.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, June 16, 2021

Roma 10, Amsal 25

Roma 10

Scripture
Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus. 

Observation
Apa yang aku dengarkan setiap hari? Itu akan mempengaruhi imanku. Akhir-akhir ini aku sering dengar podcast macam-macam. Diingatkan untuk juga mendengarkan firman Tuhan supaya pikiran diisi firman Tuhan.

Aplication
Aku mau cari podcast khotbah untuk nemani kerja.

Prayer
Tuhan, tolong aku, kuatkan imanku melalui setiap firman yang kudengar. Amin.

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:12 (TB)  Teguran orang yang bijak adalah seperti cincin emas dan hiasan kencana untuk telinga yang mendengar.

Observation
Jangankan ditegur, ada orang yang diberi saran aja langsung baper. Aku gak mau seperti itu ah, aku mau punya hati lembut yang sedia ditegur dan berubah.

Aplication 
Lakukan saran orang lain dengan sukacita. Jangan negatif thinking.

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang lembut dan mau berubah. Tolonglah aku. Amin.
Gratitude Journal
15 Juni 2021 

1. Bersyukur kakiku yang luka lumayan baikan.
2. Bersyukur bisa mengedit video, padahal pertama kalinya.
3. Bersyukur bisa buat youtube channel dan perdana posting hari ini.
4. Bersyukur bisa bantu teman yang jualan donat.
5. Bersyukur ada surat untuk bimtek minggu depan.

Palangka Raya, 15 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 9, Amsal 25

Roma 9

Scripture
Roma 9:6 (TB)  Akan tetapi firman Allah tidak mungkin gagal. Sebab tidak semua orang yang berasal dari Israel adalah orang Israel

Observation
Firman Allah tidak mungkin gagal. Amin. Ada saat di mana aku meragukan janjiNya. Benarkah ini akan terwujud? Bagaimana kalau tidak terjadi? Firman Tuhan tidak akan gagal, aku tahu kepada siapa aku percaya. 

Prayer
Tuhsn, aku percaya firmanMu tidak ada yang tidak terjadi. Amin.

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:16 (TB)  Kalau engkau mendapat madu, makanlah secukupnya, jangan sampai engkau terlalu kenyang dengan itu, lalu memuntahkannya.

Observation
Duh. Relate banget. Malam ini aku kekenyangan sampai mau muntah rasanya. Aku sampai bilang ke suami kalau aku menyesal makan malam dan mengikuti hawa nafsu. Seharusnya aku bisa menahan diri.

Aplication
Lain kali jangan melanggar batasan untuk makan malam.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena gak bisa mengendalikan diriku. Tolonglah aku di lain waktu supaya bisa mengendalikan nafsu makanku. Amin.
Gratitude Journal
14 Juni 2021 

1. Bersyukur bisa belanja dan mask ayam saos yang enak banget.
2. Bersyukur bikin puding coklat dan bisa blessing temanku.
3. Bersyukur Sara dan Sofia dapat buku dan printable dari temanku.
4. Bersyukur malam bisa main ke rumah sepupuku.

Palangka Raya, 14 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 8, Amsal 25

Roma 8

Scripture
Roma 8:8 (TB)  Mereka yang hidup dalam daging, tidak mungkin berkenan kepada Allah. 

Observation
Mak jleb banget ayat ini. Kalau aku hidup dalam daging maka tidak mungkin berkenan kepada Allah. Bagaimana ciri orang yang hidup dalam daging?
1. Hanya memikirkan keinginan daging saja, bukan kehendak Tuhan. 
Mauku ini, mauku itu. Tidak berpikir maunya Tuhan apa. 
2. Tidak peduli pada kerajaan Allah dan kebenarannya.
Firman Tuhan dan doa bukan menjadi prioritas tapi sebagai aksesoris. 
3. Senantiasa hidup dalam dosa. Ya, kita semua bergumul dalam dosa. Tapi orang yang hidup di dalam daging memilih tetap tinggal di dalam dosa.

Aplication
Bagaimana supaya aku tidak hidup dalam daging?
1. Prioritaskan hubungan pribadi dengan Tuhan di atas segalanya
2. Cari dan lakukan kehendak Tuhan dibandingkan keinginan sendiri.
3. Ingat Meg, Kristus harus semakin besar dan kamu semakin kecil. Semakin kamu hidup dalam roh, kamu gak memikirkan kedagingan secara berlebihan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk hidup dalam roh setiap harinya. Amin.

Amsal 25

Scripture
Amsal 25:20 (TB)  Orang yang menyanyikan nyanyian untuk hati yang sedih adalah seperti orang yang menanggalkan baju di musim dingin, dan seperti cuka pada luka. 

Observation
Aku pernah membaca kalau motion change emotion. Tidak perlu memperdalam luka atau semakin menyakiti perasaan sendiri dengan melakukan hal yang memperdalam luka. Ya, ada waktu untuk bersedih. Ya kita bisa berduka. Tapi kita perlu bertindak dengan benar meresponi segala hal. Lakukan segala sesuatu secukupnya. 

Aplication
Saat sedih, aku memilih mau ambil waktu untuk berdoa dan berlari pada firman Tuhan. 

Prayer
Tuhan, perasaan mudah berubah, tapi firmanMu tetap. Ajar aku untuk segera berlari pada firmanMu apapun yang kurasakan. Amin.
Gratitude Journal
13 Juni 2021 

1. Bersyukur bisa ke tempat mama dan cek gula darah serumahan.
2. Bersyukur bisa sarapan bareng di tempat mama.
3. Bersyukur anak-anak senang main di tempat eyangnya.
4. Bersyukur bisa ikut webinar cara mengajar anak Matematika.

