.....apa saja yang terpikirkan,yang jadi perhatianku, kehidupanku, pengalaman(ku dan orang lain), apa yang kusukai, apa yang tidak kusuka,apa yang ingin kubagikan, apa yang menyentuhku,apa yang tidak ingin aku lupakan, yang menginspirasiku, yang menolongku, menguatkanku, dan berarti buatku.

Dan di atas segalanya, perjalananku bersama Yesusku, saat-saat aku belajar berjalan bersama-Nya, bergantung sepenuhnya kepada-Nya,menikmati pemeliharaan dan kasih-Nya yang sempurna atas hidupku.

Thursday, August 5, 2021

Filipi 3, Amsal 29

Filipi 3

Scripture  
Filipi 3:1 (TB)  Akhirnya, saudara-saudaraku, bersukacitalah dalam Tuhan. (3-1b) Menuliskan hal ini lagi kepadamu tidaklah berat bagiku dan memberi kepastian kepadamu. 

Observation
Membaca ayat ini sehari pasca meninggalnya eyang membuatku merasa Tuhan rasa humornya gini banget ya? Bagaimana bersukacita di saat seperti ini, lagipula mama, adekku dan sepupuku juga dalam kondisi seperti sekarang. Tapi aku belajar, ya, bersukacita hanya mungkin dilakukan dalam kondisi seperti sekarang jika aku hidup di dalam Tuhan.

Memang eyang menderita hampir 7,5 tahun stroke dan aku percaya yang terjadi yang terbaik kok. Aku bilang itu ke adek dan mamaku yang merasa bersalah. Lalu kemarin berulang kali memperkatakan firman dan bilang :Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil. Terpujilah nama Tuhan. 

Ya, aku mau tetap memuji Tuhan di masa sekarang. Begini tekadku. Tapi gimana mungkin? Wong masih berasa sedihnya. Masih gak terima rasanya. Lalu teringat perkataan Glory kalau bahkan setelah ngomong 'Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil. Terpujilah nama Tuhan.' tu Ayub ngomel sepanjang 30 pasal aku ketawa ngakak. Ya iya lah, kehilangan hampir semua miliknya coba (alhamdulilah, masih ada istrinya ya. Meskipun Nyonya Ayub ngomel-ngomel, dia gak pernah meninggalkan Ayub. Jadi kalau terpaksa hidup bersama orang yang suka ngomel ya disyukuri aja 🤣 Paling gak dia gak ninggalin kita). It's OK to cry. Duka itu nyata Meg! Gak usah diingkari, lewati masa berduka ini berjalan bersama Tuhan. Gak papa 'ngomel-ngomel', menangis atau apapun asal jangan berbuat dosa. Pada akhirnya aku percaya aku juga bisa bilang:
Ayub 42:5-6 (TB)  Hanya dari kata orang saja aku mendengar tentang Engkau, tetapi sekarang mataku sendiri memandang Engkau. 
Oleh sebab itu aku mencabut perkataanku dan dengan menyesal aku duduk dalam debu dan abu." 

Aplication
Aku mau melewati masa berduka dengan jujur sama Tuhan. Gak perlu mengingkari dengan sok kuat. Akui saja, aku lemah. Ya udah, gak papa. Dalam kelemahanku, kuasaNya sempurna kok. 

Prayer
Tuhan, aku bersyukur buat yang terjadi. Biarlah melalui yang terjadi, aku makin mengenal Tuhan dan memandang Tuhan saja di segala musim. Terima kasih Tuhan. Amin.

Amsal 29

Scripture
Amsal 29:15 (TB)  Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya. 

Observation
Sudah beberapa minggu ini kami lalai melatihkan disiplin ke anak-anak. Harus mulai lagi. Terutama untuk berkata-kata tanpa teriakan. Sofia mulai suka mengekspresikan dirinya dengan teriakan. Duh.

Aplication
Aku dan suami perlu buat SOP dan memberitahukan ke anak apa yang harus dilakukan saat anak gak mendapat apa yang dia inginkan.

Prayer
Tuhan, tolong aku untuk menjadi teladan dan bisa melatihkan kebiasaan yang baik bagi anak-anak. Amin.
Gratitude Journal
14 Juli 2021

1. Bersyukur bisa WFH dan mengerjakan tugas di rumah.
2. Bersyukur suami selesai mengurus tanah di BPN dan bayar pajak di Kasongan.
3. Bersyukur waktu anak-anak menghamburkan tanah, aku bisa mengendalikan diri dan mengajar mereka bertanggung jawab.
4. Bersyukur bisa mengendalikan diri walau marah.
5. Bersyukur ada keluarga yang memberikan bingkisan buat mamah.

Palangka Raya, 14 Juli 2021
-Mega Menulis-

No comments:

1 Yohanes 2, Yakobus 4

1 Yohanes 2 Scripture 1 Yohanes 2:11 (TB)  Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada di dalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan...