.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Sunday, August 22, 2021

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2

Scripture
1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

Observation
Kebencian akan membuat kita gak bisa berpikir jernih. Seperti kemarin, aku rasanya muak mendengar omongan seseorang. Dalam hati aku memaki. Rasanya ingin melakukan sesuatu yang bodoh. Aku mulai curhat dan ingin memaki-maki. Lalu aku ingat, aku hanya akan menambah dosa. Oke, aku lega, tapi hanya untuk sesaat. Makianku gak menambahkan sesuatu yang berguna.

Aplication
Jika mendengar omongan yang mengesalkan, berdiam. Tenangkan diri. Jangan berbuat dosa Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk tidak membenci. Tolong aku mengasihi. Ajar aku membenci dosa dan bukan manusia. Amin.

Yakobus 4

Scripture
Yakobus 4:8 (TB)  Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati!

Observation & Aplication 
Ini indah sekali, bukan hanya aku berusaha mengejar dan mendekati Allah, tapi Dia juga mendekat. Makanya analogi hubungan kita dengan Allah kalau dipikir sangat indah, ada relasi. Kita menyebut dia Sahabat, Bapa, Kekasih. Aku bersyukur punya Allah yang rindu punya hubungan pribadi, bukan hanya disembah.

Prayer 
Terima kasih ya Bapa terkasih. Engkau hanya sejauh doa. Bahkan Engkau selalu hadir setiap saat. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal
21 Agustus 2021

1. Bersyukur bisa bangun agak siang di hari libur ini.
2. Bersyukur gak perlu masak buat sarapan dan tinggal memanaskan sate semalam.
3. Bersyukur bisa ke tempat mamaku.
4. Bersyukur mamaku buat brongkos yang enak banget.
5. Bersyukur anak-anak makan brongkos dengan lahap.
6. Bersyukur bisa beli telur di tempat langganan kami, pas telurnya baru datang.

Palangka Raya, 21 Agustus 2021
-Mega Menulis-

1 Yohanes 1, Yakobus 4

1 Yohanes 1 

Scripture
1 Yohanes 1:6 (TB)  Jika kita katakan, bahwa kita beroleh persekutuan dengan Dia, namun kita hidup di dalam kegelapan, kita berdusta dan kita tidak melakukan kebenaran.

Observation
Tanda seseorang sungguh bersekutu dengan Kristus adalah ia hidup dalam terang kebenaran. Tidak ada sisi gelap yang berusaha disembunyikan. Dalam segala kondisi dia tetap melakukan kebenaran. Bersekutu dengan Kristus seharusnya membuat kita tidak tahan hidup dalam dosa karena kita tahu ini mendukakan Dia. Saat aku berbuat dosa berarti aku melepaskan persekutuan dengan Dia.

Aplication
Tetap tinggal di dalam Kristus dan bersekutu dengan Dia supaya hidup dalam terang.

Prayer
Tuhan, jangan biarkan aku hidup di luar persekutuan dengan Tuhan. Aku butuh Tuhan untuk lepas dari dosaku. Aku mau hidup dalam terang. Amin.

Yakobus 4 

Scripture
Yakobus 4:15 (TB)  Sebenarnya kamu harus berkata: "Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu." 

Observation
Ingin melakukan ini itu, merencanakan banyak hal, tapi melupakan Tuhan? Hidup ini bukan tentang aku. Hidup ini adalah serangkaian kesempatan memuliakan Tuhan. Justru aneh kalau aku tidak MELIBATKAN Tuhan.

Melibatkan Tuhan dalam perencanaan membuatku merencanakan sesuatu dengan memikirkan kepentingan Tuhan di dalamnya. Aku tidak bisa egois dan hanya memikirkan hawa nafsuku saja.

Aplication
Berdoa selalu Meg! Libatkan Tuhan dalam seluruh aspek kehidupanmu.

Prayer
Tuhan, kaulah pusat kehidupanku. Jangan biarkan aku mengambil keputusan atau merencanakan sesuatu tanpa Engkau. Tolong aku ya Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
20 Agustus 2021

1. Bersyukur saat kesal dengan seseorang aku bisa menahan diri.
2. Bersyukur izin penelitian di Kotawaringin Barat sudah keluar.
3. Bersyukur bisa makan siang dan ngobrol sama temanku.
4. Bersyukur bisa mencicil data dukung ZI.
5. Bersyukur malam dibelikan sate sama Omku.
6. Bersyukur bisa blessing teman seruangan dengan minuman.

Palangka Raya, 20 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Yudas 1, Yakobus 4

Yudas 1

Scripture
Yudas 1:16 (TB)  Mereka itu orang-orang yang menggerutu dan mengeluh tentang nasibnya, hidup menuruti hawa nafsunya, tetapi mulut mereka mengeluarkan perkataan-perkataan yang bukan-bukan dan mereka menjilat orang untuk mendapat keuntungan. 

Observation & Aplication 
Di antara ciri-ciri orang berdosa yang fasik kepada Tuhan di atas, aku sungguh bergumul beberapa minggu ini untuk tidak menggerutu. Sangat sulit rasanya tidak misah-misuh. Tapi, dibandingkan menggerutu di hadapan manusia lebih baik aku membawa keluhanku ke hadapan Tuhan. Itu akan jauh melegakan dan menjauhkan dari dosa. 

Prayer 
Tuhan, jangan biarkan aku berbuat dosa dengan lidahku. Aku mau membawa keluhanku kepada Tuhan saja. Amin.

Yakobus 4 

Scripture
Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. 

Observation
Mengetahui dan melakukan adalah dua hal yang berbeda. Tidak cukup punya ide tentang perbuatan baik yang akan dilakukan tapi segera berbuat. Kenapa? Karena Tuhan ingin aku menjadi pelaku firman, bukan tahu firman saja. Karena aku harus menjadi saluran kasihNya bukan hanya bicara tentang kasih.

Aplication
Hari ini setiap ada kesempatan berbuat baik, lakukan Meg.

Prayer
Tuhan, bukanlah mataku untuk melihat dan mengenali kesempatan menyatakan kasih karunia Allah kepada sesama. Amin.
Gratitude Journal
19 Agustus 2021

1. Bersyukur ujian dinas yang aku awasi berjalan lancar.
2. Bersyukur bisa jalan bareng Fani.
3. Bersyukur bisa main naik stiker dengan anak-anak, mereka senang sekali.
4. Bersyukur bisa blessing Omku yang sedang sakit dan menengok dia.

Palangka Raya, 19 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Petrus 3

2 Petrus 3

Scripture
2 Petrus 3:18 (TB)  Tetapi bertumbuhlah dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus. Bagi-Nya kemuliaan, sekarang dan sampai selama-lamanya.

Observation & Aplication 
Tuhan ingin aku bertumbuh setiap hari dalam dua hal:
- kasih karunia
- pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus
Jadi pertanyaan evaluasi buat diriku adalah:
- apa hidupku sudah menyatakan kasih karunia Allah dalam hidupku? Apakah responku saat mengalami kasih karuniaNya? 
- apa karakter Allah yang aku alami belakangan ini? Bagaimana aku menanggapi pribadi Allah yang demikian?

Prayer
Tuhan,  aku mau bertumbuh dalam kasih karunia dan pengenalan akan Engkau setiap hari. Tolong aku meresponi kasih karunia Tuhan dan pribadi Tuhan dengan benar. Amin.

Gratitude Journal
18 Agustus 2021

1. Bersyukur PPKM level 4 di Kalteng berakhir, semoga dari Walikota segera mengeluarkan edaran baru.
2. Bersyukur surat izin untuk survei di Kobar dan Seruyan diproses.
3. Bersyukur persiapan bimtek untuk pelatihan sudah hampir selesai.
4. Bersyukur sore bisa ke rumah tanteku dan ngobrol di sana.
5. Bersyukur hasil swabku hari ini negatif.

Palangka Raya, 18 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Petrus 2, Yakobus 4

2 Petrus 2

Scripture
2 Petrus 2:22 (TB)  Bagi mereka cocok apa yang dikatakan peribahasa yang benar ini: "Anjing kembali lagi ke muntahnya, dan babi yang mandi kembali lagi ke kubangannya."  

Observation
Peribahasa ini berbicara tentang orang bebal yang mengulang kebodohannya. Reminder buatku untuk gak mengulang kebodohan yang pernah kubuat. Aku teringat sebuah perkara saat baca ayat ini dan akan mengambil sebuah keputusan. Aku diingatkan untuk memilih dan gak salah jalan. 

Aplication
Kalau tahu sesuatu salah, jangan lakukan lagi Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak jatuh ke dalam lubang yang sama. Tolong aku untuk belajar dari pengalamanku dan mengambil keputusan yang benar. Amin.
Yakobus 4 

Scripture
Yakobus 4:3 (TB)  Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Observation
Aku diingatkan bagaimana Abraham diberkati dan menjadi berkat bagi bangsa-bangsa. Aku pun seharusnya demikian, apa yang kuminta harusnya menjadi berkat juga bagi orang di sekelilingku bukan untuk memenuhi hawa nafsuku. Tuhan rindu anak-anakNya menjadi berkat bagi bangsa-bangsa.