Palangka Raya, 13 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 7, Amsal 24

Roma 7

Scripture
Roma 7:19-20 (TB)  Sebab bukan apa yang aku kehendaki, yaitu yang baik, yang aku perbuat, melainkan apa yang tidak aku kehendaki, yaitu yang jahat, yang aku perbuat.
Jadi jika aku berbuat apa yang tidak aku kehendaki, maka bukan lagi aku yang memperbuatnya, tetapi dosa yang diam di dalam aku.

Observation
Bisakah aku berbuat dosa tanpa aku kehendaki? Bisa. Bagaimana mungkin? Karena sudah terbiasa. Hal-hal yang menjadi kebiasaan di hidup biasanya kita lakukan secara otomatis. Terbiasa ngomongin orang, julid liat kesuksesan orang, berkata kotor ke anak dan suami, buang waktu di sosmed, dll. Itu gak tiba-tiba saja dilakukan. Karena sering jadi biasa dan otomatis keluar. Seperti gak ada kendali lagi atas diri kita.

Bagaimana menghentikannya?
1. Evaluasi kegiatan sehari-hari, lihat mana yang dosa. Hal apa yang aku lakukan padahal gak aku kehendaki. Buat daftarnya.
2. Bandingkan keinginan dan realita. Misal, ingin sabar dan gak marah-marah sama anak, realitanya? Kalau lebih sering ngomel berarti gagal.
3. Buat gambaran ideal, apa yang sebenarnya ingin aku lakukan. Lalu susun perencanaan di area itu. Misal mau gak marah-marah sama anak dan ngomel, apa yang harus aku lakukan? Kalau mau ngomel, diam dulu, tahan diri, menjauh dari anak. Setelah tenang baru mendekat. Jadi kalau pun menasehati gak pakai urat leher. Susun prosedur kalau mau menasehati. Lakukan.
4. Kasih tahu ke orang lain (misal:suami) jadi mereka ikut mengevaluasi dan melihat progress kita. Bahkan bisa mengingatkan.
5. Lakukan berulang sampai menjadi kebiasaan baru.

Aplication
Aku sekarang sering kedistract dengan medsos sewaktu kerja di  kantor. Jadi yang akan aku lakukan:
- gak buka medsos di laptop waktu kerja
- uninstall medsos yang sering aku buka di HP sebelum kerja, pulangnya baru install lagi.

Prayer
Tuhan tolong aku untuk peka melihat dosa yang aku buat dan gak aku sadari selama ini. Lalau mulai menggantinya dengan kebiasaan yang baik. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:23 (TB)  Juga ini adalah amsal-amsal dari orang bijak. Memandang bulu dalam pengadilan tidaklah baik.

Observation
Susah sekali berlaku adil ke semua orang apalagi ke orang yang dekat dengan hati kita. Perlu hikmat dari Tuhan dalam memperlakukan seseorang supaya orang lain bisa merasakan kasih Tuhan melalui kehidupan kita.

Prayer
Tuhan, tolong aku memperlakukan semua orang dengan kasih dari Tuhan. Mampukan aku untuk adil ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
12 Juni 2021 

1. Bersyukur bisa bagi tugas dengan suami dan membersihkan rumah, suami ngepel dan aku mencuci.
2. Bersyukur bisa buat cornflakes celup coklat dan puding coklat hari ini.
3. Bersyukur siang makan di luar bareng bocah, mereka senang banget makan Ayam Kalasan favorit mereka. Sara sampai habis porsi dewasa.
4. Bersyukur Sara Sofia sekarang bisa main memanfaatkan apa saja di sekelilingnya, gak perlu dikasih HP.
5. Bersyukur bisa ngobrol by chat dengan seorang teman.

Palangka Raya, 12 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 6, Amsal 24

Roma 6

Scripture
Roma 6:13 (TB)  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 

Observation & Aplication 
Jadi teringat lagu anak Sekolah Minggu, yang syairnya hati-hati gunakan tanganmu, kakimu, dsbnya. Apakah semua anggota tubuhku sudah menjadi senjata kebenaran? Jangan-jangan malah digunakan sebagai senjata kelaliman. Perlu cek dan ricek nih setiap hari, apakah sudah menggunakan mulutku berbuat dosa atau nggak. Terus tanganku. Mataku. Cek semuanya dan bertobat kalau kedapatan melakukan dosa. Akui dosa sebagaimana adanya dosa di mata Allah dan aku gak boleh mengulanginya. 

Prayer 
Tuhan, pergunakanlah tubuhku sebagai senjata kebenaran saja
Jangan biarkan saat aku pakai untuk berbuat dosa. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:10 (TB)  Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu. 

Observation
Entah kenapa baca ayat ini malah ingat ayat lain yang aku lupa alamatnya:Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya.  Hari ini pas banget melihat postingan tentang Jane Marczewski di wall Fb Mbak Nana Padmosaputro:

Jane Marczewski usianya 30 tahun. Dia menderita kanker paru-paru, tulang belakang dan hati.Menurut dokter, harapan hidupnya 2 persen.Dan dia melangkah ke panggung America’s Got Talent, untuk menyanyikan lagu ciptaannya sendiri dengan suara yang luar biasa indah dan unik, dengan wajah yang sumringah oleh senyuman yang cerah.

Simon Cowel yang berlidah clurit itu cuma bisa berkata ‘Wow’ dengan ekspresi wajah kayak mau nangis ketika mendengar jenis penyakit Jane.

Howie Mendel juga ikutan heran, “Tapi senyummu, wajahmu yang cerah itu....”

