan): seorang muslim -- salat lima kali dalam sehari semalam; 2 sudah semestinya; harus: kalau kita ingin berhasil dalam usaha, kita -- berikhtiar;

pa·tut a 1 baik; layak; pantas; senonoh: perbuatan baik itu -- dipuji; tidak -- seorang anak melawan orang tua; diperlakukan dengan --; 2 sesuai benar (dengan); sepadan (dengan); seimbang (dengan): rumahnya kurang -- dengan jabatannya yang tinggi itu; 3 masuk akal; wajar: pada hemat saya tuntutan mereka itu tidak boleh dikatakan tidak --; 4 sudah seharusnya (sepantasnya, selayaknya): orang yang berjasa kepada negara -- diberi penghargaan; penjahat itu -- dihukum seumur hidup; 5 tentu saja; sebenarnya: -- ia tidak sanggup membayar utang karena uangnya sudah habis;

Berarti mengucap syukur itu:
1.harus dilakukan; tidak boleh tidak dilaksanakan
Mengucap syukur beberapa kali dikatakan di dalam firman Tuhan. Sayangnya aku melewatkannya karena berpikir, emang kenapa kalau gak mengucap syukur. Toh gak dosa kan? Balik lagi ke definisi dosa apa kan ya. Tapi kalau aku menyadari dan ingat ini perintah Tuhan, apakah aku akan melewatkannya?

2.sudah seharusnya (sepantasnya, selayaknya)
Kenapa sudah seharusnya? Karena segala sesuatu yang baik yang terjadi di hidupku adalah karua Tuhan semata. Bukan hasil pekerjaanku. Ini berarti memang aku harus bersyukur kepada Dia yang membuatnya terjadi. 

Aplication 
Aku mau bersyukur setiap waktu, biar hidupku dipenuhi ucapan syukur kepada Tuhan. 

Prayer 
Tuhan aku mau bersyukur kepadaMu setiap waktu. Amin.

Amsal 19

Scripture 
Amsal 19:18 (FAYH)  Didiklah anakmu sejak masa kecilnya sementara ada harapan. Kalau tidak, engkau akan merusak hidupnya.

Amsal 19:18 (TB)  Hajarlah anakmu selama ada harapan, tetapi jangan engkau menginginkan kematiannya. 

Observation
Terkadang untuk beberapa hal aku ada pemikiran, "Ah, nanti anak mengerti saja kok hal ini.Gak perlu lah diajarkan hal ini. Bisa aja lah sendiri nanti". Ayat ini mengingatkanku supaya gak malas mendidik atau melatih anak mengerjakan sesuatu. 

Seringkali capeknya karena waktu melatih anak melakukan sesuatu malahan jadi ekstra capeknya karena harus memperbaiki pekerjaan anak yang belum sempurna. Ibaratnya mengerjakan sendiri aja sudah capek, lah ini ditambah mengajari anak (berulang kali) dan menyempurnakan pekerjaan mereka. Ngebayangin aja dah capek. Tapi memang begitu lah, perlu proses, gak mungkin langsung sempurna, namanya anak bari belajar dan belum terlatih. Aku sebagai mama juga perlu mendidik diri sendiri untuk sabar dan gak hanya ingin hasil instant. Raising children is raising ourselves. Kalau saat ini aku gak mau bekerja keras mendisiplin anak-anakku, di masa depan hari-hariku akan dipenuhi dengan penderitaan.

Aplication
Aku harus mula semangat lagi melatih anak-anak, terutama untuk chores di rumah. Expect less, stimulate more. Mulai buat daftar, chores apa yang mulai bisa aku latihkan ke mereka dan ajak mereka melakukannya. 

Prayer 
Tuhan berikan kesabaran ke aku dan suami untuk melatih anak-anak kami. Amin.
Gratitude Journal
3 Mei 2021

1. Bersyukur hari ini tahu nama bunga liar di jalan. Lucu juga, baru tahu sekarang namanya. Bersyukur bisa petik murbei lagi.
2. Bersyukur bisa menyelesaikan input aplikasi monevgar.
3. Bersyukur hari ini THR cair dan dapat blessing dari sepupuku. 
4. Bersyukur hari ini nyobain tempat makan baru yang lumayan. 
5. Bersyukur dapat e-book yang aku pengen dari adekku. 
6. Bersyukur urusan KGB lancar.

