.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.
google.com, pub-1767695080484840, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Wednesday, July 21, 2021

Kisah Para Rasul 28, Amsal 27

Kisah Para Rasul 28

Scripture       
Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya. 

Observation 
Respon setiap orang saat mendengar pemberitaan Injil berbeda-beda. Bagianku bukanlah respon mereka tetapi setia memberitakan Injil. 

Aplication
✔️ Tetap menjadi saksi Kristus tidak peduli bagaimana respon orang lain. 

Prayer
Tuhan, ajar aku untuk tidak melihat manusia tapi memandang Tuhan saja. Jangan biarkan respon manusia mengganggu pandanganku kepada Tuhan.

Amsal 27

Scripture
Amsal 27:6 (TB)  Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah. 

Observation&Aplication 
Teman dekat berani untuk menegur karena dia menegur dengan kasih. Aku pun mau menjadi kawan yang baik, yang punya hati yang murni dalam menegur. Sebaliknya, aku mau menerima teguran dengan sukacita. Percaya kalau kawanku yang menegur punya maksud baik.

Prayer
Tuhan, ajar aku menerima teguran dan memberi teguran dengan hati yang murni. Amin.
Gratitude Journal
30 Juni 2021

1. Bersyukur acara rapat di kantor lancar.
2. Bersyukur banyak blessing makanan hari ini.
3. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga.
4. Bersyukur nasi kotak di tempat tanteku semakin bagus penyajiannya.
5. Bersyukur bisa pakai akun zoom premium temanku untuk meeting online besok.

Palangka Raya, 30 Juni 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 27, Amsal 27

Kisah Para Rasul 27

Scripture
Kisah Para Rasul 27:35-36 (TB)  Sesudah berkata demikian, ia mengambil roti, mengucap syukur kepada Allah di hadapan semua mereka, memecah-mecahkannya, lalu mulai makan.
Maka kuatlah hati semua orang itu, dan mereka pun makan juga. 

Observation&Aplication 
Dalam keadaan yang sulit, ucapan syukur kita dapat menguatkan hati orang lain. Aku mau seperti Paulus yang melakukan itu. Saat ini di kantorku terkonfirmasi empat orang positif Covid-19 melalui swab antigen. Banyak kekuatiran tapi aku gak mau ikutan kuatir. Aku mau mengucapkan syukur dalam segala keadaan. Semoga ini menguatkan hati orang lain juga.

Prayer
Tuhan, aku mau bersyukur buat keadaan kami di kantorku, aku percaya Tuhan yang sembuhkan teman yang positif Covid-19 dan menguatkan hati kami. Amin.

Amsal 27

Scripture
Amsal 27:20 (TB)  Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas. 

Observation & Aplication 
Mata manusia selalu menginginkan apa yang dilihatnya. Jadi aku harus berhati-hari dengan apa yang aku lihat. Sepertinya aku harus memperlakukan aplikasi market place seperti saat mau berbelanja di dunia nyata, buat daftar belanjaan baru berbelanja supaya aku tidak membeli barang yang tidak aku perlukan.

Prayer
Tuhan ajar aku mengendalikan mataku dan keinginanku. Amin.
Gratitude Journal
29 Juni 2021

1. Bersyukur walau gak WFH tapi ada damai sejahtera waktu kerja di kantor.
2. Bersyukur bisa beli ayam geprek.
3. Bersyukur bisa pesan makanan dan kue di saudara untuk kegiatan kantor.
4. Bersyukur bisa posting video.
5. Bersyukur hari ini bisa ngobrol lama bareng suami.

Palangka Raya, 29 Juni 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 26


Kisah Para Rasul 26

Scripture
Kisah Para Rasul 26:19 (TB)  Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu  tidak pernah aku tidak taat.

Observation
Sejak Allah memanggilnya, tidak pernah Paulus tidak taat. Wow! Sedangkan aku? Sering banget aku gak taat saat. Kalau Allah sendiri yang memanggilku, masakan aku tidak taat. Atau tawar menawar dengan apa yang menjadi kehendakNya? 

Aplication
Taat walaupun sulit Meg! 

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku menaatiMu setiap hari. Amin.

Palangka Raya, 28 Juni 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 25, Amsal 27

Kisah Para Rasul 25

Scripture
Kisah Para Rasul 25:25 (TB)  Tetapi ternyata kepadaku, bahwa ia tidak berbuat sesuatu pun yang setimpal dengan hukuman mati dan karena ia naik banding kepada Kaisar, aku memutuskan untuk mengirim dia menghadap Kaisar.