Lalu Nightbirde, ini nama panggungnya Jane, merespon :

“Kita nggak bisa menunggu sampai hidup jadi cerah dulu, baru memutuskan untuk bahagia kan?”

Saat itulah, aku langsung kagum habissss padanya...! Gadis ini istimewa! Di usia semuda itu, dia sudah memahami intisari kehidupan : apapun masalahnya, nikmati saja. Bahagia saja. 

********

Kita semua ini akan mati. Entah sebentar lagi atau masih nanti. 

Jadi? Apa yang akan kita lakukan ketika kena kanker? Bangkrut? Diselingkuhi? Ditipu? Dikalahkan? Dikhianati? Dimanfaatkan? 

Ya ‘do something’ saja dengan bahagia... Ngelakoni dengan gembira kata Nightbirde.

Kalau belum bisa bahagia, ya wajar. Namanya juga sedang mengalami hal yang tak menyenangkan. Teruskan saja berusaha mencari ‘keseimbangan’ agar berhasil bahagia.
Gagal, ya nggak papa. Coba lagi.

Gagal lagi? Ya coba lagi.

———

Kalau mau dengar suaranya, di sini :

https://youtu.be/CZJvBfoHDk0

Aplication
Dalam segala keadaan, aku tidak  mau tawar hati dan akan melakukan segala yang bisa aku lakukan. Aku mau menjanjikan diriku sendiri hal itu.

Prayer
Tuhan, mampukan aku supaya selalu bersemangat apapun yang terjadi. Sukacita karena Tuhan yang menjadi perlindunganku. Amin.
Gratitude Journal
11 Juni 2021 

1. Bersyukur pagi sarapan rebusan sama teman-teman sekantor.
2. Bersyukur bisa jalan sama Fani dan nemani dia ambil cincinnya.
3. Bersyukur malam bisa antar Sara dan Sofia main ke tempat sepupunya.
4. Bersyukur sudah gak jengkel lagi sama suami. Sempat jengkel karena suatu hal, terus dipikir-pikir ngapain. Akhirnya bisa memaafkan.

Palangka Raya, 11 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 5, Amsal 24

Roma 5

Scripture
Roma 5:5 (TB)  Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita.

Observation
Aku pernah dinasehati supaya jangan terlalu berharap, nanti kecewa (kalau yang diharapkan tidak terjadi). Firman Tuhan malah berkata pengharapan tidak mengecewakan. Kok bisa beda? Beda dong, karena kita menaruh pengharapan di dalam Kristus. Mengapa pengharapan di dalam Kristus tidak mengecewakan?
1. Kita tahu bahwa Tuhan punya kuasa melakukan apapun yang kita mau, Dia sanggup. Jadi apapun yang kita inginkan jika seturut kehendakNya pasti terjadi.
2. Jika yang aku inginkan gak terjadi berarti Tuhan punya rencana yang lebih baik, jadi kenapa aku harus kecewa?

Aplication
Tetap taruh pengharapanmu di dalam Kristus Meg! Jangan lupa untuk menyelaraskan kehendakmu dengan kehendakNya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk berharap hanya kepadaMu. Aku percaya Tuhan memberikan yang terbaik menurut kasih karunia Tuhan. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:1 (TB)  Jangan iri kepada orang jahat, jangan ingin bergaul dengan mereka.

Observation&Aplication 
Siapa kawanku, dengan siapa aku bergaul akan menentukan siapa aku. Siapa sih yang mau bergaul dengan orang jahat? Kebanyakan pasti gak mau. Itu kalau orang benar terlihat jahat bisa dihindari, tapi bagaimana dengan orang yang gak nampak jahat tapi hidupnya membawa pengaruh buruk dalam hidup? Punya karakter buruk, kebiasaan yang gak baik, pemikiran yang sempit. Orang-orang yang kita jumpai bisa jadi seperti ini. Orang yang tidak bisa dihindari karena bisa jadi ini teman kantor, keluarga, dll. Berarti aku harus mengimbangi dengan 'bertemu' orang-orang yang aku tahu berkualitas. Bagaimana caranya?
1. Tidak ada orang yang 100% jahat dan tidak ada orang yang 100% baik. Minta Tuhan tunjukkan hal-hal positif dari orang lain dan aku perlu belajar itu dari mereka. 
2. Sediakan waktu bertemu orang yang berkualitas. Yang dari hidupnya aku bisa belajar sesuatu. Sediakan waktu bersama mereka. Chat. Ajak makan. Ajak ngobrol. Serap energi positif dan belajar dari mereka.
3.Baca buku biografi orang-orang yang aku kagumi dan belajar dari dia.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dalam bergaul tetap memuliakan Tuhan dan tetap bisa belajar hal baik dari mereka yang di sekelilingku. Amin.
Gratitude Journal
10 Juni 2021 

1. Bersyukur ada teman yang akan pensiun dan mengakhiri masa tugasnya dengan baik. 
2. Bersyukur bisa main ke rumah teman lama dan ngobrol cukup lama. 
3. Bersyukur bocah-bocah hampir habis makan 1 porsi nasi Padang, gak terasa mereka sudah besar. 
4. Bersyukur datang lagi paket 6.6 kami 😂

Palangka Raya, 10 Juni 2021
-Mega Menulis-

Thursday, June 10, 2021

Roma 4, Amsal 24

Roma 4

Scripture
Roma 4:19 (TB)  Imannya tidak menjadi lemah, walaupun ia mengetahui, bahwa tubuhnya sudah sangat lemah, karena usianya telah kira-kira seratus tahun, dan bahwa rahim Sara telah tertutup. 

