.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Friday, August 13, 2021

1 Petrus 3, Amsal 31

1 Petrus 3

Scripture
1 Petrus 3:10 (TB)  "Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu. 

Observation & Aplication 
Lidah yang jahat, seperti apa itu?
- Lidah yang asal ngomong, gak peduli dampak ucapannya terhadap orang lain
- Lidah yang hanya mencari keuntungan diri sendiri
Kalau tidak ingin punya lidah seperti ini aku harus koreksi diri, apakah aku berempati terhadap orang lain dan punya ambisi pribadi untuk mencari keuntungan sehingga memanfaatkan orang lain dengan menipu? Kalau iya, harus segera bertobat, supaya lidahku gak membawaku ke dalam dosa.  

Prayer
Tuhan jangan biarkan lidahku menjadi lidah yang jahat. Tolong aku untuk memperkatakan yang baik dan membangun hidup orang lain. Amin.

Amsal 31

Scripture
Amsal 31:26 (TB)  Ia membuka mulutnya dengan hikmat, pengajaran yang lemah lembut ada di lidahnya.

Observation 
Lidah yang lemah lembut sangat diperlukan saat menghadapi anak-anak. Gak mudah untuk lemah lembut pada anak-anak. Menggunakan nada memgancam terasa mudah. Duh. Harus kembali belajar untuk tenang, kalem dan tegas sama anak. Gunakan perkataan yang membangun. Jangan hanya ingin hasil cepat lalu mengancam, memaksa, membentak. Jangka panjangnya gak akan baik.

Aplication
Sering ajak ngobrol bocah-bocah jadi aku belajar mendengar dan anak-anak mau mendengarkan juga.

Prayer
Tuhan, tolong aku supaya mampu mengendalikan lidahku ini lebih lagi saat berhadapan dengan anak-anak. Amin.
Gratitude Journal 
27 Juli 2021

1. Bersyukur bisa sarapan bareng keluarga di nasi kuning langganan. 
2. Bersyukur pekerjaan di kantor lancar. 
3. Bersyukur adek dan mama semakin kuat, batuk adekku sudah berkurang. 
4. Bersyukur bisa posting video. 
5. Bersyukur bisa main lama dengan anak-anak.

Palangka Raya, 27 Juli 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...