.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Wednesday, June 16, 2021

Roma 6, Amsal 24

Roma 6

Scripture
Roma 6:13 (TB)  Dan janganlah kamu menyerahkan anggota-anggota tubuhmu kepada dosa untuk dipakai sebagai senjata kelaliman, tetapi serahkanlah dirimu kepada Allah sebagai orang-orang, yang dahulu mati, tetapi yang sekarang hidup. Dan serahkanlah anggota-anggota tubuhmu kepada Allah untuk menjadi senjata-senjata kebenaran. 

Observation & Aplication 
Jadi teringat lagu anak Sekolah Minggu, yang syairnya hati-hati gunakan tanganmu, kakimu, dsbnya. Apakah semua anggota tubuhku sudah menjadi senjata kebenaran? Jangan-jangan malah digunakan sebagai senjata kelaliman. Perlu cek dan ricek nih setiap hari, apakah sudah menggunakan mulutku berbuat dosa atau nggak. Terus tanganku. Mataku. Cek semuanya dan bertobat kalau kedapatan melakukan dosa. Akui dosa sebagaimana adanya dosa di mata Allah dan aku gak boleh mengulanginya. 

Prayer 
Tuhan, pergunakanlah tubuhku sebagai senjata kebenaran saja
Jangan biarkan saat aku pakai untuk berbuat dosa. Amin.

Amsal 24

Scripture
Amsal 24:10 (TB)  Jika engkau tawar hati pada masa kesesakan, kecillah kekuatanmu. 

Observation
Entah kenapa baca ayat ini malah ingat ayat lain yang aku lupa alamatnya:Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya.  Hari ini pas banget melihat postingan tentang Jane Marczewski di wall Fb Mbak Nana Padmosaputro:

Jane Marczewski usianya 30 tahun. Dia menderita kanker paru-paru, tulang belakang dan hati.Menurut dokter, harapan hidupnya 2 persen.Dan dia melangkah ke panggung America’s Got Talent, untuk menyanyikan lagu ciptaannya sendiri dengan suara yang luar biasa indah dan unik, dengan wajah yang sumringah oleh senyuman yang cerah.

Simon Cowel yang berlidah clurit itu cuma bisa berkata ‘Wow’ dengan ekspresi wajah kayak mau nangis ketika mendengar jenis penyakit Jane.

Howie Mendel juga ikutan heran, “Tapi senyummu, wajahmu yang cerah itu....”

Lalu Nightbirde, ini nama panggungnya Jane, merespon :

“Kita nggak bisa menunggu sampai hidup jadi cerah dulu, baru memutuskan untuk bahagia kan?”

Saat itulah, aku langsung kagum habissss padanya...! Gadis ini istimewa! Di usia semuda itu, dia sudah memahami intisari kehidupan : apapun masalahnya, nikmati saja. Bahagia saja. 

********

Kita semua ini akan mati. Entah sebentar lagi atau masih nanti. 

Jadi? Apa yang akan kita lakukan ketika kena kanker? Bangkrut? Diselingkuhi? Ditipu? Dikalahkan? Dikhianati? Dimanfaatkan? 

Ya ‘do something’ saja dengan bahagia... Ngelakoni dengan gembira kata Nightbirde.

Kalau belum bisa bahagia, ya wajar. Namanya juga sedang mengalami hal yang tak menyenangkan. Teruskan saja berusaha mencari ‘keseimbangan’ agar berhasil bahagia.
Gagal, ya nggak papa. Coba lagi.

Gagal lagi? Ya coba lagi.

———

Kalau mau dengar suaranya, di sini :

https://youtu.be/CZJvBfoHDk0

Aplication
Dalam segala keadaan, aku tidak  mau tawar hati dan akan melakukan segala yang bisa aku lakukan. Aku mau menjanjikan diriku sendiri hal itu.

Prayer
Tuhan, mampukan aku supaya selalu bersemangat apapun yang terjadi. Sukacita karena Tuhan yang menjadi perlindunganku. Amin.
Gratitude Journal
11 Juni 2021 

1. Bersyukur pagi sarapan rebusan sama teman-teman sekantor.
2. Bersyukur bisa jalan sama Fani dan nemani dia ambil cincinnya.
3. Bersyukur malam bisa antar Sara dan Sofia main ke tempat sepupunya.
4. Bersyukur sudah gak jengkel lagi sama suami. Sempat jengkel karena suatu hal, terus dipikir-pikir ngapain. Akhirnya bisa memaafkan.

Palangka Raya, 11 Juni 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...