Observation
Saat keadaan seperti Abraham, wajar saja iman menjadi lemah. Situasi seperti berlawanan dengan apa yang diimaninya. Seorang pria berusia 100 tahun dan wanita yang tertutup kandungannya, kombinasi yang mustahil sepertinya untuk mempunyai anak. Abraham gila kalau percaya masih akan mempunyai keturunan. Tapi Abraham percaya janji Allah. Titik. Dia tidak melihat keadaan dan berputus asa tapi dia memandang Tuhab dan percaya Alaah berkuasa melakukan yang Dia janjikan. Kuasa Allah di atas segala kemustahilan. Adakah yang tidak mungkin bagi Allah? Jangan membatasi Dia. 

Aplication 
Kemarin aku baru ngobrol dengan suami dan aku pesimis akan sebuah perkara. Suami bilang coba saja, tapi aku merasa gak mungkin, sepertinya keadaanku gak mendukung hal itu terwujud. Aku melupakan kalau Tuhan sanggup melakukan yang gak sanggup aku usahakan. Jika Dia berkenan, pasti terjadi. 

Prayer 
Tuhan, Engkau tahu perkara apa yang aku maksud. Betapa mustahil bagiku, tapi aku mau belajar percaya kalau tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:19 (TB)  Jangan menjadi marah karena orang yang berbuat jahat, jangan iri kepada orang fasik. 

Observation
Aku sedang iri kepada seseorang. Kok enak sekali hidupnya padahal dia melakukan  hal yang jahat menurutku. Baca ayat ini diingatkan akan orang itu. Aku gak perlu iri ke dia. Setiap orang akan menuai apa yang dia tanam. Tidak perlu aku marah atau iri.

Aplication
Stop marah dan iri Meg. Tinggalkan itu!

Prayer
Tuhan, lihat hatiku, tolong bebaskan aku dari perasaan iri dan marah. Berikanku hati seperti hatiMu Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
9 Juni 2021 

1. Bersyukur bisa berobat hari ini. 
2. Bersyukur dapat salep setelah keliling beberapa apotek. 
3. Bersyukur dapat pengganti enumerator yang tiba-tiba mengundurkan diri. 
4. Bersyukur bisa tidur agak lama siang ini. 
5. Bersyukur teman seruangan beli kripik singkong yang enak banget. 
6. Bersyukur bisa beli LM dari gaji 13.
7. Bersyukur bisa bayar tagihan KK dan kredit rumah di Kasongan.

Palangka Raya, 9 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 3, Amsal 24

Roma 3

Scripture
Roma 3:10 (TB)  seperti ada tertulis: "Tidak ada yang benar, seorang pun tidak.  

Observation
Menyadari bahwa tidak ada seorang pun yang benar, termasuk aku, seharusnya membuat aku lebih lunak terhadap orang lain dan tidak menghakimi mereka. Setiap orang bergumul dengan dosanya masing-masing. Tidak ada dosa besar dan dosa kecil. 

Aplication
Tidak perlu berurusan dengan dosa orang lain atau membicarakannya dengan orang lain. Bicarakan dengan Tuhan alias doakan. Baru tegur dengan kasih.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mendoakan dan bukan menggunjingkan orang yang berbuat dosa. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:33-34 (TB)  "Tidur sebentar lagi, mengantuk sebentar lagi, melipat tangan sebentar lagi untuk tinggal berbaring," 
maka datanglah kemiskinan seperti seorang penyerbu, dan kekurangan seperti orang yang bersenjata. 

Observation
Akhir-akhir ini aku bangun lebih siang dari biasanya,padahal jam tidur seperti biasa. Perlu mendisiplin diri untuk bangun pagi lagi supaya bisa lebih produktif. 

Aplication 
Setel alarm untuk bangun jam 4.30.

Prayer 
Tuhan, tolonglah aku mendisiplin lagi diriku. Amin.
Gratitude Journal
8 Juni 2021 

1. Bersyukur pagi bisa ngobrol bareng suami. 
2. Bersyukur bisa blessing teman seruangan dengan kelengkeng. 
3. Bersyukur ada kejelasan honor survei. 
4. Bersyukur tim untuk survei lumayan solid. 
5. Bersyukur bisa ngobrol sama teman  SMA. 
6. Bersyukur paket belanja mulai berdatangan.

Palangka Raya, 8 Juni 2021
-Mega Menulis-

Roma 2, Amsal 24

Roma 2

Scripture
Roma 2:1 (TB)  Karena itu, hai manusia, siapa pun juga engkau, yang menghakimi orang lain, engkau sendiri tidak bebas dari salah. Sebab, dalam menghakimi orang lain, engkau menghakimi dirimu sendiri, karena engkau yang menghakimi orang lain, melakukan hal-hal yang sama.

Observation & Aplication 
Menghakimi orang lain ini hal yang sering kulakukan tanpa sadar. Di dalam pikiran berkata-kata buruk tentang yang dilakukan orang lain, padahal kalau diri sendiri yang melakukan, pasti ada saja pembelaan. Susah sekali untuk adil sejak dalam pikiran. Bagaimana supaya gak menghakimi orang lain?
1. Ingat Meg, yang berhak menghakimi cuma Tuhan. 
2. Sadari Meg, semua orang berbuat dosa, termasuk kamu. Dosa yang beda dari orang yang kamu hakimi tetap saja dosa.
3. Lebih baik mengasihi daripada menghakimi.

Aplication
Minta ampun sama Tuhan setiap menghakimi. Pandanglah dosa menghakimi sebagai dosa yang besar Meg! 

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang sering bertindak menjadi hakim atas sesamaku. Tolong aku supaya stop menghakimi dan mulai mengasihi. Jangan biarkan aku menjadi hakim atas sesamaku. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:6 (TB)  Karena hanya dengan perencanaan engkau dapat berperang, dan kemenangan tergantung pada penasihat yang banyak. 

Observation
Diingatkan untuk melakukan perencanaan dengan lebih baik. Saat ini aku punya beberapa target pribadi yang lumayan berat, pengumpulan angka kredit untuk kenaikan pangkat bukan hal yang mudah mengingat pekerjaan sehari-hariku banyak yang gak berhubungan dengan pengumpulan angka kredit. Artinya aku harus menyediakan waktu untuk membuat laporan lagi. Di rumah padahal aku mau fokus dengan keluarga. Harus atur strategi.

Aplication
- Buat target yang terukur
- Sediakan waktu untuk melakukan aktivitas yang diperlukan
- Evaluasi setiap akhir bulan dan buat perencanaan ulang kalau pelaksanaan yang lama gak berhasil.

Prayer
Tuhan, tolonglah aku  merencanakan dan mengelola dengan baik waktuku. Amin.
Gratitude Journal
7 Juni 2021

1. Bersyukur bisa beli kue untuk sarapan dan beli buat teman-teman seruangan. 
2. Bersyukur gaji 13 masuk rekening hari ini.
3. Bersyukur untuk honor survei mulai ada kejelasan.
4. Bersyukur malam bisa ambil obat suami ke dokter keluarga.
5. Bersyukur bisa ikut zoom trading forex, bisa dapat pengetahuan baru.
6. Bersyukur bisa tidur cepat.

Palangka Raya, 7 Juni 2021
-Mega Menulis-

Monday, June 7, 2021

Roma 1, Amsal 24

Roma 1

Scripture
Roma 1:24 (TB)  
Karena itu Allah menyerahkan mereka kepada keinginan hati mereka akan kecemaran, sehingga mereka saling mencemarkan tubuh mereka.

Observation
Saat Allah menegur dan aku mengabaikanNya lalu tetap berbuat dosa maka jangan heran kalau suatu hari tidak ada lagi teguran. Dosa telah menjadi hal yang biasa. Jika itu terjadi maka berarti Allah telah menyerahkan keinginan hatiku pada kecemaran.

Aplication
Aku gak boleh mengabaikan teguran tetapi harus berespon dengan benar supaya tubuhku gak terbiasa melakukan yang cemar.

Prayer
Tuhan, tolong aku berespon benar pada setiap teguran Tuhan dan tidak membiarkan diri tinggal tetap dalam dosa. Jangan serahkan aku pada keinginan hatiku yang menginginkan hanya yang cemar. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:26 (TB)  Siapa memberi jawaban yang tepat mengecup bibir. 

Observation & Aplication 
Ya aku tahu jawaban yang tepat bisa membuat yang mendengarnya bersukacita dan beroleh kasih karunia. Tapi terkadang aku lupa dan menjawab semaunya tanpa memikirkan akibatnya. Apa yang harus aku lakukan supaya bisa memberikan jawaban yang tepat?
1. Pahami dan kenali lawan bicara
2. Mendengar lebih banyak sebelum memberi jawab
3. Berusaha menempatkan diri di posisi lawan bicara
4. Bicara dengan lemah lembut, jangan gunakan nada tinggi

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya dapat memberikan jawaban yang tepat bagi orang yang berbicara denganku. Supaya sungguh yang mendengar beroleh kasih karunia. Amin.
Gratitude Journal
6 Juni 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga sekalian ke ATM.
2. Bersyukur bisa ke rumah Mamaku dan menginap di sana.
3. Bersyukur ketemu Omku sekeluarga di rumah Mama.
4. Bersyukur bisa beli barang keperluan rumah tangga dengan free ongkir di Shopee.
5. Bersyukur anak-anak menggambar di rumah eyangnya dan gak minya gadget.

Palangka Raya, 6 Juni 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 13, Amsal 23

2 Korintus 13

Scripture
2 Korintus 13:11 (TB)  Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah, usahakanlah dirimu supaya sempurna. Terimalah segala nasihatku! Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera; maka Allah, sumber kasih dan damai sejahtera akan menyertai kamu!

Observation & Aplication 
Sehati sepikirlah kamu, dan hiduplah dalam damai sejahtera. Ini harus banget aku terapakan di dalam keluargaku. Ada saatnya aku bertentangan pendapat dengan suami. Bagaimana bisa sehati sepikir? Aku perlu belajar mendengarkan semua pemikiran suami, berusaha berada di 'tempatnya' dan mencari win-win solution. Kalau aku gak sependapat dengan keputusan suami, aku perlu berdoa supaya kehendak Tuhan yang terjadi dan dalam segala sesuatu yang sudah diputuskan, Tuhan datangkan kebaikan. Gak perlu aku tarik urat leher. Usahakan damai sejahtera Meg!

Prayer
Tuhan, ajar aku untuk terus mengusahakan damai sejahtera di dalam keluarga dan membiarkan Tuhan saja yang berperkara,bukan egoku. Amin.

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:9 (TB)  Jangan berbicara di telinga orang bebal, sebab ia akan meremehkan kata-katamu yang bijak.

Observation
Kemarin baru mendengar cerita teman yang memberikan nasehat keuangan ke teman lain dan temannya mutung karena gak terima. Temannya tersinggung karena dia dianggap gak mampu. Aku cuma geleng-geleng. Seringkali orang mengambil keputusan dalam keuangan gak pakai data, tapi hanya mengikuti maunya. Dikasih masukan mutung. Alamak. Benar-benar bebal.