Palangka Raya, 3 Mei 2021
-Mega Menulis-

Bunga di Tepi Jalan : Wedelia

Suatu kali kutemukan
Bunga di tepi jalan
Siapa yang menanamnya
Tak seorang pun mengira

Suara Duta Sheila On 7 yang terngiang setiap kali aku melihat 'bunga di tepi jalan' ini. Belakangan, baru tahu kalau lagu ini aslinya yang nyanyi Koes Plus. Kemana aja kamu Meg? 😁
Sejak kecil melihat bunga ini di mana-mana tapi tidak pernah penasaran ini bunga namanya apa. Ada yang tahu? Pas punya aplikasi Google Lens, setiap melihat tanaman yang aku gak tahu namanya, jadi gatal ngecek. Setiap melihat tanaman yang kukenal, aku cek lagi juga dong, memastikan, bener gak hasil telusuran Google. Eh, dia bisa salah lo ternyata. Gak semua yang ditampilkan benar. Aku harus ingat nanti saat mengajari Sara dan Sofia memakai Google Lens untuk gak menelan mentah-mentah hasilnya. Harus cek dan ricek lagi, apakah sudah sesuai gak gambar yang kita ambil dengan hasil selusuran. Terus fokus pengambilan foto waktu pakai aplikasi Google Lens juga perlu diperhatikan, kalau hanya fokus pada bunga saja, bisa jadi hasilnya gak pas karena daun hasil telusuran beda. Ribet ya? Mending lah ya, dari pada blank. Harus jeli melihat semua bagian, ya bunganya, daun, batang, dll. Mana yang paling mendekati, bisa jadi itu.
Khusus bunga ini. Segera saja keluar hasilnya di Google Lens, tanpa keraguan deh sama hasilnya. Bunga dan daunnya sama persis. Wedelia ternyata namanya. Setelah 36 tahun dong baru tahu, nasibnya gak jauh sama dari si Ceplukan kapan hari, buahaha. Tapi ini lebih parah sih, sering lihat, tapi baru hari ini tahu namanya. Ada yang separah aku? Btw, ini daunnya katanya bermanfaat. Ntarlah kapan-kapan aku coba seduh 🤭
Sebenarnya kalau lihat di Wikipedia dibilang tanaman ini itu berkhasiat apa gitu, timbul pertanyaanku : emang udah pernah nyoba nih, terus berapa nih takarannya. Hahaha. Gatal sih pengen nyobain jadinya pas awal lihat di Wikipedia. Tapi gimana tahu, bener bermanfaat ya. Bisa aja kan karena sugesti? Atau efeknya beda ke di orang lain. Nah lo. Pantas aja kan untuk bikin obat atau suatu obat diklaim bermanfaat harus melalui penelitian dan uji coba tahunan gitu? Gak bisa ngasal. Taruhan nyawa cuy. Eh, ini bisa jadi buat bahan ngajarin bocah ya someday : proses herbal atau obat dinyatakan berkhasiat bagaimana. Halah, jauh amat ya aku mikir. 

Dan terbayangkan luar biasanya Tuhan menciptakan berbagai makhluk dengan manfaatnya masing-masing. Bahkan rumput dan bunga yang diinjak-injak pun bisa jadi bermanfaat. How great is our God. Btw, entah kenapa jadi ingat juga tabib zaman dulu (Jang Geum, akakakak) di film Korea atau film silat Mandarin. , itu dapat ilmunya dari mana ya tahu tanaman mana yang beracun atau bisa dijadikan obat. Sampai sekarang kan terkenal banget tuh pengobatan tradisional. 

#outdoractivity #naturewalk #naturestudy #jalankaki

Palangka Raya, 3 Mei 2021
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 5, Amsal 19

1 Tesalonika 5

Scripture
1 Tesalonika 5:16 (TB)  Bersukacitalah senantiasa. 

Observation
Bagaimana bisa seseorang bersukacita senantiasa? Biasanya pasti ada aja kan keadaan yang membuat kita sedih? Tapi kalau Paulu meminta jemaat di Tesalonika selalu bersukacita, berarti hal ini bisa kan sebenarnya dilakukan? Artinya, keadaan yang menyedihkan ada tapi sukacita seseorang bisa saja gak tergantung keadaan. Allah sumber sukacita. Dia yang memampukan seseorang tetap bersukacita dalam segala keadaan. Bahkan di dalam kedukaan, kita dapat merasakan kebaikanNya dan bersyukur, sungguh Dia lah sumber sukacita yang sejati.

Aplication
Aku mau bersukacita dalam segala keadaan. Bagaimana melakukannya? Berdoa dan merasakan pribadiNya yang menghiburku, meminta Tuhan menunjukkan kebaikan apa yang terjadi saat ini.

Prayer
Tuhan, Engkaulah sumber sukacitaku. Hanya Engkau yang membuatku dapat bersukacita senantiasa. Amin.

Amsal 19

Scripture
Amsal 19:22 (TB)  Sifat yang diinginkan pada seseorang ialah kesetiaannya; lebih baik orang miskin dari pada seorang pembohong. 