Aplication
Apa yang aku lakukan selama ini dengan apa yang ada di tanganku, sudahkah aku menjadi berkat? Apakah yang aku minta juga untuk orang lain? Atau hanya untuk diriku sendiri. 

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya sungguh jadi berkat melalui apa yang aku minta. Amin.

Palangka Raya, 17 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Petrus 1, Yakobus 4

2 Petrus 1

Scripture
2 Petrus 1:5-7 (TB)  Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,
dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan, 
dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

Observation
Ada perbaikan terus-menerus di ayat-ayat ini, ada karakter yang semakin luhur.  Hidup bersama Yesus seharusnya seperti ini, semakin hari semakin menyerupai Dia dalam segala hal. Aku masih jauh dari ini semua, tapi ini blue printnya Tuhan, menjadikanku semakin menyerupai Dia. 

Aplication
Apakah aku semakin menyerupai Dia setiap hari? Atau jangan-jangan karakterku semakin jauh?

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi semakin serupa dengan Engkau. Biarlah semakin ditambah-tambahkan padaku kapasitas untuk mengasihi. Amin.

Yakobus 4

Scripture
Yakobus 4:17 (TB)  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa. 

Observation
Wih, keras banget ayat ini. Tapi ayat ini sungguh mengajak kita menjadi pelaku firman. Tidak cukup hanya tahu kebenaran tapi hidup dalam kebenaran firman Tuhan.

Aplication
Aku mau melakukan firman dan bukan hanya tahu doang.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena sering tahu melakukan yang baik tapi tidak melakukannya. Jangan biarkan aku mengulangi kebodohan itu Tuhan, tapi tolong aku melakukan yang baik dan berkenan kepadaMu. Amin.
Gratitude Journal
16 Agustus 2021

1. Bersyukur aku akan dilepaskan dari tugas administrasi kepegawaian.
2. Bersyukur acara press release kantor berjalan lancar.
3. Bersyukur ada kue untuk bocah-bocah.
4. Bersyukur dapat blessing durian dan ditraktir bakso sama temanku.
5. Bersyukur malam tahu-tahu Sara dan Sofia mau kerjakan activity booknya.

Palangka Raya, 16 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Timotius 4, Yakobus 4

2 Timotius 4

Scripture
2 Timotius 4:4 (TB)  Mereka akan memalingkan telinganya dari kebenaran dan membukanya bagi dongeng. 

Observation
Jadi relate rasanya dengan keadaan sekarang. Orang banyak yang percaya hoax dan gak mau mencari kebenaran. Mereka memilih mempercayai apa yang ingin dipercayanya tanpa berusaha mengecek kebenaran.

Aplication
Jangan Percaya begitu saja pada apa kudengar. Cari info. Cross check dulu.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya gak malas mencari kebenaran. Amin. 

Yakobus 4 

Scripture
Yakobus 4:3 (TB)  Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu.

Observation&Aplication 
Adakah sesuatu yang aku doakan dan belum kuterima? Perenungan buatku, jangan-jangan motivasiku hanya untuk pemenuhan nafsuku. 

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini hanya ingin memenuhi hawa nafsuku. Bereskan motivasiku yang gak benar. Amin. 
Gratitude Journal
15 Agustus 2021

1. Bersyukur bisa beli roti dengan harga diskon.
2. Bersyukur beberapa hari bisa produktif menulis.
3. Bersyukur anak-anak semangat mewarnai gambar mereka.
4. Bersyukur ikut Parent's Club Rumah Inspirasi.

Palangka Raya, 15 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Sunday, August 15, 2021

Ke Arah Mana Lampu Sorotmu?

Entah kenapa kemarin di rumah Mama malah teringat belum menyortir obat-obatan di rumah. Oh, mungkin gara-gara melihat Ruri menyimpan vitaminnya. Kapan ya terakhir kali kusortir obat dan vitamin kami? Sampai lupa. Terakhir kali menyortir, aku harus membuang beberapa obat karena sudah expired.

Aku teringat berucap seperti ini, "Duh, sayangnya ya harus dibuang (padahal dipakai atau disimpan ya buat apa to?). Nyesal nyetok tapi harus dibuang". Dan dibalas suamiku, "Bukannya bagus, berarti kita sehat-sehat selama ini?". Iya pulak ya 😂 Respon aku khas emak-emak banget ya yang ngerasa sayang buang barang. Jadi berasa rugi gitu. LOL. Dasar emak medit. 

Aku fokus ke jumlah duit yang harusnya bisa disaving dan malah terbuang karena jadi obat expired sementara suami malah mikir bersyukur karena kami sehat jadi gak membutuhkan obat itu. Jadi ingat kejadian serupa akhir tahun lalu. Sebelum aku operasi angkat miom dan kista, dokter minta aku tes darah di lab Prodia untuk cek tumor marker, apakah jinak atau nggak nih kista. Kalau jinak bisa operasi di Palangka Raya, tapi kalau nggak harus ke dokter spesialis kandungan yang khusus menangani tumor ganas di Banjarmasin. Berbekal surat dokter aku ke lab Prodia untuk diambil darah. Shock aku tuh, cek darah gitu doang habis hampir 1,3 juta, untung ada diskon kalau tukar poin telkomsel, lumayan diskonnya sekitar 100 ribuan. Tapi tetep aja kan : Kumenangisssss….membayangkan *nyanyi*. Duit segitu bo, hiks. Beberapa hari deg-degan nunggu hasil lab. Kalau sampai ganas, rempong harus ke Banjarmasin, mana lagi pandemi gini, kepikiran bocah-bocah segala, asli ga enak makan jadinya. Beberapa hari kemudian hasilnya keluar, jinak dong. Puji Tuhan. Konyolnya, aku sempat mikir, yaelah sayang banget duitnya dah tes mahal-mahal eh negatif. Geblek kata suamiku. Bukannya bersyukur negatif. Ngapain segala mikirin duit. Gimana kalau dah mahal dan ganas, apa nggak nangis lagi. Hahahaha. Dasar ya aku. Ya gimana bo, emak-emak, duit segitu eh. Akakakak.

Dalam satu peristiwa, apapun itu, kita punya pilihan mau mengarahkan lampu sorot ke arah mana. Arah lampu sorot tadi, fokus kita ke mana, itu yang akan menentukan respon kita nantinya. Aku harus belajar mengarahkan lampu sorot ke arah  yang tepat untuk membesarkan hati dan bersyukur. Jangan salah arah, ntar jatuh-jatuhnya malah menangisi hal yang gak perlu ditangisi. Halah! 

Palangka Raya, 15 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Timotius 3, Efesus 5

2 Timotius 3

Scripture
2 Timotius 3:2 (TB)  Manusia akan mencintai dirinya sendiri dan menjadi hamba uang. Mereka akan membual dan menyombongkan diri, mereka akan menjadi pemfitnah, mereka akan berontak terhadap orang tua dan tidak tahu berterima kasih, tidak mempedulikan agama, 

Observation
Pada setiap kesulitan ataupun kondisi apapun, kita bisa memilih berbagai respon. Tidak ada respon baku untuk peristiwa tertentu. Di masa pandemi ini, untuk menyelamatkan diri kita bisa meresponi dengan tinggal di menara Gading, yang penting selamat. Atau mulai mengasihi orang lain dan memperhatikan keselamatan orang lain juga. Pandemi ini bisa membuat manusia semakin mengasihi atau semakin egois. Pilih yang mana?

Pandemi ini adalah kesempatan menunjukkan kasih Kristus kepada yang membutuhkan.

Aplication 
Bagaimana aku menunjukkan kasih Kristus kepada orang lain di masa ini? Lakukan! 

Prayer
Tuhan, ajar aku supaya tidak egois di masa pandemi ini. Mampukan aku mengasihi orang lain dengan perbuatan. Amin.

Efesus 5

Scripture 
Efesus 5:20 (TB)  Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita

Observation
Beberapa hari ini pengen ngomel-ngomel deh, ada beberapa sikon yang membuat mengeluh jadi respon otomatis. Tapi aku salah, aku selalu bisa memilih untuk mengucap syukur.

Aplication
Pilih mengucap syukur Meg!

Prayer
Tuhan, biarlah mengucap syukur menjadi respon otimatisku dalam setiap keadaan. Amin.
Gratitude Journal
14 Agustus 2021

1. Bersyukur pagi bisa beli Soto Lamongan dan beli kue-kue.
2. Bersyukur bisa ke rumah Mamaku dan menginap di sana.
3. Bersyukur melihat kelucuan bocah-bocah saat mau meninggalkan bonekanya.
4. Bersyukur bisa memggambar bareng Sara dan Sofia, padahal aku gak suka menggambar. Mereka enjoy banget.

Palangka Raya, 14 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Timotius 2, Efesus 5

Efesus 5

Scripture
Efesus 5:17 (TB)  Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. 

Observation & Aplication 
Bagaimana supaya mengerti kehendak Tuhan? 
1. Baca firman Tuhan
2. Berdoa. Tanya Tuhan, apa maksudNya.
3. Menaati Tuhan. Ketaatan seringkali mendahului pengertian.

Prayer
Tuhan, aku mau mengerti kehendak Tuhan. Tolong aku yang sering gak mengerti ini. Ajari aku ya Tuhan setiap jalanMu. Amin.

2 Timotius 2

Scripture
2 Timotius 2:7 (TB)  Perhatikanlah apa yang kukatakan; Tuhan akan memberi kepadamu pengertian dalam segala sesuatu. 

Observation
Wow. Rhema ini relate sama yang kubaca sebelumnya. Saat ingin mengerti kehendak Tuhan, manusia melakukan aneka cara. Tapi di ayat ini bilang Tuhan akan memberi pengertian akan segala sesuatu. Pengertian sumbernya dari Tuhan. Gak perlu aku mencari pengertian di luar Tuhan. Tuhan akan beri pada waktunya.

Aplication
Kalau Tuhan mau, Tuhan bisa beri pengertian sekarang juga. Aku perlu melakukan bagianku saja, taat.

Prayer
Tuhan, aku percaya segala sesuatu yang aku gak ngerti, Tuhan ngerti kok. Tolong aku ya Tuhan, supaya taat sekalipun gak ngerti dan lebih-lebih lagi saat tahu Tuhan maunya apa. Amin.
Gratitude Journal 
13 Agustus 2021

1. Bersyukur notisi hasil audit sudah keluar. Ada beberapa temuan administrasi.
2. Bersyukur masak nasi kuning dan ayam, lalu sempat buat kering tempe.
3. Bersyukur mama main ke rumah kami dan bawa nasi goreng telur buat sarapan.
4. Bersyukur sore bisa main ke rumah sepupu, Sara dan Sofia senang banget karena sudah lama gak ke sana.
5. Bersyukur akhir-akhir ini Sara suka tanya bacaan di bukunya apa. Sepertinya dia dah tertarik belajar membaca buku. Yay.
6.Bersyukur walaupun tunkin belum keluar tapi kebutuhan harian kami masih tercukupi. 
7. Bersyukur paket yang kami pesan datang.

Palangka Raya, 13 Agustus 2021
-Mega Menulis-

2 Timotius 1, Efesus 5

2 Timotius 1 

Scripture
2 Timotius 1:14 (TB)  Peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita, oleh Roh Kudus yang diam di dalam kita.

Observation
Bagaimana memelihara Roh  Kudus yang diam di dalamku? Dengan tidak mengabaikanNya. Kalau aku gak mendengarkan perkataanNya, aku sedang memadamkan suaranya. Lama kelamaan kehadiranNya menjadi tak berarti bahkan seperti tak ada jika dalam setiap kesempatan aku memilih mengabaikanNya.

Aplication
Pribadi Roh Kudus jangan diabaikan Meg. Dengarkan Dia, bicarakan padanya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk gak mengabaikan Roh Kudus yang tinggal diam di dalamku. Amin.

Efesus 5

Scripture
Efesus 5:5 (TB)  Karena ingatlah ini baik-baik: tidak ada orang sundal, orang cemar atau orang serakah, artinya penyembah berhala, yang mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah.

Observation
Orang serakah tidak mendapat bagian di dalam Kerajaan Kristus dan Allah. Wuih keras banget ayat ini. Aku merasa tertegur. Beberapa hari ini aku merasa kalau aku serakah. Aku juga heran dengan diriku, kok kayak jadi orang yang gak punya rasa cukup ya. Duh. Sedih.

Aplication
Cukupkan dirimu dengan apa yang ada padamu Meg. Kalau yang kamu inginkan hanya membawa kamu dalam dosa, berhentilah menginginkannya.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk sungguh-sungguh mencukupkan diri dengan apa yang ada. Amin.
Gratitude Journal
12 Agustus 2021

1. Bersyukur sarapan jus mangga dan roti.
2. Bersyukur walaupun banyak pekerjaan hari ini, satu demi satu selesai.
3. Bersyukur gak perlu lembur sampai malam.
4. Bersyukur permintaan auditor bisa kami penuhi.
5. Bersyukur bisa dengar cerita Sara sebelum tidur.

Palangka Raya, 12 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 13, Efesus 5

Efesus 5

Scripture
Efesus 5:12 (TB)  Sebab menyebutkan saja pun apa yang dibuat oleh mereka di tempat-tempat yang tersembunyi telah memalukan. 

Observation
Jangan bergosip Meg! Kemarin aku melakukan dosa. Aku cerita ke temanku tentang pelanggaran yang dilakukan temanku yang lain. Ya, memang yang aku katakan benar. Tetapi apa gunanya? Ayat ini benar-benar menamparku. Menyebutkan pun jangan Meg! Duh.

Aplication
Walaupun benar, tidak perlu menyebarkan berita tentang pelanggaran seseorang Meg.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena berbuat dosa dengan mulutku. Tolong aku ke depannya menahan diri dari bergosip. Amin.

Ibrani 13

Scripture
Ibrani 13:5 (TB)  Janganlah kamu menjadi hamba uang dan cukupkanlah dirimu dengan apa yang ada padamu. Karena Allah telah berfirman: "Aku sekali-kali tidak akan membiarkan engkau dan Aku sekali-kali tidak akan meninggalkan engkau."  

Observation
Tadi pagi aku dan suami membicarakan tentang keuangan kami beberapa bulan ini lalu memikirkan beberapa alternatif untuk menambah pemasukan. Sempat terpikir mengambil beberapa jalan tapi kami belum memutuskan. Baca ayat ini diingatkan untuk mencukupkan diri dengan apa yang ada dulu. Aku mau share ini ke suami.

Aplication
Cukupkan diri dengan yang ada dulu. Jangan memaksakan diri!

Prayer
Tuhan, terima kasih untuk firman Tuhan yang sangat jelas agar aku mencukupkan diri dengan yang ada. Tolong aku untuk selalu merasakan kecukupan bahkan kelimpahan dalam Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
11 Agustus 2021

1. Bersyukur pagi bisa sarapan simple, goreng lumpia dan makan sereal dan susu coklat. Anak-anak senang banget, hahaha.
2. Bersyukur bisa main ke rumah mamaku dan ngobrol di sana.
3. Bersyukur ke Hypermart dan ada beberapa barang diskon.
4. Bersyukur bisa blessing Omku yang sedang sakit dan main ke sana.

Palangka Raya, 11 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 12

Ibrani 12

Scripture
Ibrani 12:2 (TB)  Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah. 

Observation
Aku harus melakukan sesuatu dan aku berpikir yang penting bertindak dulu, tapi hari ini diingatkan untuk melakukannya dengan mata tertuju kepada Yesus. Dialah yang menjadi fokusku. Langkah ini buat kemuliaan Tuhan, bukan sekedar ambisi dan keinginan pribadi.

Aplication
Wujudkan mimpi dengan mata tertuju pada Allah. Jangan hanya untuk keinginan sendiri Meg.

Prayer
Ya Bapa, dimuliakanlah namamu atas mimpi kami. Amin.
Gratitude Journal
10 Agustus 2021

1. Bersyukur dapat durian dari temanku.
2. Bersyukur auditor gak minta banyak berkas ke aku.
3. Bersyukur bisa cuci pakaian.
4. Bersyukur bisa baca buku buat bocah-bocah.
5. Bersyukur pulang kehujanan dan suami siapkan air hangat buat mandi.
6. Bersyukur bisa jalan bareng keluarga.

Palangka Raya, 10 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 11, Efesus 5

Ibrani 11

Scripture
Ibrani 11:1-2 (TB)  Iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.
Sebab oleh imanlah telah diberikan kesaksian kepada nenek moyang kita.

Observation
Banyak pahlawan iman yang imannya menjadi kesaksian
Karena iman mereka melakukan berbagai tindakan iman. Iman mereka ditunjukkan dengan perbuatan.

Aplication
Aku dan suami sedang mendiskusikan rencana ke depan dan aku harus melakukan tindakan iman. Bukan sekedar beriman tanpa bertindak.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu apa yang kami rencanakan. Aku belum bertindak. Tolong aku melakukan bagianku ya Tuhan, yaitu bertindak. Jangan biarkan aku takut dan gak melangkah. Amin.
Efesus 5

Scripture
Efesus 5:10 (TB)  dan ujilah apa yang berkenan kepada Tuhan. 

Observation
Lakukan yang berkenan kepada Tuhan. Jangan hanya asal melakukan. Seringkali segala kesibukan membuat hanya melakukan tanpa memberikan yang terbaik. Tapi kiranya aku mengingat bahwa ini untuk Tuhan, bukan untuk manusia. Masakan aku memberikan kurang dari yang terbaik. 

Aplication 
Cari perkenan Tuhan dalam segala sesuatu yang dikerjakan.Berikan yang terbaik Meg! Jangan ngasal! 

Prayer 
Tuhan, aku mau memberikan yang terbaik dalam segala yang aku kerjakan. Tolong aku yang lemah ini. Amin.

Palangka Raya, 9 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 10,Efesus 5

Ibrani 10

Scripture
Ibrani 10:36 (TB)  Sebab kamu memerlukan ketekunan, supaya sesudah kamu melakukan kehendak Allah, kamu memperoleh apa yang dijanjikan itu.

Observation
Dengan berat hati aku harus mengakui kalau aku bukan orang yang tekun. Sering semangat luntur dan aku berhenti melakukan yang baik karena kecewa, kecewa tidak mendapatkan hasil. Hari Ini diingatkan lagi kalau buah ketekunan adalah ketekunan itu sendiri. Melakukan segala sesuatu untuk Tuhan dengan tekun bukan hal yang mudah. Dan jika aku sudah melakukannya, masakan aku masih meributkan hasil?