Aplication 
Aku bisa jadi orang bebal tersebut jika hanya mengikuti keinginanku sendiri tanpa memahami dan mengakui keadaanku sendiri. Dan aku diingatkan kalau berbicara keuangan dengan orang bebal itu pakai data.

Prayer
Tuhan tolong aku untuk berhikmat dan mau mendengarkan nasihat, aku gaj mau menjadi orang yang bebal. Tolong aku Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
5 Juni 2021

1. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga dan dapat tempat jualan kue yang enak dan murah di rute jalan kami yang baru.
2. Bersyukur hari ini gak perlu masak, manasin makanan yang ada di kulkas aja.
3. Bersyukur bisa tidur siang lama banget dan bocah juga tidur siang lama.
4. Bersyukur sore bisa main ke tempat Omku dan anak-anak senang ketemu tantenya.
5. Bersyukur ngobrol via wa sama teman smaku dam banyak ketawa mengenang masa sekolah.
6. Bersyukur hari ini bisa cuci pakaian.
7. Bersyukur bisa posting ayat hapalan.

Palangka Raya, 5 Juni 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 12

2 Korintus 12

Scripture
2 Korintus 12:9 (TB)  Tetapi jawab Tuhan kepadaku: "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." Sebab itu terlebih suka aku bermegah atas kelemahanku, supaya kuasa Kristus turun menaungi aku. 

Observation&Aplication 
Aku mau bermegah di dalam kelemahan karena kuasa Allah menjadi terlihat sempurna saat aku lemah. Bulan kemarin aku berserah kepada Tuhan dalam satu perkara karena aku tahu gak bisa mengandalkan diri sendiri. Bahkan kalau dengan kekuatanku sendiri, aku gak tahu apa yang akan terjadi. Aku dapat hikmat untuk menantikan Tuhan yang bertindak. Dan ya, memang aku merasakan kuasaNya yang sempurna. Yang terjadi memang gak persis sesuai keinginanku, tapi jauh lebih baik lagi. Aku bersyukur.

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat kebaikanMu dalam perkara yang aku hadapi. Sungguh benar, dalam kelemahanku, kuasa Tuhan sempurna. Terima kasih Tuhan. Amin.
Gratitude Journal 
4 Juni 2021

1. Bersyukur SKPku selesai.
2. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga walaupun telat bangun.
3. Bersyukur dapat banyak banget blessing makanan : kue basah, bubur kacang hijau, cake, nasi kuning sampai kelengkeng.
4. Bersyukur ada sepupuku main ke rumah dan bisa ngobrol lama.
5. Bersyukur bisa belanja ke Hypermart.

Palangka Raya, 4 Juni 2021
-Mega Menulis-

Amsal 23

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:24 (TB)  Ayah seorang yang benar akan bersorak-sorak; yang memperanakkan orang-orang yang bijak akan bersukacita karena dia. 

Observation
Pasti sukacita penuh saat melihat anak-anak kita menjadi orang yang benar dan bijak. Jangankan itu, kemarin saja suamiku cerita sewaktu abang iparku menelepon pas bocah-bocah makan aja dia senang banget. Cuma gara-gara apa? Anak-anak makan dengan porsi sayur yang lumayan banyak, lalu abang iparku keheranan melihat anak-anak suka sayur. Suamiku jadi bersyukur karena sadar ga semua anak mau seperti itu. Aku juga ikut bersyukur sekarang anak-anak makan sayur tanpa drama dan menikmati.

Jika hal kecil seperti itu saja membuat kami bersukacita, apalagi jika melihat anak-anak kami tumbuh menjadi orang benar dan bijak.

Aplication
Bagaimana agar anak hidup benar dan menjadi bijak?
- Menjadi teladan bagi mereka
- Membawa mereka kepada pengenala akan Kristus

Prayer
Tuhan, tolong kami sebagai orang tua supaya menjadi bijak. Beerikan kami hikmat untuk mendidik anak-anak dalam kebenaran firman Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
3 Juni 2021

1. Bersyukur bisa menyicil membuat SKP.
2. Bersyukur bisa jalan pagi sekeluarga walaupun sebentar.
3. Bersyukur anak-anak suka sayur kacang tahu yang kubuat.
4. Bersyukur bisa makan siang bareng Fani.
5. Bersyukur bisa ikut kulzoom walaupun gak sampai selesai.

Palangka Raya, 3 Juni 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 10, Amsal 23

2 Korintus 10

Scripture
2 Korintus 10:17 (TB)  "Tetapi barangsiapa bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan." 

Observation
Tidak ada alasan untuk sombong bagi setiap orang yang hidup di dalam Kristus karena sebenarnyaKristus saja yang memampukan seseorang memiliki apa yang dia miliki saat ini.

Aplication
Tiap merasa bangga dengan pencapaianku, aku perlu ingat kalau ini adalah pemberian Tuhan semata.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengingat selalu kalau Tuhan yang memberi semua yang ada padaku. Aku ada sebagaimana aku ada karena kebaikanMu. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:18 (TB)  Karena masa depan sungguh ada, dan harapanmu tidak akan hilang. 

Observation
Beberapa hari lalu mendengar curhatan seorang teman dan nyesek banget rasanya. Sedih tapi juga gak berdaya untuk menolong karena masalahnya cukup kompleks kubilang. Membaca ayat ini aku mengingat temanku. Semoga dia tidak menyerah dan senantiasa berjuang.

