.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Monday, August 2, 2021

Efesus 4, Amsal 28

Efesus 4

Scripture
Efesus 4:32 (TB)  
Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Observation
Saat terasa sulit melakukan itu (mengampuni, berkata dengan ramah) kepada orang lain ayat ini mengingatkanku apa yang telah Kristus lakukan bagiku. Apa yang telah dia lakukan seharusnya memampukanku mengasihi orang lain. Kristus terlebih dahulu telah mengasihiku, kesadaran akan hal ini seharusnya mengubah caraku bersikap kepada orang lain. Kasih yang kuterima harus dibagikan kepada orang lain.

Aplication
Saat terasa sulit mengasihi orang-orang tertentu, aku harus ingat kalau aku pun sebenarnya sama-sulit dikasihi. Tapi Kristus telah mengasihiku.

Prayer
Bapa, ampuni aku karena sering lupa kalau mengasihi adalah keputusan, bukan sekedar perasaan. Terima kasih karena telah mengasihiku yang sulit dikasihi ini. Amin.

Amsal 28

Scripture
Amsal 28:7 (TB)  Orang yang memelihara hukum adalah anak yang berpengertian, tetapi orang yang bergaul dengan pelahap mempermalukan ayahnya.

Observation
Memelihara hukum adalah tanda  anak yang berpengertian. Selama pandemi ini, mengikuti protokol kesehatan terus-menerus sebenarnya cukup melelahkan. Sering rasanya tergoda untuk melanggarnya. Well, beberapa kali aku melanggarnya. Kami sekeluarga masih ke tempat wisata (walaupun gak terlalu ramai, tapi tetap saja sebenarnya gak perlu), terkadang masih makan di luar (walaupun berusaha mencari jam sepi, tapi kami tahu ini beresiko). Jadi, sungguh kasih karunia saja sebenarnya sampai sekarang kami gak terkena Covid-19. Hari ini diingatkan untuk hidup dengan pengertian alias hikmat. Masa-masa ini benar-benar mengajarkan untu berhikmat. Ada hal yang perlu, ada yang tidak, ada saatnya menunda, ada saatnya bersegera.

Aplication
Pandemi ini sedang parah-parahnya, harus selalu jaga protokol kesehatan.

Prayer 
Tuhan, tolong aku hidup dengan hikmat. Amin.
Gratitude Journal
9 Juli 2021

1. Bersyukur bisa jalan dengan temanku dan ngobrol.
2. Bersyukur bisa nyobain bubur udang yang enak banget.
3. Bersyukur walaupun tepung terigu habis, ada tepung maizena untuk bikin ayam goreng tepung.
4. Bersyukur sudah selesai buat laporan WFH.
5. Bersyukur minggu depan ada jadwal WFH.

Palangka Raya, 9 Juli 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...