Observation
Paulus sebenarnya tidak perlu naik banding karena dia tidak berbuat yang setimpal dengan hukuman mati. Tapi dia meminta naik banding. Bagi dunia, ini bodoh ya, ngapain kan susah-susah. Nah, Paulus malah melihat kesempatan bertemu banyak orang sebagai kesempatan bersaksi. Luar biasa. Dia mengabaikan kenyamanan supaya orang lain mendengar tentang Kristus.

Aplication
Aku perlu memilih mana yang memuliakan Kristus dibandingkan mana yang lebih nyaman buatku.

Prayer
Tuhan, berikanku kerinduan untuk menyenangkan dan memuliakan Tuhan melebihi segala kenyamanan diri. Amin.
Amsal 27 

Scripture
Amsal 27:5 (TB)  Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. 

Observation
Aku bersyukur punya suami yang gak ragu menegur saat aku berbuat salah. Awal menikah aku tiap ditegur baper gitu. Sekarang sudah ga terlalu. Aku belajar mencintai teguran dan berusaha memandangnya sebagai bentuk kasih.

Aplication
Aku mau berterima kasih setiap ditegur suami.

Prayer
Tuhan ajar aku menerima teguran sebagai bentuk kasih. Berikanku hati yang lembut dan mau menerima teguran. Amin.

Palangka Raya, 27 Juni 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 24, Amsal 26


Kisah Para Rasul 24

Scripture 
Kisah Para Rasul 24:26-27 (TB)  Sementara itu ia berharap, bahwa Paulus akan memberikan uang kepadanya. Karena itu ia sering memanggilnya untuk bercakap-cakap dengan dia.
Tetapi sesudah genap dua tahun, Feliks digantikan oleh Perkius Festus, dan untuk mengambil hati orang Yahudi, ia membiarkan Paulus tetap dalam penjara.

Observation
Feliks berharap Paulus memberikan uang padanya lalu karena tidak mendapat yang diinginkan, maka ia berusaha mengambil hati orang Saduki dengan membiarkan Paulus tetap di penjara.

Feliks hanya mencari keuntungan diri sendiri sehingga tidak dapat menerima kebenaran yang disampaikan Paulus. Saat aku mencari keuntungan bagi diriku, maka aku akan seperti Feliks yang tidak bisa melihat dan menerima kebenaran. Ya iya lah, yang dicari cuma uang. Apa yang kita cari, itu yang akan kita lihat. Pantasan Tuhan bilang carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya. 

Aplication
Aku mau mencari kebenaran lebih dahulu setiap hari. Firman Tuhan yang terutama di setiap hariku. Harus. Gak ada tawar-menawar. Aku sadar akhir-akhir ini begitu bangun, hal lain yang aku kerjakan.

Prayer
Tuhan, terima kasih karena Tuhan ingatkan aku mencari lebih dahulu kebenaran firman Tuhan di setiap hariku. Amin.

Amsal 26

Scripture
Amsal 26:15 (TB)  Si pemalas mencelupkan tangannya ke dalam pinggan, tetapi ia terlalu lelah untuk mengembalikannya ke mulutnya.

Observation & Aplication 
Wah, ini kemalasan tingkat dewa. Konyol banget ada orang seperti ini. Berapa sih jarak pinggan dan mulutnya? Demikian pikirku waktu membaca ayat ini. Lalu aku teringat suamiku yang gemas saat aku malas melakukan sesuatu. Oh, seperti ini mungkin yang dirasakan suamiku. Aku gak boleh malas lagi, kemalasanku mengganggu orang di sekitarku dan memicu pertengkaran.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak hidup dalam kemalasan lagi. Amin.

Gratitude Journal
26 Juni 2021 

1. Bersyukur hari ini urusan di RS lancar.
2. Bersyukur sarapan ditraktir adekku nasi kuning.
3. Bersyukur bisa cuci masker.
4. Bersyukur bisa jalan bareng sekeluarga.
5. Bersyukur dapat telur yang segar.
6. Bersyukur ikut webinar Rumah Inspirasi.
7. Bersyukur kami sekeluarga sehah.
Palangka Raya, 26 Juni 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 23,Amsal 26

Kisah Para Rasul 23

Scripture
Kisah Para Rasul 23:6 (TB)  Dan karena ia tahu, bahwa sebagian dari mereka itu termasuk golongan orang Saduki dan sebagian termasuk golongan orang Farisi, ia berseru dalam Mahkamah Agama itu, katanya: "Hai saudara-saudaraku, aku adalah orang Farisi, keturunan orang Farisi; aku dihadapkan ke Mahkamah ini, karena aku mengharap akan kebangkitan orang mati." 

Observation
Paulus tahu situasi yang dihadapinya dan siapa yang dihadapinya sehingga dia memanfaatkan situasi tersebut. Luar biasa! Tidak banyak orang yang cerdik membaca situasi lalu bertindak dengan cerdik pula. Kombinasi lengkap. Dia bisa bersaksi ke lebih banyak orang dengan kecerdikannya ini.