Aplication
Aku mau share ayat ini dan  mendoakan dia. Mengimani bahwa masa depan sungguh ad dan harapannya di dalam Kristus gak akan pernah hilang.

Prayer
Tuhan, tolonglah sahabatku ini. Aku percaya masa depan sungguh ada dan pengharapannya makin kuat di dalam Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
2 Juni 2021

1. Bersyukur pertanggungjawaban keuangan sehabis dinas selesai.
2. Bersyukur sudah menyelesaikan survei analisis jabatan.
3. Bersyukur dapat blessing bacon dari teman.
4. Bersyukur anak-anak mulai suka sayur.
5. Bersyukur banyak stok buah di rumah.

Palangka Raya, 2 Juni 2021
-Mega Menulis-

Thursday, June 3, 2021

2 Korintus 9, Amsal 23

2 Korintus 9

Scripture
2 Korintus 9:11 (TB)  kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.

Observation
Saat memberi, aku akan diperkaya dalam kemurahan hati. Artinya apa? Semakin sering memberi, aku akan semakin bermurah hati. Yang luar biasa di ayat berikutnya dikatakan demikian:Sebab pelayanan kasih yang berisi pemberian ini bukan hanya mencukupkan keperluan-keperluan orang-orang kudus, tetapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah.

Wow! Pemberian kita bukan hanya dapat mencukupkan keperluan orang lain, tapi juga melimpahkan ucapan syukur kepada Allah. Allah dapat dimuliakan melalui pemberianku.

Aplication
Jangan menunda memberi Meg saat Tuhan gerakkan kamu.

Prayer
Tuhan, dimuliakanlah Engkau melalui setiap pemberianku. Amin.

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:9 (TB)  Jangan berbicara di telinga orang bebal, sebab ia akan meremehkan kata-katamu yang bijak.

Observation
Perhatikan siapa lawan bicara kita sebelum mengucapkan nasihat atau kata-kata bijak. Jangan sampai menjadi kesia-siaan.

Aplication
Lebih baik berdiam diri daripada mengucapkan berbagai hal pada yang tidak mengerti nilainya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengenal lawan bicaraku dan bertindak dengan benar menghadapi mereka. Amin.
Gratitude Journal 
1 Juni 2021

1. Bersyukur bisa jalan bareng keluarga.
2. Bersyukur acara nikah adat iparku di Pekanbaru lancar.
3. Bersyukur bisa beli buah langsung dari kebun buah.
4. Bersyukur bisa pulang ke rumah, home sweet home.
5. Bersyukur malam bisa bacakan buku buat anak-anak.

Palangka Raya, 1 Juni 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 8, Amsal 23

2 Korintus 8

Scripture
2 Korintus 8:13-14 (TB)  Sebab kamu dibebani bukanlah supaya orang-orang lain mendapat keringanan, tetapi supaya ada keseimbangan. Maka hendaklah sekarang ini kelebihan kamu mencukupkan kekurangan mereka, agar kelebihan mereka kemudian mencukupkan kekurangan kamu, supaya ada keseimbangan.

Observation
Saat aku memberi, itu bukan agar aku meringankan beban orang lain tapi untuk keseimbangan. Luar biasa sekali, Tuhan ingin ada keseimbangan. Jika semua orang punya karunia memberi tanpa ada yang memiliki karunia mennerima bagaimana? Ini mengajarkanku kerendahan hati. Aku memerlukan orang lain bukan hanya orang lain yang memerlukan aku. 

Aplication
Aku diingatkan untuk memberi dengan setia. Apalagi besok awal bulan.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk melakukan bagianku agar ada keseimbangan di dalam hidup. Amin.

Amsal 23

Scripture
Amsal 23:4 (TB)  Jangan bersusah payah untuk menjadi kaya, tinggalkan niatmu ini. 

Observation
Ayat ini mendefinisikan lagi artinya memiliki kekayaan. Apakah Tuhan melarang kita kaya? Kupikir tidak, tapi Dia ingin bukan ini yang menjadi fokusku.

Aplication
Tuhan, ajar aku fokus hidup menyenangkan Tuhan dengan taat 100%.

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk gak hanya fokus pada kebutuhanku tapi pada apa yang menjadi kehendak Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
31 Mei 2021

1. Bersyukur enumerator survei jumlahnya sudah fix.
2. Bersyukur perjalanan pesawat dari Jakarta ke Palangka Raya lancar.
3. Bersyukur dijemput keluarga.
4. Bersyukur bisa kumpul di rumah mamaku.

Jakarta, 31 Mei 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 7, Amsal 23

2 Korintus 7

Scripture
2 Korintus 7:10 (TB)  Sebab dukacita menurut kehendak Allah menghasilkan pertobatan yang membawa keselamatan dan yang tidak akan disesalkan, tetapi dukacita yang dari dunia ini menghasilkan kematian.

Observation
Dukacita yang benar akan dosa harus menghasilkan pertobatan berupa perubahan hidup. Jangan cuma jatuh bangun lalu masih tinggal tetap dalam dosa. Waktu berbuat dosa sedih dan menangis doang, berulang kali gitu aja. Aku pernah melakukan ini. Tiap berbuat dosa menyesal, sedih sendiri, nangis, minta ampun, lega, lalu bertekad gak ngulang, eh tapi diulang juga. Dukacita yang benar harus menghasilkan perubahan hidup.

Aplication
Dosa apa yang masih sering aku lakukan? Tuliskan. Pahami di situasi mana aku terpicu berbuat dosa ini. Lalu hindari situasi ini. Buat rencana pencegahannya.