Aplication
Lakukan dengan tekun dan bahkan disiplin segala sesuatu untuk Tuhan, sampai itu menjadi KARAKTERMU Meg.

Prayer
Tuhan, ampuni aku karena hanya berorientasi pada hasil sampai mengabaikan ketekunan adalah PR seumur hidup. Tolong aku menjadi tekun ya Tuhan. Amin.
Efesus 5

Scripture
Efesus 5:4 (TB)  Demikian juga perkataan yang kotor, yang kosong atau yang sembrono — karena hal-hal ini tidak pantas — tetapi sebaliknya ucapkanlah syukur.

Observation
Keadaan di kantor sekarang rasanya membuat ingin misah-misuh. Gak jarang beberapa kali keluar perkataan yang kosong dariku. Aku salah, itu gak pantas diucapkan. Aku harusnya mengucap syukur.

Aplication
Tetap mengucap syukur apapun keadaan di kantor Meg.

Prayer
Tuhan, tolong aku mengganti perkataanku yang kosong dengan ucapan syukur. Amin.

Palangka Raya, 8 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 9, Roma 12

Ibrani 9

Scripture

Ibrani 9:14 (TB)  betapa lebihnya darah Kristus, yang oleh Roh yang kekal telah mempersembahkan diriNya sendiri kepada Allah sebagai persembahan yang tak bercacat,akan menyucikan hati nurani kita dari perbuatan-perbuatan yang sia-sia, supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. 

Observation
JKristus telah memberikan teladan dengan memberikan dirinya sebagai persembahan yang tak bercacat supaya kita dapat beribadah kepada Allah yang hidup. Maka aku harus mempersembahkan pula tubuhku sebagai persembahan yang hidup kepada Allahku yang hidup. 

Aplication
Setiap hal yang aku lakukan adalah persembahan bagi Allah.

Prayer
Tuhan, tolong aku melakukan yang kudus  dan berkenan dalam hidupku agar hidupku sungguh jadi persembahan yang hidup bagimu. Amin.

Roma 12

Scripture
Roma 12:1 (TB)  Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. 

Observation
Ibadah yang sejati adalah keseluruhan yang aku lakukan dalam hidupku. Bagaimana sikap hatiku saat melayani orang-orang di sekelilingku dan melakukan sesuatu. 

Aplication 
Jadi perenungan buatku:
Sudahkah aku melakukannya dengan hati yang tertuju kepada Allah?
Sudahkah aku melakukan yang kudus dan berkenan kepada Allah?
Kalau belum aku harus bertobat dan sungguh-sungguh melakukan bagi Tuhan.

Prayer
Tuhan apa yang kulakukan kiranya menjadi persembahan yang hidup dan berkenan kepada Tuhan. Amin.
Gratitude Journal
7 Agustus 2021

1. Bersyukur bisa nyuci bareng suami. 
2. Bersyukur bisa main ke tempat mamaku dan anak-anak senang.
3. Bersyukur kami sekeluarga sehat.
4. Bersyukur bisa jalan ke Hypermart dan ada diskon.
5. Bersyukur bisa bacakan satu buku sekaligus buat anak-anak.

Palangka Raya, 7 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 8, Roma 12

Roma 12

Scripture
Roma 12:21 (TB) 
Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! 

Observation
Lebih mudah berbuat jahat daripada berbuat baik. Apalagi saat kita merasa orang berbuat jahat kepada kita, respon alami adalah balas berbuat jahat. Tapi ini gak menyelesaikan masalah. Pengenalan akan Kristus seharusnya memberikan teladan untuk merespon secara berbeda. Sebagaimana Dia mengasihi kita saat kita berdosa, kita pun mampu mengasihi mereka yang berbuat jahat.

Aplication
Aku sedang marah kepada seseorang, tapi hari aku diingatkan untuk tetap berbuat baik. Tetap mengasihi.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengasihi bahkan kepada yang berbuat jahat. Amin.
Ibrani 8

Scripture
Ibrani 8:12 (TB)  Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka." 

Observation
Allah memberikan teladan untuk gak mengingat kesalahan orang lain, aku pun dapat melakukan yang sama. Karena Allah telah berbelas kasihan dan mengampuni kesalahanku, aku pun dapat melakukan yang sama.

Aplication
Lupakan kesalahan orang lain padamu Meg. Ampuni.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk mengampuni dan melupakan. Amin.

Gratitude Journal
6 Agustus 2021

1.  Bersyukur bisa mengikuti pelatihan secara online dan lumayan mengerti apa yang disampaikan. 
2. Di ruanganku 4 orang terkena Covid-19, bersyukur aku masih sehat. 
3. Bersyukur bisa lembur, berarti aku sehat. 
4. Bersyukur pulang malam dan ada air hangat disediakan suami untukku mandi, so sweet. 
5. Bersyukur makan varian baru Oreo, wafernya enak banget. 
6. Bersyukur hari ini gak usah masak. Ada makanan dari adekku ultah, jadi tinggal manasin. 
7. Bersyukur walaupun capek tapi masih sehat.

Palangka Raya, 6 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Roma 12

Roma 12

Scripture
Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 

Observation
Di masa ini, rasanya berdoa agar pandemi ini segera berakhir percuma. Malahan kemarin teman seruanganku yang hampir setiap hari ketemu pun kena lagi, total ada tiga orang di ruanganku yang kena. Lah, boro-boro mau berakhir. Ini kok makin banyak yang kena. Gimana mau tekun berdoa kan ya? Lalu aku sadar, jangan-jangan aku salah berdoa. Pandemi ini terjadi dengan seizin Tuhan, kalau ini masih terjadi aku harus berdoa supaya kuat menanggung apapun yang terjadi di masa ini. 

Aplication 
Jangan menjadi tawar hati dan hanya berdoa ini segera berakhir.  Terus bersukacita, bersabar dan berdoa. Kalau menunggu pandemi berakhir baru bersukacita, kapan?

Prayer
Tuhan, biarlah aku semakin bersukacita, berharap dan berdoa di masa pandemi ini. Amin.
Gratitude Journal
5 Agustus 2021

1. Bersyukur adekku hari ini berulang tahun yang ke-28
2. Bersyukur hari ini gak perlu lembur. 
3. Bersyukur bisa makan siang ditraktir temanku. 
4. Bersyukur bisa fokus bekerja dan gak memikirkan hal lain. 
5. Bersyukur pulang kantor disiapkan air hangat untuk mandi sama suamiku. 
6. Bersyukur malam bisa baca buku bareng anak anak. 
7. Bersyukur bisa kumpul bareng keluarga merayakan ultah adekku.

Palangka Raya, 5 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 6, Roma 12

Ibrani 6

Scripture
Ibrani 6:15 (TB)  Abraham menanti dengan sabar dan dengan demikian ia memperoleh apa yang dijanjikan kepadanya. 

Observation
Menanti dengan sabar adalah kunci memperoleh apa yang dijanjikan. Bisa saja seseorang menanti dengan keluhan, kemarahan, dan frustrasi. Pada dasarnya semua orang bisa menunggu, tapi sikap hatinya saat menunggu? Bisa jadi berbeda. 

Aplication
Aku mau bersukacita saat menanti.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk fokus melakukan yang aku bisa dan bersukacita dalam menanti. Amin.

Roma 12

Scripture
Roma 12:12 (TB)  Bersukacitalah dalam pengharapan, sabarlah dalam kesesakan, dan bertekunlah dalam doa! 

Observation
Semingguan ini sepertinya akan jadi seminggu yang melelahkan. Sudah dua hari aku lembur. Nyesek banget rasanya karena semua pekerjaan kok deadlinenya berdekatan. Mengumpulkan KAK, dokumen ZI dan dokumen bahan audit. Karena kecapean jadinya emosi kalau disenggol sedikit. Mana  Sara juga sensitif banget, beberapa hari ini tiap hari ada rewelnya. Duh. 

Aplication
Aku harus tenang dan punya stok sabar di masa sekarang, semua akan berlalu dengan baik.

Prayer
Tuhan, mampukan aku untuk bersabar di masa sekarang ini. Nyesek dan capek rasanya, tapi aku mau bersukacita. Amin.
Gratitude Journal
4 Agustus 2021

1. Bersyukur pagi  sempat masak ayam gulai dan sayur buncis.
2. Bersyukur sudah beberapa hari ini anak-anak bangun pagi sendiri tanpa dibangunkan.
3. Bersyukur acara sertijab lancar.
4. Bersyukur ketemu bos baru.
5. Bersyukur bisa nyicil upload bahan audit ke Google Drive.
6. Bersyukur lembur sampai malam dan pulang ke rumah suami sediakan air hangat buat aku mandi, so sweet deh.
7. Bersyukur bisa bacakan buku cerita buat anak-anak. 
8. Bersyukur uangku yang kepotong di bank sudah kembali.

Palangka Raya, 4 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 5, Roma 12

Roma 12

Scripture
Roma 12:21 (TB)  Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan! 

