.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Thursday, May 27, 2021

2 Korintus 1, Amsal 22

2 Korintus 1

Scripture
2 Korintus 1:3-4 (TB)  Terpujilah Allah, Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yang penuh belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan,
yang menghibur kami dalam segala penderitaan kami, sehingga kami sanggup menghibur mereka, yang berada dalam bermacam-macam penderitaan dengan penghiburan yang kami terima sendiri dari Allah.

Observation
Akhir-akhir ini sering muncul istilah toxic positivity dan aku baru baca artikel yang menjelaskan dampaknya bagi orang lain. Duh, jadi merenung, jangan-jangan aku juga gitu, waktu orang lain butuh didengar, aku buru-buru menghibur tanpa sadar itu toxic positivity.

Ayat ini mengingatkanku kalau yang benar-benar dapat menghibur seseorang hanya Tuhan. Dialah satu-satunya sumber penghiburan. Kalau aku ingin menghibur seseorang yang berduka, aku perlu mengingat penghiburan dari Allah yang pernah kuterima dan meminta Allah sendiri yang menaruh kata-kata di mulutku.

Aplication
Aku perlu berdoa minta Tuhan yang menaruh perkataanNya saat aku ingin menghibur seseorang. Bahkan jika aku hanya perlu mendengar, aku mau belajar taat. Tuhan paling tahu apa yang dibutuhkan seseorang.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku mengandalkan pengalamanku atau bahkan diriku sendiri daat aku mau menghibur orang lain. Pakailah aku sebagai sarana kasih karuniaMu. Amin.

Amsal 22

Scripture
Amsal 22:24 (TB)  Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah,

Observation
Mengerikan sekali kalau seseorang setiap saat meledak-ledak dan selalu saja marah, toxic banget, gak baik buat kesehatan mental. Aku mengenal seseorang seperti itu dan memang jadi membatasi pergaulanku dengan dia. Masih berinteraksi tapi dengan batasan. Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik. Jangan sampai aku mengikuti orang tersebut nantinya.

Aplication
Kalau aku mengenali orang seperti ini, buat batasan. Jangan biarkan terseret kebiasaannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya bijak memilih pergaulanku. Terutama berhubungan dengan orang-orang yang toxic. Tolong aku supaya tetap bijak. Amin.
Gratitude Journal
24 Mei 2021

1. Bersyukur pagi ini bisa jalan bareng sekeluarga.
2. Bersyukur bisa sepakat dengan teman seperjalananku dinas.
3. Bersyukur bisa sharing dengan teman smaku.
4. Bersyukur bisa bangun subuh buat mencuci pakaian dan memasak.
5. Bersyukur bisa belanja keperluan rumah di Shopee.

Palangka Raya, 24 Mei 2021
-Mega Menulis-

No comments:

Roma 10, Amsal 25

Roma 10 Scripture Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.  Observation Apa yang aku dengar...