Observation
Hari ini ada teman fb share tentang dibohongi keluarganya yang miskin. Keluarganya berbohong supaya ditolong ekonominya. Aku jadi teringat kalau ada keluarga dan kenalanku yang seperti ini hingga membuat kami jera menolong. Apakah kemiskinan membenarkan kebohongannya? Tentu tidak. Kebohongan adalah kebohongan. 

Aku diingatkan untuk terus jujur dan mengajarkan ini ke anak-anakku. Pembohong gak ada obatnya, satu kebohongan akan diikuti kebohongan lain. Gimana gak jadi habit kan?

Aplication
Reminder! Jangan sekali-kali bohong Meg!

Prayer
Tuhan mampukan aku hidup jujur selalu dan biarkan anak-anak bertumbuh menjadi pribadi yang jujur. Amin.
Gratitude Journal
2 Mei 2021

1. Bersyukur di rumah Mama dapat blessing makanan karena ada keluarga yang ultah dan ada yang datang dari kampung.
2. Bersyukur bisa jalan lagi ke Hypermart.
3. Bersyukur bisa berkumpul bersama keluarga dan cerita banyak hal.
4. Bersyukur dapat e-book dari adekku.
5. Bersyukur pulang ke rumah masih ada energi untuk melipat pakaian.

Palangka Raya, 2 Mei 2021
-Mega Menulis-

Sunday, May 2, 2021

Protektifnya Sara:Sayang Adek

Kami sudah tahu kalau Sara sangat protektif pada adiknya sejak dulu. Pernah ada kejadian, kami baru keluar dari pagar rumah dan tiba-tiba ada sebuah motor mau melintas di depan rumah, spontan Sara menarik Sofia yang saat itu posisinya di dekat jalan, memeluknya dan menangis sambil berkata, "Jangan dekkkk, jangan....!!!" Sofia ikut menangis, mungkin karena kaget dan kakaknya memeluk cukup erat. Aku dan suamiku juga kaget karena sebenarnya posisi motor masih belum terlalu dekat. Setelah mereka tenang, kami tanyakan kenapa Sara begitu. Ternyata karena ada motor dan dia takut adiknya ditabrak. Memang sebelumnya, kami pernah bilang ke dia untuk membantu menjaga adeknya, hati-hati kalau ada kendaraan karena kalau ditabrak nanti sakit. Gak disangka dia mengingatnya dan bereaksi begitu. Lalu kami ajari, jangan seperti itu caranya mengajak dedek ke pinggir. Lebih pelan dan tidak usah seheboh itu. 
Hari ini ada kejadian yang mirip, papanya gak ikut jalan pagi karena kurang sehat,kami hanya jalan bertiga. Dalam perjalanan pulang, saat mendekati kompleks rumah, aku jalan duluan, Sara dan Sofia bergandengan tangan berdua. Pikirku, aman lah di kompleks. Jalanan sepi dan yang berkendaraan pun gak akan ngebut, lingkungan perumahan gitu loh. Dari belakang Sara dan Sofia ada sebuah motor, Sara yang berada di sebelah kiri jalan rupanya sadar itu, dia berhenti berjalan dan menarik adiknya pelan ke pinggir. Setelah motor lewat, baru mereka berjalan. Wow, Sara masih seprotektif dulu, tapi dia lebih tenang dan gak membuat adiknya terkejut. So sweet. Aku terharu, Sara semakin dewasa. 
Setelahnya, aku memuji dia dan memberitahu posisi yang benar. Kalau jalan dan dia menggandeng adeknya, dia seharusnya di sebelah kanan adeknya. Mereka bertukar posisi lalu berjalan lagi sambil bergandengan tangan. Ah, bahagianya. Ini salah satu kebahagiaan orang tua, melihat anak-anaknya rukun dan saling melindungi. Pagiku indah,terima kasih Tuhan. 

#jalankaki #outdoractivity #naturewalk #sibueafamily #sibling
Palangka Raya, 30 April 2021
-Mega Menulis-

1 Tesalonika 4

1 Tesalonika 4

Scripture
1 Tesalonika 4:18 (TB)  Karena itu hiburkanlah seorang akan yang lain dengan perkataan-perkataan ini. 

Observation
Menghibur orang lain dengan perkataan 'ini'. Perkataan apa? Firman Tuhan. Berita baik. Dan yang lebih penting, punya hati yang sungguh berempati terhadap mereka yang menderita.

Aplication 
Aku mau berempati dan berdoa terlebih dahulu sebelum menghibur orang lain. Biar jangan kata-kataku yang keluar tapi firman Tuhan. 