Observation
Satu-satunya mengalahkan kejahatan adalah dengan melakukan yang baik. Terkadang kalau ada orang membuatku kesal, aku ingin balas membuatnya kesal. Tapi itu gak akan menghasilkan apa-apa. Akunya tambah kesal dan orang itu gak akan berubah. Lebih baik balas sikap jutek dengan sikap manis. Kata-kata kasar dengan kelembutan.

Aplication
Lakukan yang baik sekalipun kamu merasa orang itu gak pantas menerima kebaikanMu. Ingat Meg. Tuhan terlebih dahulu berbuat baik padamu.

Prayer
Tuhan, gak mudah berbuat baik pada mereka yang membuat kesal. Tolong aku Tuhan, mampukan aku melakukan yang baik sekalipun terasa sulit. Amin.

Ibrani 5

Scripture
Ibrani 5:11 (TB)  Tentang hal itu banyak yang harus kami katakan, tetapi yang sukar untuk dijelaskan, karena kamu telah lamban dalam hal mendengarkan.

Observation
Lamban mendengarkan bisa bermakna gak fokus sehingga gak mendengarkan dengan sungguh, alias gak peduli dengan apa yang disampaikan. Biasanya orang bersikap tidak peduli karena :
- dia tidak menganggap penting apa yang disampaikan
- dia tidak menghargai orang yang berbicara
Apakah aku lambat mendengarkan? Ya, terkadang aku begitu dan memang alasannya antara kedua hal itu. Bukan sikap yang benar. Jadi aku harus bertobat.

Aplication
Bagaimana cepat mendengar?
Menyimak dengan fokus tanpa membagi perhatian

Prayer
Tuhan, ampuni aku kalau selama ini lambat mendengar apa yang Tuhan sampaikan karena aku gak fokus. Aku mau menghormati Tuhan dengan fokus pada apa yang Tuhan sampaikan. Amin.
Gratitude Journal
3 Agustus 2021

1. Bersyukur pas jalan pagi dan Sara rewel, aku bisa sabar.
2. Bersyukur bisa nyicil data dukungZI.
3. Bersyukur bisa pesan online makanan untuk makan siang.
4. Bersyukur selesai membuat KAK.
5. Bersyukur malam bisa membacakan buku buat anak-anak.

Palangka Raya, 3 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 4, Roma 12

Ibrani 4

Scripture
Ibrani 4:12 (TB)  Sebab firman Allah hidup dan kuat dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun; ia menusuk amat dalam sampai memisahkan jiwa dan roh, sendi-sendi dan sumsum; ia sanggup membedakan pertimbangan dan pikiran hati kita. 

Observation
Tidak ada yang tersembunyi di hadapan firman Tuhan, firmanNya sungguh mampu mengoreksi segala pemikiran dan hatiku. Saat dihadapkan dengan situasi tertentu dan membandingkan sikap hatiku dengan firman Tuhan, aku sering dapati yang aku lakukan berbeda dengan kebenaran firman Tuhan. Walaupun alasanku untuk gak melakukan terlihat masuk akal, tapi hatiku tahu sebenarnya sejak awal kalau aku memang gak mau menaati Tuhan. Duh.

Aplication
Selidiki hatiku saat menghadapi suatu situasi. Bersediakah aku mengambil keputusan tetap menaati firman Tuhan walaupun bertentangan dengan hatiku?

Prayer
Tuhan tolong aku membedakan keinginanku dengan keinginan Tuhan. Tolong aku menaati Tuhan saat tahu apa yang Tuhan inginkan. Amin.

Roma 12

Scripture
Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Observation
Dunia semakin egois mencari dan melakukan hanya yang menguntungkan dirinya. Aku tidak boleh serupa dengan dunia ini, berarti aku harus melakukan yang berkenan kepada Tuhan sekalipun tidak menguntungkan. Untuk itu terlebih dulu aku harus tahu, apa kehendak Allah.

Aplication
Kalau ingin tahu kehendak Allah,aku harus terlebih dulu bersedia menaati Dia.

Prayer
Tuhan, berikanku hati yang siap taat apapun kehendakMu. Sehingga saat tahu, kehendak Tuhan aku tidak mencari alasan untuk tidak taat. Amin.
Gratitude Journal
2 Agustus 2021

1. Bersyukur sempat jalan pagi biarpun sebentar.
2. Bersyukur bisa blessing teman kantorku dengan baby crab.
3. Bersyukur pagi sempat buat puding kesukaan bocah.
4. Bersyukur bisa ke bank.
5. Bersyukur bisa menyicil upload data dukung ZI.
6. Bersyukur buat kemenangan Greysia dan Apriyani. Yay! Indonesia dapat emas di olimpiade.

Palangka Raya, 2 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 3, Roma 12

Ibrani 3

Scripture
Ibrani 3:7-8 (TB)  Sebab itu, seperti yang dikatakan Roh Kudus: "Pada hari ini, jika kamu mendengar suara-Nya, 
janganlah keraskan hatimu seperti dalam kegeraman pada waktu pencobaan di padang gurun, 

Observation
Bagaimana aku mengeraskan hatiku? 
Saat aku mencari alasan untuk tidak menaati Tuhan. 
Saat aku tahu bagaimana melakukan firmanNya tapi aku memilih tidak melakukannya.
Saat aku menunda-nunda menaati Tuhan.

Aplication
Apa kata firman Tuhan? Lakukan Meg. Jangan biarkan dirimu mengeraskan hati.

Prayer
Tuhan, ampuni aku yang sering merasa kekurangan padahal berkat Tuhan selalu melimpah. Ampuni aku karena sering kuatir akan hidupku. Tolong aku untuk mempercayai Tuhan sepenuhnya. Amin.

Roma 12

Scripture
Roma 12:8 (TB)  jika karunia untuk menasihati, baiklah kita menasihati. Siapa yang membagi-bagikan sesuatu, hendaklah ia melakukannya dengan hati yang ikhlas; siapa yang memberi pimpinan, hendaklah ia melakukannya dengan rajin; siapa yang menunjukkan kemurahan, hendaklah ia melakukannya dengan sukacita. 

Observation
Saat aku pikir aku kekurangan, aku diingatkan kalau karunia TUHAN untuk setiap kita beraneka macam dan kita dapat berbagi dan melayani orang lain melalui karunia tersebut. Berbagi tidak hanya berupa materi tapi melalui karunia yang Tuhan berikan.

Aplication
Aku berlimpah dengan karunia TUHAN, Dia memampukanku berbagi melalui karunia yang telah Dia berikan. Gak ada alasan merasa kekurangan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menggunakan setiap karunia yang Tuhan berikan untuk melayani orang lain. Amin.
Gratitude Journal
1 Agustus 2021

1. Bersyukur pagi bisa jalan sama anak-anak dan adekku ke TK dekat rumah eyangnya.
2. Aku ngambil uang di ATM dan dua kali gagal tapi kepotong saldoku, bersyukur untuk pengambilan pertama uangnya kembali. Untuk yang kedua akan aku urus besok. 
3. Bersyukur bisa mengantar mama dan adekku ke kuburan eyang dan minaku. 
4. Bersyukur adekku dapat blessing buah dan makanan dari temanku. 
5. Bersyukur anak-anak senang main di tempat eyangnya. 
6. Bersyukur gaji masuk dan langsung terpotong kredit rumah.

Palangka Raya, 1 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Jangan Berantem Ya!

Keterangan : (kiri-kanan)
Lumba-Unicorn-Cindul-Bijih-Baim-Angela

Sara dan Sofia pernah minta supaya boneka-bonekanya dibawa setiap ke rumah eyangnya, tapi kan rempong amat ya bawa mainan banyak. Wong cuma semalam nginapnya. Aku larang dong. Mereka nurut aja sih. Nah, sebelum ke rumah eyangnya, Sara dan Sofia menyusun boneka-bonekanya sambil mengoceh.
Sofia : Dedek mau ke tempat eyang ya, kalian di rumah aja. Nih, baca buku sama-sama (sambil membukakan halaman bukunya).
Sara : Jangan rebutan bukunya ya, jangan berantem. Nanti mainnya gak asyik kalau berantem.
Sofia : Angela jangan berantem ya sama Baim! 
Sara : Kalau berantem nanti gak dikasih gadget lo.
Buahahahaha. Ngakaklah aku dan papanya mendengar pesan-pesan mereka ke bonekanya. Itu kan kata-kata yang pernah kami ucapkan ke mereka 🤣  Kami harus mengingatkan mereka berkali-kali untuk gak berebutan mainan, gak berantem, dll. Kami memang pernah bilang juga mereka belum waktunya dapat gadget karena masih suka berantem dan belum bisa dipercaya dengan gadget. Ndilalah kok bisa-bisanya menasihati bonekanya seperti itu. Geli kan jadinya 🙄 😁

Palangka Raya, 15 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Belajar Menggambar


Sejak kecil aku paling gak suka pelajaran menggambar, maklum gak bisa menggambar. Pernah pas di TK aku mikir kalau gak ada pelajaran menggambar aku adalah orang paling bahagia di dunia. Buahahaha. Nggilani yo, definisi kebahagiaan bocah TK ditentukan pelajaran menggambar 🙄 Lagian anak TK kok segitunya karena menggambar. Ya opo yo, emang kalau dah pelajaran menggambar itu jadi bingung mau buat apa. Blas gak ada jiwa seni sama sekali aku tu. Makanya selalu salut melihat orang-orang yang menggambar kayak gak mikir, tahu-tahu hasilnya bagus aja. Lah aku, menggambar daun aja gak simetris 😔😁


Pas dah punya anak surprise jadinya lihat Sara bangun tidur dan mau tidur cari papan gambar. Bertekad dong emak yang gak bisa menggambar ini supaya anaknya gak kayak emaknya yang benci pelajaran menggambar 😂Jadi kemarin di tempat eyangnya pas gak bawa papan gambar, bocah-bocah aku kasih pulpen dan kertas buat menggambar. Aku bukain IG @kreasi.ta supaya mereka belajar menggambar dengan asyik, tutorial menggambarnya keren dan gampang diikuti anak-anak karena ada step by stepnya. Awalnya aku cuma ngeliatin. Terus kupikir, kalau mau mindful, ya ikut aja lah. Gak bisa menggambar? Ya kan belajar. Ternyata asyik juga lo. Kami sama-sama belajar menggambar, bergantian memilih tutorial mana yang ingin kami ikuti.