Aplication
Bagaimana aku bersikap saat melihat keadaan di sekelilingku? Aku harus jeli dan melihat bagaimana aku dapat memuliakan Tuhan melalui situasi yang aku hadapi. Cari kesempatan untuk bersaksi. 

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersaksi setiap hari dengan tetap melek pada situasi yang kuhadapi. Amin.

Amsal 26

Scripture
Amsal 26:23 (TB)  Seperti pecahan periuk bersalutkan perak, demikianlah bibir manis dengan hati jahat. 

Observation
Kalimat lain di bibir, lain di hati tidak boleh menjadi bagian dalam hidup orang percaya. Ayat ini mengibaratkan orang yang demikian seperti periuk yang terlihat berharga tapi aslinya tidak berharga. Ucapan baik tapi tanpa ketulusan tidak berguna.

Aplication
Saat aku berkata baik ke orang lain tapi hatiku nggak tulus, aku perlu segera bertobat dan melakukan pemberesan. Hatiku gak beres kalau sampai aku melakukan itu. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku supaya tulus dan berbicara kebenaran. Amin.
Gratitude Journal
25 Juni 2021 

1. Bersyukur berbagai pekerjaan yang aku delegasikan di kantor selama kutinggal sudah beres.
2. Bersyukur bisa blessing teman seruangan.
3. Bersyukur ada acara di kantor jadi dapat kue dan nasi kotak.
4. Bersyukur uang sisa perjalanan dinas keluar.
5. Bersyukur walaupun ada teman kantor yang positif Covid-19, tapi dia tenang.
6. Bersyukur bisa ke pasar dan belanja sayur dan lauk. Bersyukur penjual tape langganan kami jualan. 
7. Bersyukur ikut persekutuan teman-teman pelayanan dulu dan diberkati mendengar sharing mereka.
8. Bersyukur paket sepatu yang aku pesan sudah sampai.

Palangka Raya, 25 Juni 2021
-Mega Menulis-

Friday, July 9, 2021

Cara Gampang Jadi Youtuber

Mana ada? Mimpi kali! 🤣 Well, gampang sih kalau tinggal upload video di youtube terus dah disebut Youtuber. Gampang banget ma ini. Tapi memikirkan konten apa yang akan ditampilkan, mengambil video, mengedit, upload, bah! Belum-belum sudah pening kepala awak. Apalagi aku gak pernah ngedit video. Yah, kalau kamu artis yang sudah terkenal dan punya tim yang mengerjakan itu tadi sih guampang. Lah, apa daya yang rakjel cuma modal HP? Tapi seorang teman 'meracuniku' dengan kata-kata: Udah mulai aja!

Iya yaaaa....Just do it! Memikirkan tanpa memulai itu over thinking namanya. Jatuh-jatuhnya aku hanya menemukan berbagai alasan dan jalan di tempat. Jadi ingat buku Atomic Habits yang pernah aku baca. Memikirkan bagaimana caranya menghasilkan video yang sempurna tidak akan menghasilkan video yang sempurna. Buat saja banyak video! Nanti aku akan tahu, kurangnya di mana, apa yang harus aku lakukan, apa yang perlu ditambahkan, apa yang perlu dikurangi. Buat aja!
Masalah selanjutnya, aku gak bisa edit video. Helloowww!!!! Kalau benar pengen sesuatu cari cara Meg! Jangan cari alasan! Iya juga ya.... 😅 Lagian kan bisa asal upload Meg? Ya bisa aja sih, tapi nilai tambahku dimana? Apa gunanya buatku cuma upload video tok? Gak bisalah! Aku harus belajar sesuatu! Aku mau jadi teladan ke anak jadi mama yang gak berhenti belajar biarpun dah tua. Berbekal tanya-tanya dan googling, taraaa...aku menemukan aplikasi VLLO. Mengedit jadi lebih mudah, hehehe. Buat orang lain mungkin yang kulakukan gak ada apa-apanya. Hal gampang. Tapi buatku ini pencapaian. Aku  belajar gak mencari alasan, berani memulai, dan konsisten. Aku bangga dengan diriku sendiri sudah sampai sejauh ini (gayamu Meg, baru upload video 3 minggu aja! Akakakak). Never stop learning yuk! Ya gak mesti urusan ngeyoutube tapi coba saja hal baru, belajar hal baru. Jangan pernah berhenti belajar! Pokok'e don't! 
(bersambung)

Palangka Raya, 9 Juli 2021
-Mega Menulis-

Kisah Para Rasul 28, Amsal 27

Kisah Para Rasul 28 Scripture        Kisah Para Rasul 28:24 (TB)  Ada yang dapat diyakinkan oleh perkataannya, ada yang tetap tidak percaya....