Prayer
Tuhan, pakailah aku menghibur mereka yang butuh dihibur. Biarlah perkataan Kristus yang diam di dalamku, bukan dari hikmatku sendiri. Amin.
Gratitude Journal
1 Mei 2021

1. Bersyukur ada mie goreng dari acara buka bersama semalam, jadi pagi ini tinggal manasin.
2. Bersyukur jalan pagi dan ketemu buah Ceplukan, enak. Kami sekeluarga senang.
3. Bersyukur bisa jalan pagi dan sarapan di Taman Makam Pahlawan.
4. Bersyukur hari ini sempat mencuci.
5. Bersyukur bisa menginap di tempat mamaku.
6. Bersyukur sore bisa jalan bareng dan quality time sama adekku. 
7. Bersyukur malam bisa jalan ke Hypermart sekeluarga. 
8. Bersyukur malam ada sepupuku ke rumah dan bawa brownies buatannya, banyak cerita bareng juga.

Palangka Raya, 1 Mei 2021
-Mega Menulis-

Saturday, May 1, 2021

Rambusa/ Ceplukan

"Wah, ini sering aku makan dulu waktu kecil", ucap suamiku sambil memetik buah kecil berwarna kuning tua.
"Lah, emang bisa dimakan?", kataku. "Bisa dong. Malahan enak banget, kayak markisa", ujarnya sambil memetik beberapa lagi.
Dalam hati aku ragu, wong tanamannya seperti tanaman liar gitu kok, ntar jangan-jangan beracun. Saat dia membuka buah itu, aku cek pakai Google Lens, eh bener. Dikenal sebagai Ceplukan, buah ini aslinya bernama Rambusa. Mungkin karena mirip rambutan ya, akakakak, buahnya tertutup kelopak bunga berambut gitu. 
Suamiku mulai memakannya dan memberikan ke Sara dan Sofia. Aslinya aku takut mencoba, tapi melihat Sara makan dengan enaknya, aku ikut mencoba juga. Eh iya, enak, manis. Sayang buahnya kecil banget, lagi pula yang masak dan siap makan hanya sedikit.
Hasil ngecek Google Lens dan diarahkan ke Wikipedia, dapat informasi ini:
Rambusa, markisa mini atau ermot adalah nama sejenis buah kecil, yang ketika masak tertutup oleh perbesaran kelopak bunga. Buah ini juga dikenal dengan berbagai nama daerah seperti ceplukan blungsun, senthiet, permot, rajutan, kaceprek atau ki leuleu’eur, dan timun dendang atau timun padang.
Nama ilmiah: Passiflora foetida
Klasifikasi lebih tinggi: Passiflora
Famili: Passifloraceae
Spesies: Passiflora foetida; Linnaeus, 1753
Tingkatan takson: Spesies
Ordo: Malpighiales
Pantas dia disebut Markisa mini, dalamnya mirip banget. Emang beneran mungil ni buah. Sementara aku mengaku ke suami baru pertama kali makan ini di umurku yang sudah 36 ini,suami mulai bernostalgia dan menyombongkan masa kecilnya yang katanya sering banget makan ini 😅
Unik banget sih Rambusa ini, buahnya yang masih muda tertutup kelopak bunga gitu. Untunglah kami tidak mencoba yang belum masak, menurut Wikipedia beracun. Kata suami, waktu kecil pernah coba yang hijau dan gak ngefek apa-apa sih. Yang jelas yang masak enak banget, manis. Pas googling lagi, ternyata  Rambusa mengandung berbagai macam nutrisi yang bagus untuk untuk kesehatan, antara lain kalsium, vitamin C, flavonoid, potassium, zat besi, fitronutrien, dan lain sebagainya. Bahkan diklaim memiliki banyak manfaat seperti : mencegah anemia, membuat tulang sehat, memperkuat gigi dan memelihara gusi, mengontrol tekanan darah, dll. Keren ya, padahal tampangnya gak meyakinkan. Bener-bener seperti tanaman liar gitu. Aku aja takut awalnya untuk makan. Well, ternyata enak. Ada yang pernah coba buah ini?

#jalankaki #naturewalk #naturestudy #rambusa #ceplukan #markisamini
Palangka Raya, 1 Mei 2021
-Mega Menulis-

Update : Baru tahu kalau orang Dayak menyebutnya dengan buah Cemot. Padahal waktu kecil sering dengar, tapi gak pernah lihat. Maklum kerjaan main di rumah dan jarang main ke alam. Duh, anakku jangan kayak emaknya lah. Mager dan gak memperhatikan alam sekitar. Ckckckck. 

1 Korintus 5, Amsal 20

1 Korintus 5 Scripture 1 Korintus 5:12 (TB)  Sebab dengan wewenang apakah aku menghakimi mereka, yang berada di luar jemaat? Bukankah kamu h...