Anak-anak senang banget mengikuti tutorialnya sambil mengoceh dan yang cukup mengejutkan aku juga ternyata lumayan menikmati aktivitas menggambar bareng mereka. Jadi mikir, kok dulu aku benci sekali ya menggambar 🤔. Sebelum tidur malam, saking senengnya mereka masih membicarakan besok mau menggambar apa. Sofia mau menggambar sapi, kura-kura dan es krim. Sara mau menggambar robot, mama mau menggambar baju. Ya gak jadi suka menggambar juga sih aku, tapi semangat anak-anak menulariku. Aktivitas menggambar jadi gak seseram yang kurasakan waktu kecil 🤭 Makasih Kak Tata  🤗


Palangka Raya, 14 Agustus 2021

-Mega Menulis-

Saturday, August 14, 2021

Anakku Belum Bisa Membaca

Iya. Di umurnya yang hampir lima tahun ini, Sara belum bisa membaca. Sofia apalagi, boro-boro, mengenali huruf saja kadang dia masih salah kok. Akakakak. Sedih dong kamu Meg sebagai orang tuanya? Ngga tuh. Ngapain sedih. Eh, dulu mungkin agak terintimidasi sih melihat anak tetangga dah bisa membaca di umur empat tahun, membaca dalam bahasa Inggris pulak. Keren kan anak tetangga? Lalu, anakmu gak keren dong Meg? Tetap keren dong 😎 

Lewat coaching di Rumah Inspirasi setahun lalu aku menyadari kalau anak dengan senang hati mempelajari sesuatu karena dua alasan:
1. Karena suka
2. Karena butuh
Masuk akal kan? Lah kita aja yang orang tua juga sama kok. Jadi kalau ingin anak belajar sesuatu, temukan dulu WHYnya. Alasan kenapa itu menarik dan kenapa itu pentinglah yang akan mendorong dia belajar. 

Kami mulai sadar, sebagai orang tua tugas kami membantu anak-anak menemukan WHY itu. Kalau belum ketemu ya sampai kapanpun tarik urat leher dah untuk membuat mereka mempelajari sesuatu. Main paksa? Bisa aja sih. Tapi di mana sukacitanya belajar karena terpaksa? Akhir-akhir ini Sara suka menunjuk kata-kata di buku bacaannya dan bertanya,"Ini apa Mah bacaannya?". Apakah ini tanda dia mulai butuh? Yay. Semoga ya. Yang jelas emaknya terharu 🥺 Semoga ini merupakan sinyal terpantiknya keinginannya untuk belajar membaca 😊 Mungkin lama banget ya prosesnya dibanding 'dipaksa', tapi beneran deh, ada sukacita tersendiri menyadari minat itu mulai muncul dari dalam diri anak tanpa paksaan orang tua. Kami membacakan aneka buku dan dia suka, nampaknya dari dibacakan dia jadi ingin membaca sendiri. Semoga 😍.

#MakSara #emakhappy #neverstoplearning #sukacitabelajar

Palangka Raya, 13 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Sukacita Belajar

Rindu sekali anak-anak mengalami sukacita belajar dalam setiap proses kehidupannya. Belajar adalah sukacita, bukan beban. 

Dari gak tahu menjadi tahu. 
Dari gak bisa menjadi bisa. 
Prosesnya terkadang gak mudah, tapi mengasyikan kok belajar hal baru. Ya gak semua hal dipelajari, tapi jangan pernah berhenti belajar lah ya. 

Semoga Sara dan Sofia gak berhenti belajar seumur hidup ya, dunia ini taman bermain dan belajar yang luas sekali Nak. Belajar itu menyenangkan. Semoga papa dan mama juga bisa jadi teladan dan menjadi manusia pembelajar membersamai langkah kalian.

Palangka Raya, 13 Agustus 2021
-Mega Menulis-

Kenapa Membacakan Buku Buat Anak

Membacakan buku buat anak supaya anak bisa cepat membaca?

Kalau aku sih bukan itu tujuannya, aku beriman anak pasti nanti akan bisa membaca pada waktunya, tinggal distimulasi dan diajari dengan sabar (eh, ini susah juga sih ya, akakakak). 
Tapi serius nanya, emang buat apa sih anak cepat bisa membaca? Oalah, 'tuntutan' sekolah to. Baiklah. 

Kalau aku sih gak membacakan buku dengan tujuan itu sih. Aku tujuannya lebih ke bonding dengan anak, sesuatu banget lo melihat wajah mereka kegirangan mendengar mamanya membaca dengan suara dibuat-buat. Atau saat mereka tertawa dan berpandangan bareng mendengar 'bunyi' kata-kata baru, lalu mengulang-ulangnya sepanjang hari. Melihat ekspresi mereka saat dibacakan buku membuatku bahagia. Waktu aku mulai malas membacakan buku, dengan mengingat ekspresi mereka saat dibacakan buku, aku jadi semangat lagi deh bacain bukunya. Wakakakak. 

Jadi kesimpulannya kamu membacakan buku buat mereka demi kebahagiaanmu sendiri dong Meg? Lah iya dong!!!! 🤣🤣🤣🤣🤣 Zaman Corona gini harus bahagia supaya imun meningkat #eh. 

Btw, mau tebak ga kosa kata apa yang suka diucapkan Sara beberapa hari ini?
Cluenya : profesi.

🤭
Manfaat lain membacakan buku ternyata kosa kata anak jadi bertambah lo. Terkadang aku heran, ni anak dapat dari mana ya kosa kata baru ini? Aku aja lupa lo ternyata pernah membacakannya buat anak. Papanya yang ingat, bukannya kamu yang bacakan waktu itu katanya. Maklum, emak pikun aku tuh 😅 Sadar ga sadar, mereka 'menyimpan' kata-kata yang mereka dengar lo. Tinggal kita aja yang kaget, tahu-tahu keluar kata yang gak biasa kita ucapkan sehari-hari.

Btw, ini bukan endorse ya. Picturenya buku favorit Sara dan Sofia semingguan ini. Emak ngulang-ngulang bacain ini 😅

#emakhappy #bacabukubuatanak #MakSara


Friday, August 13, 2021

Ibrani 2, Amsal 31

Ibrani 2

Scripture
Ibrani 2:18 (TB)  Sebab oleh karena Ia sendiri telah menderita karena pencobaan, maka Ia dapat menolong mereka yang dicobai. 

Observation
Penderitaan hanyalah penderitaan jika itu tidak membentuk karakter kita dan berguna dalam melayani orang lain. Saat aku DIIZINKAN Tuhan mengalami penderitaan itu punya tujuan untuk membentuk karakter dan memampukanku berempati pada mereka yang juga mengalami hal yang sama. Penderitaan adalah bibit melayani sesama yang menderita.

Aplication
Saat aku mengalami kesusahan, aku harus menjadi lebih berempati dan mampu melayani orang lain.

Prayer
Tuhan, pakailah pergumulanku supaya aku bisa melayani orang lain. Bahkan saat aku bergumul biarlah aku mampu melayani. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:25 (TB)  Pakaiannya adalah kekuatan dan kemuliaan, ia tertawa tentang hari depan. 

Observation
Di saat banyak orang kuatir tentang masa depan, wanita yang cakap tertawa tentang hari depannya. Kenapa? Karena dia memiliki persiapan yang baik, melakukan yang bisa dia lakukan dan mempercayai Allah. Dia tidak takut apapun.

Aplication
Aku mau belajar dari wanita ini dan hidup tanpa kekuatiran dengan melakukan yang aku bisa dan mempercai Allah. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku hidup dengan iman. Amin.
Gratitude Journal
31 Juli 2021

1. Bersyukur bisa ke rumah Mamaku dan menginap di tempat mama.
2. Bersyukur pagi bisa piknik di TMP.
3. Bersyukur bisa cerita-cerita bareng keluarga.
4. Bersyukur trading Agustus ini lumayan.
5. Bersyukur bisa makan sate malam ini.

Palangka Raya, 31 Juli 2021
-Mega Menulis-

Ibrani 1, Amsal 31

Ibrani 1

Scripture
Ibrani 1:2 (TB)  maka pada zaman akhir ini Ia telah berbicara kepada kita dengan perantaraan Anak-Nya, yang telah Ia tetapkan sebagai yang berhak menerima segala yang ada. Oleh Dia Allah telah menjadikan alam semesta.