Aku sering tergoda belanja online barang yang sebenarnya gak perlu banget. Jadi di HP suami, aku mau minta dia masukkan emailku yang akan memberi tahu kalau aku ada transaksi online dengan kartu debet. Dengan gini aku mikir-mikir kan kalau mau belanja, ada yang ngawasin 🤣

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya benar-benar bertobat dari dosaku dan gak cuma sedih tanpa pertobatan. Amin.

Amsal 23

Scripture 
Amsal 23:2 (TB)  Taruhlah sebuah pisau pada lehermu, bila besar nafsumu! 

Observation
Hahahaha. Reminder banget ini, pagi ini sarapan di hotel biar gak kalap 😂

Aplication
Taruh pisau di leher Meg 🔪 Ingat akibat dari hawa nafsu.

Prayer
Tuhan terima kasih untuk peringatan dari Tuhan hari ini. Amin.
Gratitude Journal
30 Mei 2021

1. Bersyukur bisa PCR bareng teman kantor yang sudah pernah PCR di RS PON jadi prosesnya lancar.
2. Bersyukur bisa makan siang Burger King dengan diskon grab.
3. Bersyukur pindah ke hotel dekat bandara.
4. Bersyukur bisa beli pesanan Starbucks untuk adekku.
5. Bersyukur hasil PCRku dan temanku negatif.
6. Bersyukur ada temanku yang ke hotel, sudah gak ketemu 10 tahun lebih. Dia datang jauh banget dari Jonggol.

Jakarta,30 Mei 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 6

2 Korintus 6

Scripture
2 Korintus 6:4 (TB)  Sebaliknya, dalam segala hal kami menunjukkan, bahwa kami adalah pelayan Allah, yaitu: dalam menahan dengan penuh kesabaran dalam penderitaan, kesesakan dan kesukaran,

Observation
Paulus menunjukkan dirinya pelayan Allah dalam segala keadaan. Bagaimana denganku? Sudahkah dalam segala keadaan aku menunjukkan aku pelayanNya? Belum. Seringkali aku lebih memilih mengikuti keinginanku dibandingkan menaati Allah.

Aplication
Jika Allah adalah tuanku aku harus menaatiNya dalam segala keadaan.

Prayer
Tuhan, aku mau menaatiMu, tolong aku untuk menaatiMu. Amin.
Gratitude Journal
29 Mei 2021

1. Bersyukur pagi bisa foto bareng teman Workshop.
2. Bersyukur kegiatan sudah berakhir dan kami dapat uang harian. Yay.
3. Bersyukur bisa jalan sore dan dapat beberapa ribu langkah.
4. Bersyukur walaupun baterai HP habis dan hujan, bisa pulang naik Grab dan balik ke hotel.
5. Bersyukur malam sempat beli Bebek Kaleyo,jadi nostalgia.

Jakarta, 29 Mei 2021
-Mega Menulis-

2 Korintus 5, Amsal 22

2 Korintus 5

Scripture
2 Korintus 5:16 (TB)  Sebab itu kami tidak lagi menilai seorang juga pun menurut ukuran manusia. Dan jika kami pernah menilai Kristus menurut ukuran manusia, sekarang kami tidak lagi menilai-Nya demikian.

Observation
Sudut pandang akan mempengaruhi pikiran kita, lalu pikiran akan mempengaruhi tindakan. Perlu mengubah sudut pandang saat melihat sesuatu supaya bisa bertindak dengan benar. Dulu aku kesal banget kalau melihat orang yang suka menyakiti orang dengan mulutnya, lalu mulai dapat sudut pandang melalui faktor-faktor penyebabnya, eh jadi bisa berbelas kasihan dan mendoalan. Gak mau mengambil hati perkataan orang seperti itu. Jadi harus senantiasa belajar, apa sih yang diinginkan Tuhan saat aku menghadapi orang atau situasi tertentu. Apa kata firman Tuhan mengenai hal ini.

Aplication
Tanya Tuhan, balik ke firman Tuhan jika berhadapan dengan beebagai situasi.

Prayer
Tuhan tolong aku supaya memakai kebenaran firman Tuhan sebagai dasar. Amin.

Amsal 22 

Scripture
Amsal 22:9 (TB)  Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin. 

Observation
Berbagi bukan hal yang mudah kalau tidak dibiasakan. Kalau responku adalah menyimpan dan menahan diri saat ada yang memerlukan maka itu yang akan menjadi respon otomatisku. Kalau aku ingin berbagi, aku harus melatih diri berbagi.

Aplication
Aku bukan orang yang respon memberinya sudah otomatis, aku masih berpikir banget setiap mau memberi. Aku mau berlatih bertanya Tuhan dan meresponi kebutuhan dengan taat lalu memberi sesuai kesanggupanku.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya sedia berbagi bagi mereka yang memerlukan dan menjadi saluran kasih karunia Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
28 Mei 2021 

1. Bersyukur deadline pengumpulan nama enumerator berhasil selesai hari ini.
2. Bersyukur mulai mengerti cara pembuatan SKP dan laporan bahan penilaian angka kredit.
3. Bersyukur Workshop Perencanaan hari ini selesai.
4. Bersyukur hasil swab antigen teman-teman yang mengikuti Workshop negatif.
5. Bersyukur usulan pembuatan sertifikat tanah kami lulus verifikasi BPN.
6. Bersyukur memiliki banyak teman baru selama Workshop Perencanaan.
7. Bersyukur temanku sudah booking hotel untuk kami selama di Jakarta.

Bogor, 28 Mei 2021
-Mege Menulis-

Roma 10, Amsal 25

Roma 10 Scripture Roma 10:17 (TB)  Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.  Observation Apa yang aku dengar...