Observation
Ga ada rhema khusus, tapi baca ayat ini aku bersyukur betapa Allah mau intim dengan kita manusia sehingga AnakNya yang tunggal dijadikannya perantara. Betapa Dia mengasihi kita. Aku bersyukur.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:28 (TB)  Anak-anaknya bangun, dan menyebutnya berbahagia, pula suaminya memuji dia: 

Observation
Apakah anak-anakku melihatku berbahagia? Untuk dapat menyebut mamanya berbahagia tentu mereka harus melihat kebahagiaan itu. Nah, kalau aku ngomel dan ngeluh sepanjang hari tentunya mereka gak akan melihat itu. Orang yang bersyukur yang akan terlihat bahagia. 

Aplication 
Aku mau bersyukur dan banyak tersenyum.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk bersyukur setiap waktu dan tersenyum. Amin.
Gratitude Journal
30 Juli 2021

1. Bersyukur bisa merevisi lagi LKE ZI.
2. Bersyukur bisa persekutuan dengan teman-teman pelayanan zaman kuliah.
3. Bersyukur bisa WFH.
4. Bersyukur beberapa paket sudah datang.
5. Bersyukur hasil swab mamaku dan sepupuku negatif.

Palangka Raya, 30 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Petrus 5

1 Petrus 5

Scripture
1 Petrus 5:3 (TB)  Janganlah kamu berbuat seolah-olah kamu mau memerintah atas mereka yang dipercayakan kepadamu, tetapi hendaklah kamu menjadi teladan bagi kawanan domba itu.

Observation
Menjadi teladan, bukan mau memerintah saja. Inilah seharusnya yang aku lakukan saat menggembalakan anak-anakku. Seringnya aku ingin saat memerintahkan anak-anak mereka segera taat dan melakukan. Padahal, lebih penting memberikan teladan. Misal, aku ingin mereka bersegera saat aku meminta mereka melakukan sesuatu, apakah aku sudah bersegera juga saat suamiku memintaku melakukan sesuatu? Jangan-jangan belum. 

Aplication
Fokus menjadi teladan dibandingkan ingin dituruti.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi teladan dan gak hanya ingin dituruti. Amin.
Gratitude Journal
29 Juli 2021

1. Bersyukur hasil swab adekku sudah negatif.
2. Bersyukur bocah-bocah dapat es krim dari Omnya.
3. Bersyukur bisa buat ayam goreng tepung kesukaan anak-anak.
4. Bersyukur bisa menyelesaikan mengisi aplikasi monevgar.
5. Bersyukur bisa tetap mengerjakan LKE ZI walaupun kesal karena bosku membuat kesalahan yang berakibat fatal.

Palangka Raya, 29 Juli 2021
-Mega Menulis-

Titus 3, Amsal 30

Titus 3

Scripture
Titus 3:3-4 (TB)  Karena dahulu kita juga hidup dalam kejahilan: tidak taat, sesat, menjadi hamba berbagai-bagai nafsu dan keinginan, hidup dalam kejahatan dan kedengkian, keji, saling membenci.
Tetapi ketika nyata kemurahan Allah, Juruselamat kita, dan kasih-Nya kepada manusia, 

Observation
Saat aku kesal dengan orang-orang yang hidup dalam dosa, membaca ayat ini mengingatkanku bahwa aku juga orang berdosa yang telah menerima kasih karunia Allah. Aku seharusnya berbelas kasihan kepada orang lain yang belum mengenal dan menerima kasih Allah.

Aplication
Jangan benci mereka yang berbuat dosa, bencilah dosanya, kasihi orangnya Meg! Mereka membutuhkan kasih Allah. 

Prayer
Tuhan, tolong aku mengasihi. Aku telah menerima kasih yang berlimpah dariMu sehingga mampu mengasihi mereka yang sulit dikasihi. Amin.

Amsal 30

Scripture
Amsal 30:13 (TB)  
Ada keturunan yang berpandangan angkuh, yang terangkat kelopak matanya. 

Observation 
Sebenarnya aku terkejut dengan pandangan seorang rekan kerja kemarin kepada beberapa orang di timnya. Dia menganggap tidak ada yang kapabel. Well, rekanku ini memang leader di situ dan dia lebih mengenal mereka. Tapi aku diingatkan kalau aku perlu belajar melihat kelebihan orang lain dan gak hanya kekurangannya. 

Aplication 
Aku perlu belajar membuka mata dan melihat sekeliling dengan lebih dekat, gak merasa lebih tinggi atau lebih baik dari orang lain. 

Prayer 
Tuhan, tolong aku untuk melihat kelebihan orang lain. Jangan biarkan aku sombong dan menganggap rendah orang lain. Amin.
Gratitude Journal
24 Juli 2021

1. Bersyukur bisa piknik di taman makam Pahlawan.
2. Bersyukur bisa menukarkan kartu fun city dengan mainan anak.
3. Bersyukur bisa jalan-jalan seharian dengan keluarga.
4. Bersyukur dapat blessing buah dan sayur dari temanku.
5. Bersyukur makan sate dan tongseng kambing yang enak.
6. Bersyukur keadaan mama dan adekku semakin membaik.

Palangka Raya, 24 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Petrus 4, Amsal 31

1 Petrus 4

Scripture
1 Petrus 4:7 (TB)  Kesudahan segala sesuatu sudah dekat. Karena itu kuasailah dirimu dan jadilah tenang, supaya kamu dapat berdoa.

Observation & Aplication 
Banyaknya berita kematian membuatku berpikir, entah sampai kapan umur ini. Pikiran jadi macam-macam, membayangkan yang buruk, mulai kuatir juga. Ayat ini mengingatkanku untuk tenang dan berdoa. Tenang dulu, berdiam di hadapan Tuhan. Dengarkan Tuhan bicara, baru ungkapkan isi hatiku.

Prayer
Tuhan, Engkau tahu isi hatiku. Tenangkanlah aku Tuhan, supaya bisa dengan jelas bisa mendengar suara Tuhan. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:10 (TB)  Isteri yang cakap siapakah akan mendapatkannya? Ia lebih berharga dari pada permata. 

Observation
Hari ini menghadiri pemakaman minaku dan melihat omku sangat terpukul, sedih rasanya. Mungkin om itu membayangkan bagaimana mengurus kedua anaknya, bagaimana kehidupan mereka bertiga ke depannya. Selama ini walaupun sakit, mina mengurus kedua anak mereka, om itu bekerja di kota yang berbeda. Duh, benar-benar luar biasa mina berjuang mengurus keluarganya walaupun sakit. Mendapatkan isteri yang cakap itu berkat, kehilangannya pasti sangat memukul perasaan suaminya.

Aplication 
Aku gak tahu sampai kapan umurku tapi aku mau berusaha menjadi isteri yang cakap seumur hidupku.

Prayer
Tuhan, tolong aku menjadi istri yang cakap bagi suamiku. Amin.
Gratitude Journal
28 Juli 2021

1. Bersyukur di tengah kedukaan meninggalnya minaku, aku diingatkan kalau mina sudah gak sakit lagi.
2. Bersyukur dapat blessing bakcang dari temanku.
3. Bersyukur mama dan adekku dikasih jus dan jamu sama temanku.
4. Bersyukur malam bisa main bareng anak-anak.

Palangka Raya, 28 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Petrus 3, Amsal 31

1 Petrus 3

Scripture
1 Petrus 3:10 (TB)  "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 

Observation & Aplication 
Lidah yang jahat, seperti apa itu?
- Lidah yang asal ngomong, gak peduli dampak ucapannya terhadap orang lain
- Lidah yang hanya mencari keuntungan diri sendiri
Kalau tidak ingin punya lidah seperti ini aku harus koreksi diri, apakah aku berempati terhadap orang lain dan punya ambisi pribadi untuk mencari keuntungan sehingga memanfaatkan orang lain dengan menipu? Kalau iya, harus segera bertobat, supaya lidahku gak membawaku ke dalam dosa.  

Prayer
Tuhan jangan biarkan lidahku menjadi lidah yang jahat. Tolong aku untuk memperkatakan yang baik dan membangun hidup orang lain. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

Observation 
Lidah yang lemah lembut sangat diperlukan saat menghadapi anak-anak. Gak mudah untuk lemah lembut pada anak-anak. Menggunakan nada memgancam terasa mudah. Duh. Harus kembali belajar untuk tenang, kalem dan tegas sama anak. Gunakan perkataan yang membangun. Jangan hanya ingin hasil cepat lalu mengancam, memaksa, membentak. Jangka panjangnya gak akan baik.

Aplication
Sering ajak ngobrol bocah-bocah jadi aku belajar mendengar dan anak-anak mau mendengarkan juga.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya mampu mengendalikan lidahku ini lebih lagi saat berhadapan dengan anak-anak. Amin.
Gratitude Journal 
27 Juli 2021

1. Bersyukur bisa sarapan bareng keluarga di nasi kuning langganan. 
2. Bersyukur pekerjaan di kantor lancar. 
3. Bersyukur adek dan mama semakin kuat, batuk adekku sudah berkurang. 
4. Bersyukur bisa posting video. 
5. Bersyukur bisa main lama dengan anak-anak.

Palangka Raya, 27 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Petrus 2, Amsal 31

1 Petrus 2

Scripture
1 Petrus 2:18 (TB)  Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis.

Observation
Kepala kantor kami berganti lagi, yang baru entah datang kapan. Jadi, baru 4 tahun aku di kantor ini, aku sudah punya 3 mantan kepala. Setiap kepala punya gaya kepemimpinan sendiri, setiap mau datang yang baru, ada berbagai isu tentang pimpinan itu yang kami dengar. Untuk yang baru ini, kami mendengar berbagai hal. Melalui ayat ini, aku diingatkan untuk tetap tunduk kepada pimpinan tersebut.

Aplication
Sepanjang gak bertentangan dengan firman Tuhan, aku mau tunduk kepada bosku.

Prayer
Tuhan, tolong aku menaati pimpinanku dalam segala hal namun gak lupa hidup lebih takut akan Tuhan setiap harinya. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:27 (TB)  Ia mengawasi segala perbuatan rumah tangganya, makanan kemalasan tidak dimakannya. 

Observation
Makanan kemalasan, makanan seperti apa ya ini? Hahahaha. Makanan sebenarnya adalah kebutuhan primer setiap manusia, tapi kita punya pilihan mau makan makanan apa. Setiap hari aku pasti makan. Nah, mengerikan sekali kalau kemalasan menjadi hal yang rutin aku konsumsi atau lakukan. Duh, gak mau ah! Kemalasan bukan kebutuhanku, gak boleh menuruti kemalasan. 

Seperti pagi ini, sebetulnya aku sempat berpikir gak usah masak, beli aja deh. Tapiiii... Bahan makanan di kulkas ada, waktu pun ada, aku sehat. Aku cuma malas memasak. No, aku gak mau ah mulai malas.

Aplication
Selesai sate, aku mau masak dan bergerak.

Prayer
Tuhan tolong aku, jangan biarkan aku makan makanan kemalasan sekali pun hari ini. Amin.
Gratitude Journal 
26 Juli 2021

1. Bersyukur proses seleksi ulang enumerator berjalan lancar.
2. Bersyukur kepala kami yang baru belum datang karena kepala yang lama belum bisa pindah karena positif Covid-19. 
3. Bersyukur di kantor sudah bisa mengajukan GU.
4. Bersyukur anak-anak hari ini main ga banyak drama.
5. Bersyukur hari ini bisa banyak jalan dengan keluarga.
6. Bersyukur keadaan mama dan adekku semakin membaik.

Palangka Raya, 26 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Petrus 1, Amsal 31

1 Petrus 1

1 Petrus 1:15 (TB)  tetapi hendaklah kamu menjadi kudus di dalam seluruh hidupmu sama seperti Dia yang kudus, yang telah memanggil kamu,

Observation
Menjadi kudus bukan hanya pada salah satu aspek kehidupan, tapi seluruh aspek kehidupan. Berkata manis bukan hanya pada rekan kerja, tetapi kepada keluarga, bahkan orang yang menjengkelkan. Menjadi kudus bukan tergantung situasi dan kondisi, tetapi menjadi kudus apapun yang terjadi.

Aplication
Tidak perlu mencari alasan untuk hidup gak kudus. Hidup dalam kekudusan setiap saat.

Prayer
Tuhan, tolong aku, mampukan aku hidup dalam kekudusan selalu. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:15 (TB)  Ia bangun kalau masih malam, lalu menyediakan makanan untuk seisi rumahnya, dan membagi-bagikan tugas kepada pelayan-pelayannya perempuan.

Observation
Relate banget ayat ini di waktu weekend.Terkadang weekend seperti ini maunya bangun lebih siang dan bersantai,tapi aku tetap harus bangun pagi. Kesel kan? Tapi larena tiap weekend kami suka piknik di Taman Makam Pahlawan yang sepi dan gak ada orang dan bawa bekal untuk makan di sana. Alhasil aku tetap harus bangun pagi 😅 Capek sih. Tapi terbayarkan melihat anak-anak senang karena bisa lepas masker dan berlarian ke sana kemari. Di sini bukan masalah sekedar bangun pagi dan menyiapkan makan sih, tapi wanita yang cakap rela berkorban demi orang-orang di rumahnya. Mengorbankan sedikit kenyamanan demi orang-orang yang dikasihinya. 

Aplication 
Sedikit berkorban kenyamanan demi create moments bersama keluarga itu menyenangkan. Semangat Meg! 

Prayer 
Terima kasih Tuhan, buat kesempatan melayani keluarga lebih lagi di weekend ini. Aku bersyukur. Amin.
Gratitude Journal
25 Juli 2021

1. Bersyukur bisa piknik lagi di taman makam Pahlawan.
2. Bersyukur bisa masak ketan pakai magic com dan sekeluarga suka.
3. Bersyukur ada free ongkir Shopee dan bisa beli beberapa kebutuhan di rumah.
4. Bersyukur bisa jalan sekeluarga.
5. Bersyukur keluarga kami yang jauh sehat.
6. Bersyukur bisa membacakan buku cerita ke anak-anak.

Palangka Raya, 25 Juli 2021
-Mega Menulis-

Thursday, August 5, 2021

Titus 2, Amsal 30

Titus 2

Scripture
Titus 2:9 (TB)  Hamba-hamba hendaklah taat kepada tuannya dalam segala hal dan berkenan kepada mereka, jangan membantah, 

Observation
Aku perlu banget firman ini, hari ini pengen banget membantah bosku. Beberapa minggu ke depan juga akan sangat berat sepertinya untuk taat. Duh.

Aplication
Ingat untuk taat dan berkenan dalam segala hal Meg!

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menahan lidahku dan gak berbantah-bantahan. Amin.

Amsal 30

Scripture
Amsal 30:16 (TB)  Dunia orang mati, dan rahim yang mandul, dan bumi yang tidak pernah puas dengan air, dan api yang tidak pernah berkata: "Cukup!" 

Observation
Selama dua minggu ini, hampir tiap hari ada berita duka. Sangat melelahkan rasanya, tapi aku diingatkan betapa hidup di dunia ini gak kekal. Sewaktu-waktu bjsa saja aku yang dipanggil Tuhan, jadi aku harus siap. Penting untuk mengasihi tiap hari dan create moments.

Aplication
Lakukan hal yang benar dan kasihi sesama. Saat ini dunia membutuhkan kasih.

Prayer
Tuhan, tolong aku menghargai hari-hari hidupku dengan melakukan yang terbaik. Amin.
Gratitude Journal
23 Juli 2021

1. Bersyukur Sara bangun pagi dan tersenyum.
2. Bersyukur bisa dapat ciplukan lebih banyak pagi ini.
3. Bersyukur bisa senam di kantor.
4. Bersyukur sudah ada pencerahan jumlah Kabupaten yang akan disurvei.
5. Bersyukur dapat blessing makanan dari acara di kantor.
6. Bersyukur bisa zoom meeting dengan tim korlap Kalteng.

Palangka Raya, 23 Juli 2021
-Mega Menulis-

Titus 1, Amsal 30

Titus 1

Scripture
Titus 1:8 (TB)  melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri 

Observation
Aku baru menyadari kalau aku bukan orang yang suka memberi tumpangan. Apalagi membawa orang lain untuk tinggal di rumah dalam jangka waktu lama, kalau sebentar masih okelah. Kalau tahunan? Oh no, sepertinya aku trauma. Sejak aku kecil sampai sekarang, banyak sekali orang yang ikut di rumah mamaku, silih berganti. Dan kelakuan mereka macam-macam. Mendengar mama mengeluhkan kelakuan mereka tetapi tidak menegur, membuat aku kesal. Aku ternyata menyimpan kekesalan kepada banyak orang yang pernah menumpang di rumah. Kesal karena mereka kami anak-anaknya mama kena semprot mama karena sesuatu yang bukan kesalahan kami. 

Aplication
Aku berdoa supaya Tuhan melepaskan kepahitan di hatiku ini.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya melepaskan pengampunan kepada mereka yang pernah menumpang di rumah mama. Aku mengampuni mereka. Amin.

Amsal 30

Scripture
Amsal 30:18 (TB)  Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan, ada empat hal yang tidak kumengerti: 

Observation
Banyak hal yang gak kumengerti.Dan aku menyadari, beberapa hal memang tidak untuk dimengerti, terkadang aku hanya harus menerimanya. Pengertian memang akan memberikan sudut pandang yang berbeda, tapi seringnya pengertian datang setelah penerimaan.

Aplication
Gak perlu ngoyo harus mengerti segala sesuatu Meg. Terima saja dulu.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya melepaskan keinginan untuk mengerti tapi menerima saja dulu apa yang terjadi. Amin.
Gratitude Journal
22 Juli 2021

1. Bersyukur Sara mulai terbiasa bangun pagi tanpa tangisan.
2. Bersyukur tunjangan kinerja masuk.
3. Bersyukur bisa bayar pajak kendaraan dan pbb hari ini.
4. Bersyukur bisa blessing keluarga yang sedang isoman.

Palangka Raya, 22 Juli 2021
-Mega Menulis-

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...